31.6 C
Tangerang
Monday, August 8, 2022
Home Health Cara Ampuh untuk Tidak Tertular Sakit Mata, Jangan Sepelekan!

Cara Ampuh untuk Tidak Tertular Sakit Mata, Jangan Sepelekan!

inajournal.com – Konjungtivitis atau yang dikenal sebagai mata merah merupakan sakit mata yang ditandai dengan peradangan dan juga konjungtivanya. Percaya tidak penyakit ini bisa menular? Tertular sakit mata merupakan hal yang perlu dihindari, cara-cara yang ampuh perlu dilakukan juga sangat mudah diterapkan. Bicara kondisi mata merah alias Konjungtivanya ini merupakan jaringan bening dan tipis sekali apalagi letaknya di atas bagian putih pada mata.

Hal ini merupakan lapisan bagian dalam kelopak mata dan bukanlah sakit mata yang serius bahkan adanya kecil kemungkinan bisa merusakan penglihatan, terutama jika diobati dengan penanganan yang cepat. Konjungtivitis ini bisa saja disebabkan oleh virus yang bisa menular dengan cepat. Hal ini bisa menyebar dari orang ke orang, untungnya kamu bisa mengurangi resiko itu ke orang lain atau ke diri sendiri dengan cara sederhana seperti berikut.

Cara Paling Ampuh untuk Hindari Kondisi Tertular Sakit Mata yang Perlu Dilakukan

 

Tertular-Sakit-Mata

Jaga Kebersihan

Kalau kamu sedang melakukan perawatan untuk seseorang dengan konjungtivitis atau sakit mata yang menular lainnya, kamu perlu memakai sarung tangan ketika bersentuhan. Sederhananya jika kamu orang yang berada di sekitarnya, minimalisirkan kontak bersentuhan. Tidak itu saja, jangan menyentuh mata yang sedang mengalami kondisi merah itu atau kontak mata secara langsung dengan penderita.

Kamu juga perlu mencuci tangan setelah bantu melakukan pengobatan segala jenis obat di bagian matanya. Bahkan meneteskan obat ke mata. Antibiotik topikal atau kompres matanya. Perlu dilakukan karena memang penting sekali menjaga kebersihan tangan. Ingat! Jangan langsung menyentuh matamu setelah bersentuhan atau mengobati mata yang memiliki kondisi Konjungtivitas itu.

Kebersihan perlu dijaga dengan baik demia menghindarkan diri kamu sendiri dari segala penyakit dan bukan hanya dari penyakit yang menular saja. Jadi, jangan sepelekan hal ini!

Jangan Berenang Bersama

Kolam renang ternyata bisa saja menimbulkan resiko yang serius jika kamu berenang bersama orang yang menderita kondisi mata konjungtivitis. Dimana penyebaran mata merah akan lebih mudah. Wabah penyakit mata menular di dekat dan di sekitarmu, kamu perlu hindari berbagai kolam renang umum. Jangan berenang dengan temanmu jika temanmu mengalami penyakit ini.

Kalau kamu sendiri yang alami penyakit ini, kamu perlu hindari kolam renang sehingga tidak akan menyebar ke orang lain. Apalagi ternyata kegiatan renang ini malah bisa memperburuk sakit mata yang sedang kamu alami itu. Mungkin sepele, tetapi hal ini benar-benar menjaga sebuah intensitas dan pemutus rantai penularan wabah mata merah.

Jaga Terus Kebersihan Mata

Mata yang merah bisa saja disebabkan adanya cairan yang keluar terus menerus dengan tekstur berlendir. Bahkan tidak jarang caranya mengeras ketika penderita tertidur. Akibatnya bisa saja mengalami ketidaknyamanan ketika coba buka mata saat bagun di pagi harinya.

Supaya tidak timbulkan ketidaknyamanan, kotoran ini perlu untuk segera dibersihkan dengan baik dan benar seperti menggunakan tisu, kapas atau waslap. Kalau kamu merawat pasien bermata merah juga perlu dipastikan mencuci tangan setelah kontak dan jangan sentuh matamu sendiri seperti yang sudah dijelaskan dari poin sebelumnya. Jadi, kebersihan harus di nomor satukan apalagi pada bagian matamu sendiri!

Jangan Berbagai Barang dengan Penderita Sakit Mata

Terakhir cara ampuh yang bisa kamu lakukan yakni jangan berbagi barang dengan penderita sakit mata. Hal ini demi hindarkan kamu atau orang tertular gangguan sakit mata. Jangan menggunakan riasan mata atau wajah pasien yang menderita sakit mata. Mengapa?

Jika orang yang sakit mata menggunakan riasan wajah serta aplikasinya saja perlu diwaspadai bahkan banyak yang segera membuangnya jika barang yang kamu miliki dipinjamkan kepadanya. Seperti kacamata misalnya, wadah lensa ini jika digunakan oleh orang yang mengalami sakit mata malah bisa menularkan dengan cara yang sangat cepat. Jangan juga berbagi botol obat tetes mata dengan orang lain yang sedang terinfeksi, kalau kamu sendiri yang mengalami sakit mata pun jangan pernah meminjamkan barang dan obat tetes matamu itu ke orang lain.

Dikhawatirkan akan menularkan dengan waktu yang cepat! Jadi, kalau kamu mengalami tertular sakit mata atau tidak, sudah seharusnya menerapkan berbagai cara ampuh untuk menghentikan penularan kondisi mata merah tersebut.

Most Popular