31.6 C
Tangerang
Tuesday, October 26, 2021
Home Health Buah Sehat Yang Sebaiknya Dikurangi Ketika Sedang Diet

Buah Sehat Yang Sebaiknya Dikurangi Ketika Sedang Diet

inajournal.com – Ketika sedang diet kamu memang dituntut untuk mengkonsumsi banyak makanan sehat, salah satunya buah sehat. Tapi tahukah kamu, ada beberapa buah yang justru sebaiknya kamu hindari ketika sedang menjalankan program diet,  buah biasanya memiliki kandungan kalori yang rendah dan tinggi akan nutrisi. Namun perlu diingat juga, ada beberapa buah yang memiliki kandungan gula tinggi, walaupun gula di dalam buah tersebut merupakan gula alami, namun gula tersebut juga masih bisa menyebabkan berat badan kamu bertambah. Berikut ini ada beberapa buah yang sebaiknya kamu batasi pengkonsumsiannya.

 

Buah Sehat Yang Perlu Dikurangi Asupannya

Buah-Sehat
Alpukat

Alpukat menjadi salah satu buah yang memiliki banyak kandungan nutrisi baiknya dan memiliki manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Tapi sayangnya dibalik manfaatnya yang sangat baik, alpukat memiliki kandungan lemak dan kalori, untuk ukuran satu cangkir alpukat yang dihaluskan memiliki kandungan 384 kalori. Tapi tenang saja, karena kandungan lemak yang ada di dalam alpukat merupakan jenis lemak baik yang ramah untuk jantung, sehingga makan alpukat tidak menimbulkan masalah. Namun kalau kamu sedang diet sebaiknya dibatasi dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi, atau kalau kamu ingin mengkonsumsi alpukat kamu harus membatasi makanan lain yang mengandung kalori tinggi dan lemak jahat.

Buah-Sehat
Semangka

Buah sehat dan menyegarkan yang selanjutnya yaitu Semangka, buah yang satu ini dikenal kaya akan kandungan air dan bisa menjadi suguhan yang sangat menyegarkan ketika cuaca sedang panas. Walaupun begitu, tapi ternyata kamu harus perlu berhati-hati ketika mengkonsumsi buah yang satu ini, karena memiliki kandungan gula yang tinggi, satu irisan buah semangka besar bahkan memiliki kandungan gula hingga 17 gram gula. Meskipun begitu, kamu harus menghindari buah yang satu ini secara total, mengingat semangka juga memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mencegah dehidrasi, hanya saja kamu perlu membatasi porsi ketika ingin mengkonsumsi buah yang satu ini ketika sedang menjalankan diet.

Buah-Sehat
Pisang

Yang selanjutnya buah pisang, kebanyakan orang yang sedang diet pasti mengkonsumsi buah yang satu ini. Pisang memiliki rasa yang lezat dan cocok dinikmati kapan saja, namun kenyataanya pisang juga merupakan salah buah yang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi, yaitu  sekitar 25 persen. Walaupun buah pisang merupakan sumber kalium dan mikronutrien yang baik, namun ada banyak buah lain yang menawarkan lebih banyak nutrisi dengan kandungan kalori yang lebih sedikit tentunya. Seperti misalnya bluberi dan rasberi, pisang bukan buah yang buruk, tapi kamu tidak boleh sering mengkonsumsinya sebagai pengganti makanan. Wajib mengimbangi dengan makanan sehat yang lainnya juga.

Buah-Sehat
Anggur

Buah sehat dan menyegarkan yang selanjutnya yaitu Anggur, buah yang satu ini bisa menjadi cemilan manis yang sehat, tapi perlu kamu perhatikan juga porsinya jika ingin mengkonsumsi makanan yang satu ini. Kamu bisa makan anggur maksimal sebanyak 17 butir, lebih dari itu maka akan merusak program diet kamu karena buah lezat yang satu ini ternyata memiliki kandungan gula yang tinggi. Untuk ukuran satu cangkir anggur sendiri memiliki kandungan sekitar 15 gram gula, walaupun begitu sebenarnya anggur juga merupakan sumber polifenol yang baik untuk melawan peradangan dan juga menjadi sumber vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak sampai situ saja, anggur juga memiliki kandungan vitamin K yang  membangun tulang, jadi jangan menghindari tapi hanya batasi saja konsumsinya.

Buah-Sehat
Nanas

Buah yang selanjutnya yaitu nanas, buah yang satu ini menjadi salah satu buah yang cocok dimakan bersama apa saja. Bersama makanan manis maupun gurih pun cocok, karena rasanya yang segar buah tropis ini paling pas dikonsumsi ketika sedang panas. Sayangnya kamu harus membatasi konsumsi buah yang satu ini ketika sedang menjalankan diet, hal ini karena nanas memiliki kandungan gula yang cukup tinggi dan kalori yang cukup tinggi sehingga dapat merusak program diet yang sedang kamu jalankan. Untuk satu cangkir nanas saja bahkan mengandung 16 gram gula, tapi nanas juga mengandung mangan yang diperlukan untuk mengontrol gula darah. Jangan sampai dihindari hanya saja kamu perlu membatasi pengkonsumsiannya saja.

Most Popular