31.6 C
Tangerang
Thursday, December 1, 2022
Home Health Cara Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Merokok Yang Dapat Mengubah Hidupmu Selamanya!

Cara Ampuh Menghilangkan Kebiasaan Merokok Yang Dapat Mengubah Hidupmu Selamanya!

Jika kita membahas tentang rokok, pasti tidak akan ada habisnya. Mengapa demikian? Karena, di Indonesia sendiri, rokok menjadi benda yang wajib dipunyai oleh hampir seluruh laki-laki maupun perempuan. Kandungan tar dan nikotin lah yang menyebabkan perokok aktif menjadi kecanduan dan tidak bisa hidup tanpa adanya rokok.

Padahal, banyak sekali hal sederhana yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan merokok. Bahkan, rokok pun dapat menyebabkan berbagai macam penyakit yang berbahaya dan mematikan. Kanker tenggorokan, kanker paru-paru, sulit bernafas, dan masih banyak lagi.

Namun, tak jarang orang yang sudah memiliki kecanduan terhadap rokok akan menghiraukan penyakit-penyakit tersebut. Walaupun penyakit yang disebabkan oleh rokok tidak dapat diraih secara instan. Namun, tetap saja jika perokok tersebut sudah menggunakan rokok sejak bertahun-tahun lamanya, akan menyebab berbagai macam penyakit berbahaya dan akan membuat dirimu sendiri menyesal.

Penasaran cara menghilangkan kebiasaan dari merokok yang berbahaya? Yuk, simak terus artikel yang satu ini sampai selesai!

Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok Yang Ampuh!

Merokok memang dapat mendatangkan berbagai macam penyakit dan masalah kesehatan di organ pernafasan ataupun organ lainnya. Bahkan, merokok pun dapat menyebabkan orang disekitarnya terkena dampak berbahaya dari rokok tersebut. Untuk mengembalikan kualitas gaya hidup yang sehat, alangkah baiknya mulai menghilangkan berbagai macam kebiasaan yang buruk dan tidak sehat.

Membuat Tekad Yang Kuat

kebiasaan merokok

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan kebiasaan merokok, adalah membuat tekad yang kuat. Bagi banyak orang, tekad adalah salah satu hal yang dapat menyebabkan berbagai macam perubahan dalam hidup. Dengan adanya tekad yang kuat dan telah diniati, maka kebiasaan dari merokok mu pun lama-kelamaan akan menghilang dan pola gaya hidup yang sehat pun akan kembali lagi.

Menyibukkan Diri Dengan Kegiatan

kebiasaan merokok

Kemudian, langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan, adalah dengan menyibukan diri dari berbagai macam kegiatan. Dengan adanya kegiatan, kamu pun akan melupakan kebiasaan dari merokok dan akan terus melakukan kewajiban mu tersebut. Biasakanlah diri dari rokok selama seminggu awal, maka di minggu selanjutnya peluang menghilangkan kebiasaan dari merokok ini pun akan lebih optimal dan hilang dengan sendirinya. Kuatkan tekad dengan kesibukan diri mu sendiri.

Menyimpan Permen Asam

permen asam

Biasanya, jika perokok mulai berhenti dari kebiasaan ini, akan menyebabkan mulutnya terasa sangat asam. Kandungan nikotin yang dimiliki oleh rokok lah yang menyebabkan perokok menjadi kecanduan. Jika kamu ingin menghilangkan suatu kebiasaan dari merokok, alangkah baiknya cukup mengkonsumsi berbagai macam permen asam. Jangan pernah tergoda untuk merokok kembali.

Menghindari Teman Perokok

teman perokok

Kemudian, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan, adalah menghindari teman perokok. Bukannya menghindari hubungan pertemanan, tapi akan lebih baik jika kamu tidak ikut bergabung ketika teman-temanmu sedang merokok. Karena, kamu akan mudah terpedaya dan menghisap rokok kembali. Selain itu, apabila temanmu sedang menawarkan rokok kepada mu, lebih baik menolaknya secara halus saja.

Memotivasi Diri Sendiri

motivasi

Selain tekad, motivasi pun dapat mengubah pola hidup seseorang loh! Termasuk kebiasaan merokok. Dengan adanya motivasi menghilangkan kebiasaan tersebut, kamu pun akan tidak mudah tergoda dengan berbagai macam gangguan yang kerap kali mengubah tekad mu. Selain itu, mintalah motivasi kepada orang-orang terdekatmu, misalnya keluarga. Dengan adanya motivasi tersebut, untuk menghilangkan kebiasaan dari merokok pun akan semakin kuat.

Most Popular