31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Lifestyle Cara Melatih Kesabaran Diri Agar Hati Lebih Tenang Dari Kehidupan Yang Pahit!

Cara Melatih Kesabaran Diri Agar Hati Lebih Tenang Dari Kehidupan Yang Pahit!

Semua masalah yang mampir di hidup seolah-olah tidak kunjung berkurang, stok kesabaran yang ada juga semakin hari semakin menipis. Membuat orang-orang tersebut seperti putus asa dan ingin menyerah. Untuk kembali mendapatkan stok kesabaran, anda bisa melakukan Cara Melatih Kesabaran Diri agar menjadi orang yang sabar dan ikhlas, mulai dari mengubah cara pandang dan melakukan meditasi.

Cara melatih tingkat kesabaran memang sudah diajarkan sejak kecil, namun masihkah anda ingat bagaimana cara menahan kesabaran sesuai yang orang tua kita ajarkan dulu? Dulu mungkin kita akan merasa kesal apabila harus menunggu sesuatu yang disuka. Namun ternyata, hal tersebut justru memberikan manfaat sampai kita dewasa. Karena semakin dewasa, permasalahan datang bertubi-tubi yang menyebabkan kita harus memiliki tingkat kesabaran lebih. Untuk meningkatnya, yuk simak ulasan di bawah ini sampai selesai.

Berbagai Cara Melatih Kesabaran Diri Yang Mudah Dilakukan

Cara Melatih Kesabaran Diri

Melakukan Relaksasi

Memang bukan suatu hal yang mudah untuk bisa sabar dalam menghadapi karakter orang lain. Terkadang, ekspektasi yang kita harapkan juga tidak sesuai dengan kenyataan, bahkan dalam hal-hal sepelepun. Hal tersebut akan membuat kita menjadi tidak sabar dan cara yang paling sederhana untuk menahan kesabaran adalah dengan menarik napas dalam-dalam. Dengan menarik napas dalam-dalam dan membuangnya perlahan bisa menjadi cara efektif dalam melakukan relaksasi. Anda bisa melakukan cara ini selama 3 sampai 4 detik dan buat jeda sedikit.

Melihat Permasalahan Dari Berbagai Sisi

Masalah sederhana yang sering terjadi biasanya dalam hal menunggu ketidakpastian dari orang lain. Misalnya saat anda sedang melamar pekerjaan dan sudah menunggu lama untuk mendengar jawaban dan hasil dari wawancara. Sebelum anda menyimpulkan bahwa perusahaan menolak anda, sebaiknya anda melihat lebih dulu dari berbagai sisi. Karena bisa saja anda belum dipanggil karena orang yang menentukannya sedang sibuk, pelamar yang terlalu banyak dan masih banyak lagi.

Tidur yang Cukup

Cara Melatih Kesabaran Diri selanjutnya adalah dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup sehingga anda tidak mudah marah, tegang dan tidak sabaran. Oleh sebab itu, agar hati dan pikiran anda menjadi tenang pastikan kalau anda memiliki waktu tidur yang cukup. Untuk bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik, anda sebaiknya menghindari penggunaan gadget selama 30 menit sebelum tidur. Selain itu, anda juga harus membatasi konsumsi kafein pada sore atau malam hari. Selain itu, sangat tidak disarankan juga untuk makan berat 2 jam sebelum tidur.

Lebih Banyak Bersyukur

Bersyukur merupakan salah satu cara melatih kesabaran diri yang paling sulit dilakukan seseorang dalam menjalani hidup. Namun, jika anda sudah terbiasa bersyukur, maka percayalah bahwa hidup akan terasa lebih ringan dijalankan. Jika sedang berada pada fase sulit, anda bisa memperbanyak rasa syukur atas semua yang menimpa anda. Memang benar bersyukur tidak akan bisa menyelesaikan masalah anda, tetapi akan membantu anda untuk lebih tenang dalam menghadapi setiap masalah. Intinya adalah kita harus banyak-banyak bersyukur untuk mengatasi hilangnya rasa sabar.

Menerima Ketidaknyamanan Dengan Hati Terbuka

Dalam beberapa situasi yang menguji kesabaran, contohnya adalah macet, maka tidak banyak yang bisa anda lakukan untuk mengubah situasi tersebut. Kebanyakan dari kita pasti akan menekan klakson berkali-kali dan berharap kendaraan di depan akan maju, alangkah lebih baik jika anda menunggu keadaan tersebut dengan tenang. Toh memang sudah seperti itu situasi anda yang terlanjur kejebak macet. Lebih baik menerima ketidaknyamanan tersebut dengan hati yang tenang dan bersabar akan kendala seperti itu.

Mengganti Kata “Tidak” Dengan Kata “Belum”

Cara Melatih Kesabaran Diri yang terakhir adalah dengan mengganti kata Tidak menjadi kata Belum. Memang benar belum bisa mengubah cara pandang kita dalam menghadapi sesuatu, akan tetapi akan membuat kita menjadi lebih sabar. Tentu saja hal ini akan menjadi sugesti positif untuk diri anda. Yang harus anda pikirkan adalah bukan tidak berhasil tetapi belum berhasil. Bukan tidak bisa melainkan belum bisa. Bukan tidak bisa menemukan pasangan yang cocok tetapi belum dipertemukan dengan pasangan yang cocok.

 

Most Popular