31.6 C
Tangerang
Thursday, June 20, 2024
HomeLifestyleCalon Ibu Wajib Tahu, Ini Tips Mencegah Kondisi Baby Blues!

Calon Ibu Wajib Tahu, Ini Tips Mencegah Kondisi Baby Blues!

Inajournal.com – Menimang buah hati tercinta setelah melahirkan seharusnya akan membawa kebahagiaan yang besar bagi para ibu. Namun sayangnya, ada sebagian ibu yang merasa sedih, cemas, dan depresi setelah melahirnya. Kondisi tersebut biasa dinamakan sebagai kondisi baby blues atau sindrom baby blues. Apa itu baby blues? Ialah suatu perubahan suasana hati yang akan dirasakan oleh para ibu setelah melahirkan buah hati yang dapat menyebabkan sang ibu merasa terharu, cemas, hingga mudah tersinggung atas hal-hal sepele.

Biasanya, kondisi ini dapat menyebabkan ibu menjadi tidak mudah sabaran, mudah marah atas segala hal, hingga khawatir dengan kondisi sang ibu maupun sang bayi. Padahal, kemungkinan besar sang ibu yang mengalami baby blues tidak mengalami masalah kesehatan apapun, begitu pun dengan kondisi bayinya. Bahkan, sudah tidak mengherankan jika ibu akan merasa lelah dan merasa sulit untuk tidur hingga menangis tanpa suatu alasan yang jelas.

Dilansir dari sumber Pregnancy Birth and Baby, bahwasanya sindrom baby blues ini akan muncul pada ibu dalam kurun waktu 3-10 hari setelah melahirkan sang buah hati. Biasanya, sindrom ini akan dialami oleh sang ibu jika melahirkan anak pertama. Dimana pengalaman memiliki anak belum pernah dirasakannya sama sekali. Gejala untuk mengenal kondisi ini pun sangat lah mudah ditemukan. Berikut adalah gejala yang akan dialami oleh ibu yang mengalami baby blues:

  • Mengalami perubahan suasana hati yang sangat cepat
  • Merasa kewalahan mengurus bayi dan selalu merasa cemas
  • Murung maupun rewel
  • Merasa sedih atas segala hal dan banyak menangis tanpa alasan yang jelas
  • Susah tidur atau insomnia
  • Mengalami penurunan nafsu makan yang drastis
  • Tidak sabar, mudah marah dengan hal sepele, hingga gelisah
  • Sulit untuk fokus

Satu-satunya cara untuk menghindari kondisi ini, adalah menerapkan cara pencegahannya. Kami akan menjamin bahwa cara ini akan menurunkan risiko para ibu yang hendak melahirkan anak pertama dari baby blues. Mari simak terus artikel yang satu ini sampai selesai!

Tips Mencegah Kondisi Baby Blues untuk Para Ibu

Kondisi-Baby-Blues

Seperti yang telah kami jelaskan diatas, bahwasanya kondisi baby blues akan menyerang para wanita yang baru saja melahirkan. Meskipun umumnya akan terjadi setelah melahirkan, namun tidak semua wanita akan merasakannya pada waktu yang sama.

Bahkan, kebanyakan wanita sudah merasakan pre-baby blues, dimana kondisi tersebut akan dirasakan sebelum melahirkan. Berikut adalah tips terbaik mencegah baby blues untuk para ibu:

     1. Berkonsultasi Dengan Dokter

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya baby blues, adalah berkonsultasi ke dokter dan bicarakanlah segala hal yang sedang anda rasakan. Artinya, selalu tepati janji dengan konsultasi prenatal anda.

Semakin sering anda menetapi janji dengan berkonsultasi ke prenatal anda, maka dokter pun akan lebih dini mengenal dan mendeteksi gejala yang akan anda alami tanpa anda sadari sedikitpun. Dengan begitu, mereka bisa membantu anda untuk mengendalikan suatu gejalanya sebelum akan meluap di luar kendali.

     2. Melepas Stress

Sebagai cara terbaik untuk mencegah baby blues, sebaiknya sisihkan lah waktu sejenak untuk diri sendiri dengan rutin selama masa kehamilan ataupun setelah melahirkan Anda bisa menerapkan “me time” ini dengan berbagai jenis kegiatan yang positif dan berguna untuk diri anda.

Atau anda bisa melakukan meditasi dengan melatih nafas dalam-dalam, mempercantik diri ke salon, atau hanya sekedar bergosip dengan kerabat anda guna melepas stress. Semakin rutin anda melakukannya, maka akan semakin kecil pula risiko baby blues pada ibu.

Dengan begitu, anda bisa menemukan suatu titik pada kelegaan hati dan bisa mengetahui bahwa anda sedang tidak sendirian.

     3. Ikut Tertidur Saat Bayi Tidur

Dan, tips terakhir yang bisa anda terapkan untuk mencegah terjadinya baby blues, adalah ikut tertidur saat bayi anda telah tertidur. Sayangnya, banyak ibu yang gagal dalam menerapkan hal ini lantaran ibu terlalu sibuk mengurusi kegiatan lain yang harus diselesaikan.

Sebagai ibu yang akan mengurus anak dan sekaligus berbagai kegiatan lainnya, lebih baik gunakanlah kesempatan emas tersebut untuk menghindari kondisi baby blues sekaligus melepas penat anda.

Most Popular