31.6 C
Tangerang
Tuesday, November 30, 2021
Home Health Cara Atasi Masalah Kulit Dengan Makanan Sehat Ini

Cara Atasi Masalah Kulit Dengan Makanan Sehat Ini

Inajournal.com – Memiliki masalah kulit memang cukup mengganggu, namun berikut ini ada beberapa cara atasi masalah kulit dengan makanan sehat. Untuk mendapatkan kulit yang sehat, kamu tidak hanya bisa bergantung dengan skincare, ternyata makanan yang kamu konsumsi juga berpengaruh pada kesehatan kulit. Setiap makanan memiliki nutrisi yang bisa memberikan efek positif atau negatif bagi kesehatan kulit, dengan pilihan makanan yang tepat tentunya akan membuat tubuh kamu lebih sehat dan kulit yang lebih sehat juga, berikut ini cara mengatasi masalah pada kulit dengan makanan sehat.

Makanan Sehat Yang Ampuh Untuk Atasi Masalah Kulit

Lingkarang Hitam Di Bawah Mata

Masalah kulit yang satu ini pastinya sudah sangat sering dialami oleh banyak orang, lingkaran hitam yang ada di bawah mata memang membuat banyak orang menjadi tidak percaya diri. Penyebabnya sendiri yaitu kurangnya istirahat, sehingga menyebabkan kantung mata menjadi hitam, yang mungkin tidak disadari lingkaran yang ada di bawah mata mungkin lebih berkaitan dengan retensi air. Yang artinya kamu belum cukup minum air, maka dari itu pastikan kamu mengkonsumsi air setidaknya 1,9 liter per harinya untuk mencegah tubuh kekurangan air dan juga untuk mencegah lingkaran gelap terjadi di bawah mata. Selain dengan minum air yang cukup, kamu juga bisa meningkatkan asupan cairan dengan makan makanan yang bisa menghidrasi kulit dengan baik seperti papaya, sup, semangka, jeruk, melon, dan timun, kamu bisa membuat infused water ataupun mengkonsumsinya secara langsung.

Hiperpigmentasi

Cara atasi masalah kulit selanjutnya masalah hiperpigmentasi, masalah kulit yang satu ini biasanya disebabkan karena paparan sinar matahari hingga bekas luka. Hiperpigmentasi berkembang ketika melanin atau pigmen alami kulit menumpuk secara berlebihan, perubahan warna kulit yang menjadi lebih gelap sama sekali tidak berbahaya, namun sering dianggap mengganggu bagi Sebagian orang yang mengalami masalah seperti ini. Kamu bisa mengatasi masalah ini dengan mengkonsumsi lebih banyak vitamin C, menurut sebuah penelitian, nutrisi yang satu ini membantu memproduksi kolagen, protein yang bertanggung jawab untuk regenerasi kulit, menyembuhkan luka dan menjaga elastis kulit. Selain itu kulit juga sangat responsive pada vitamin A, maka dari itu untuk mengatasi masalah kulit yang satu ini kamu wajib memenuhi vitamin A dan C yang baik seperti manga, bayam, wortel, blewah, ubi jalar, sitrus , delima, tomat dan buah-buahan beri.

Atasi-Masalah-Kulit

Jerawat

Masalah kulit yang selanjutnya yaitu jerawat, masalah yang satu paling umum dialami oleh banyak orang baik Wanita maupun pria. Beberapa orang mengalami masalah jerawat yang tidak kunjung hilang walaupun sudah melalui masa pubertas sehingga masalah jerawat bisa terus ada hingga dewasa. Kulit berminyak merupakan salah satu penyebab utama yang menimbulkan jerawat, namun stress, obat-obatan, menstruasi, hormone dan genetika bisa memperburuknya. Selain itu ternyata diet juga mempengaruhi masalah kulit yang satu ini, makanan yang memiliki indeks glikemik tinggi bisa meningkatkan insulin pada tubuh sehingga kemudian juga akan meningkatkan sebum.

Ketika pori-pori tersumbat oleh sebum hal ini akan menyebabkan jerawat. Jadi untuk mengatasi masalah seperti ini bisa dengan menghindari makanan tinggi glikemik, seperti nasi putih, roti putih, kentang dan cornflake, sebaiknya kamu perlu memperbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi omega 3 yang memiliki sifat antiinflamasi. Zinc dan antioksidan juga bisa menghancurkan bakteri yang menyebabkan jerawat, berikut ini beberapa makanan yang mengandung asam lemak omega 3 yaitu ikan berlemak, tiram, alpukat, tiram, minyak zaitun, kacang almond buncis, telur, labu.

Kulit Kering

Cara atasi masalah kulit yang selanjutnya yaitu kulit kering, masalah kulit yang satu ini cukup sering dialami oleh banyak orang. Dengan menggunakan pelembab secara teratur bisa menyebabkan iritasi pada kulit, namun menghidrasi kulit merupakan solusi terbaik untuk mengatasi kulit kering. Makanan yang meningkatkan Kesehatan usus juga bisa membantu mengatasi kekeringan pada kulit, selama sembelit bakteri usus menumpuk dan akhirnya menghasilkan fenol yang dapat membuat kulit menjadi kusam dan kering. Maka dari itu perbanyak konsumsi serat dan probiotik seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, yoghurt, kimchi, kombucha, biji-bijian utuh, kamu bisa membuatnya menjadi berbagai olahan lezat, mulai dari makanan hingga minuman. Atau bisa juga kamu makan secara langsung.

Most Popular