31.6 C
Tangerang
Thursday, August 18, 2022
Home Health Cara Cegah Radang Tenggorokan Pada Saat Puasa Agar Tetap Sehat

Cara Cegah Radang Tenggorokan Pada Saat Puasa Agar Tetap Sehat

Pada saat puasa kebanyakan orang akan mengalami yang namanya radang tenggorokan. Radang tenggorokan biasa ditandai dengan adanya rasa sakit, gatal dan iritasi pada tenggorokan dan biasanya disebabkan karena virus dan bisa sembuh dengan sendirinya dan kebanyakan radang tenggorokan bisa menyerang pada saat sedang sakit flu.

Itu semua terjadi karena pada saat puasa maka akan jarang sekali minum air putih dan menyebabkan tenggorokan menjadi kering dan menyebabkan peradangan. Terlebih lagi ketika berpuasa sering kali kita akan mengobrol dan menyebabkan tenggorokan semakin kering. Namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan dengan mudah untuk Cegah Radang Tenggorokan agar tidak terjadi kepada anda saat sedang puasa.

Beberapa Tips Cegah Radang Tenggorokan Saat Sedang Puasa

Minum Air Putih Yang Cukup

Cara agar tidak terkena radang tenggorokan pada saat puasa yang pertama adalah dengan mengkonsumsi air putih yang cukup pada saat sahur dan buka puasa. Dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas dalam sehari mampu membantu menjaga kelembaban tenggorokan dan tubuh anda tidak terkena dehidrasi. Untuk dapat memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh pada saat puasa anda bisa meminum air putih setidaknya 4 gelas saat sahur dan 4 gelas pada saat berbuka puasa. Dengan begitu anda bisa terhindar dari radang tenggorokan.

Jangan Banyak Bicara dan Menggunakan Masker

Pada saat sedang berpuasa usahakan untuk tidak banyak bicara agar tenggorokan tidak kering. Hal ini dapat membantu untuk menjaga diri dari tutur kata yang tidak baik dan membatasi diri dalam berbicara merupakan cara yang tepat untuk mencegah terjadinya radang tenggorokan pada saat berpuasa.

Jika anda terlalu sering berbicara maka akan membuat kondisi di dalam tenggorokan menjadi kering karena saat sedang puasa anda tidak bisa minum air putih terlalu banyak. Untuk menghindari iritasi pada tenggorokan dan menghindari tersebarnya virus maka anda bisa menggunakan masker pada saat sedang berbicara.

Memilih Menu Makanan Yang Tepat

Anda harus pintar dalam memilih menu makan pada saat sahur dan berbuka puasa jangan sampai anda mengalami radang tenggorokan hanya karena salah memilih makanan. Hindari makanan yang digoreng dan cemilan yang kering. Anda juga bisa mengurangi makanan yang terlalu pedas, asam dan bersuhu ekstrim seperti makanan atau minuman yang terlalu dingin maupun terlalu panas. Minyak yang tersisa pada makanan dan uap panas masakan akan membuat iritasi pada tenggorokan sehingga akan lebih baik jika anda menghindari makanan yang seperti itu.

Berkumur Dengan Air Garam

Cara Cegah Radang Tenggorokan selanjutnya adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Anda bisa melarutkan garam ke dalam segelas air hangat lalu berkumur setelah makan sahur dan berbuka puasa dan sebelum tidur. Saat anda sedang berkumur dengan air garam pastikan jangan sampai menelan airnya dan pastikan kalau air garam tersebut sampai ke tenggorokan kemudian buang air garam tersebut.

Istirahat Yang Cukup

Agar anda bisa terhindar dari radang tenggorokan maka anda harus banyak istirahat yang cukup untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan memiliki waktu istirahat yang kurang baik maka akan dapat mempengaruhi kinerja tubuh dan membuat daya tahan tubuh anda menjadi lemah.

Pada saat puasa anda bisa melakukan tidur siang sekitar 1 sampai 2 jam saja karena tidur siang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur anda. Orang dewasa membutuhkan jam tidur sekitar 7 sampai 8 jam pada malam hari. Maka agar anda tidak telat pada saat sahur, hindari begadang agar tidak mudah terserang penyakit seperti radang tenggorokan.

Membersihkan Lingkungan Sekitar

Jika lingkungan sekitar kotor maka akan menimbulkan berbagai penyakit dan untuk menghindarinya maka sebaiknya anda rajin membersihkan lingkungan sekitar. Karena lingkungan yang kotor biasanya terdapat banyak debu dan kotoran yang dapat dihirup pada saat sedang bernapas.

Debu dan kotoran akan menyebabkan terjadinya radang tenggorokan. Tenggorokan akan mengalami iritasi dan membuat suara anda menjadi serak. Dengan anda rajin membersihkan lingkungan sekitar maka akan membantu untuk menghilangkan berbagai macam penyakit.

Bernapas Menggunakan Hidung bukan Mulut

Dalam hal Cegah Radang Tenggorokan anda harus bernapas menggunakan hidung bukan mulut. Dengan bernapas melalui mulut pada saat puasa akan membuat tenggorokan menjadi semakin kering dan menambah peradangan pada tenggorokan. Ketika sedang pilek maka orang akan otomatis bernapas menggunakan mulut untuk itu anda harus memastikan untuk bernapas melalui hidung. Dengan begitu anda akan terhindar dari radang tenggorokan.

Most Popular