31.6 C
Tangerang
Wednesday, December 7, 2022
Home Lifestyle Cara Menanam Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Cara Menanam Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Siapa bilang perawatan bunga mawar sulit? Faktanya siapa saja juga dapat menumbuhkan tanaman bunga mawar dengan sukses. Anda hanya perlu menanam tanaman mawar di lokasi yang cerah dengan drainase yang baik. Kemudian anda juga harus memberinya pupuk secara teratur agar bisa menghasilkan bunga yang cantik. Jangan lupa untuk menyiramnya secara merata ya agar tanahnya tetap lembab. Selain itu, cara menanam bunga mawar juga terbilang sangat mudah, apalagi menjaga dan merawatnya juga terbilang mudah.

Ada beberapa cara menanam mawar yang bisa anda lakukan, salah satunya adalah stek. Rooting stek batang sendiri merupakan salah satu cara yang umum untuk memperbanyak tanaman herbal. Akan tetapi, cara yang satu ini juga bisa bekerja dengan tanaman bertangkai kayu, salah satunya adalah tanaman mawar. Anda bisa menanam bunga mawar di dalam wadah yang memungkinkan anda untuk bisa memanfaatkan ruang di teras atau bahkan di tangga rumah. Berikut ini ada langkah-langkah yang harus anda lakukan dalam menanam bunga mawar.

Cara Menanam Bunga Mawar Di Pekarangan Rumah Dengan Mudah

Cara menanam bunga mawar

Memilih Bunga Mawar Yang Tepat

Jika anda ingin menanam bunga mawar di dalam pot maka sebaiknya anda memperhatikan jenis bunga mawar yang sesuai dan cocok ditanaman di dalam pot. Yang pertama ada jenis Ground Cover dimana jenis ini tetap rendah dan terlihat indah jika ditanam di pot. Anda bisa menyesuaikannya dengan ukuran pot anda dan jenis mawar ground covernya.

Yang kedua adalah Miniature dimana jenis mawar yang satu ini sudah dibudidayakan untuk tetap berada di tempat kecil, sehingga mereka secara alami akan cocok tumbuh di dalam wadah. Selanjutnya ada Patio dimana mawar ini memiliki ukuran lebih besar dari mawar miniatur namun tidak sebesar mawah standar. Terakhir adalah Polyantha dimana jenis ini yang menanggung kelompok mawar kecil pada tanaman lebih pendek.

Memilih dan Menyiapkan Pot

Selanjutnya anda bisa memilih dan menyiapkan pot yang sesuai dengan jenis mawar yang akan anda tanam. Ada banyak ahli yang menyarankan untuk pot dengan diameter tidak kurang dari 15 inci. Karena bunga mawar akan menurunkan akarnya kedalam, jadi semakin tinggi wadahnya maka akan semakin baik. Tanah di dalam pot juga akan cepat panas dibandingkan tanah kebun.

Sehingga, ada baiknya anda menggunakan pot tanah liat agar memindahkan panas dari matahari ke tanah lebih lambat. Jika memang anda ingin menggunakan pot plastik maka sebaiknya gunakan plastik berwarna terang agar panas matahari tidak terserap dengan cepat.

Menanam Bunga Mawar

Cara menanam bunga mawar selanjutnya adalah dengan cara mengisi pot sekitar dua pertiga dari campuran tanah siap pakai. Perlu diperhatikan bahwa permukaan tanah juga harus sejajar dengan serikat tunas-titik dimana mawar akan dicangkokkan ke batang bawah. Kemudian isi wadah sampai ke atas dengan tanah.

Sebaiknya tempatkan pot bunga mawar di lokasi yang mendapatkan setidaknya tujuh jam sinar matahari langsung setiap harinya. Jika diletakkan pada teras dan geladak maka itu artinya tanaman anda akan terjemur sepanjang hari. Apabila anda hendak menanam mawar pot sebaiknya berikan jarak sekitar 2 kaki untuk memastikan sirkulasi udaranya.

Menyiram Air dengan Bijaksana

Cara menanam bunga mawar yang terakhir adalah menyiramnya dengan benar dan bijaksana. Setelah proses penanaman selesai anda bisa menyirami tanaman tersebut dengan seksama sehingga semua tanahnya menjadi basah dan lembab. Sebaiknya setelah penanaman anda harus membuat jadwal kapan harus menyiramnya.

Aturan yang paling umum dan baik adalah menyiram ketika bagian atas permukaan tanah menjadi kering. Kemudian anda hanya perlu menyimpan tanaman mawar pot tersebut di tanah yang lembab atau tidak terlalu basah. Atau dalam kata lain tanah tersebut harus memiliki kelembaban spons yang diperas.

Pada saat anda sudah menempatkan mawar dalam jumlah terbatas tanah di dalam pot maka mawar tersebut akan dengan cepat menggunakan semua nutrisi yang tersedia. Bisa dikatakan bahwa mawar merupakan pemakan berat dalam situasi apapun. Akan tetapi, ketika dirinya ditanam di dalam pot maka mereka membutuhkan lebih seiring makan daripada saat dirinya di tanah di perkebunan. Oleh karena itu, anda harus menyiramnya dengan teratur ya.

Most Popular