31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Lifestyle Cara Menanam Cabe Dengan Mudah Dan Dijamin Berhasil Dan Akan Membuatmu Ngirit...

Cara Menanam Cabe Dengan Mudah Dan Dijamin Berhasil Dan Akan Membuatmu Ngirit Uang Bulanan!

Siapa sih yang tidak mengetahui cabe atau cabai? bahan makanan yang wajib ada pada makanan karena memiliki cita rasa pedas yang akan membuat masakan menjadi lebih sedap. Cabe juga dapat ditemukan di pasar atau warung yang menjual sayuran. Meskipun harga cabe sering naik dan turun namun tetap saja masih menjadi bahan utama dalam makanan yang banyak dicari.

Cabe memiliki kandungan vitamin A, B, C, E, Potassium, fosfor, kalsium, folat, antioksidan, dan juga protein. Bahkan kandungan vitamin di dalam cabe jauh lebih besar daripada kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Selain itu cabe juga memiliki khasiat untuk mengurangi resiko terjadinya penggumpalan darah.

Jika anda ingin menanam sendiri cabe dirumah maka akan membutuhkan waktu sekitar 2,5-3 bulan untuk mencapai masa panen cabe dari pertama kali tanam. Sedangkan periode tanam cabe sendiri membutuhkan waktu selama 6 bulan atau lebih. Tanaman cabe sendiri memiliki umur sampai dengan 24 bulan.

Anda bisa mengisi waktu luang di rumah dengan menanam cabe sendiri dirumah agar bisa menghemat biaya pengeluaran bulanan anda. Namun jika anda bingung bagaimana cara menanamnya maka anda bisa menyimak artikel ini sampai habis. Berikut ini ada beberapa Cara Menanam Cabe yang pasti berhasil.

Beberapa Cara Menanam Cabe Yang Pasti Berhasil

Bibit Cabe

bibit cabe

Agar bisa berhasil menanam cabe maka anda membutuhkan bibit yang berkualitas bagus. Cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah anda tinggal mengambil cabe yang segar kemudian kupas dan ambil bijinya. Setelah semua biji diambil maka jemur bibit tersebut dibawah sinar matahari sampai kering.

Jika anda ingin menanam cabe dalam jumlah yang banyak maka sebaiknya anda membeli bibit cabe di toko-toko tanaman agar kualitasnya lebih terjamin. Karena bibit cabe yang biasa dijual ditoko biasanya hanya diperuntukkan bagi pertanian berskala besar dan tentu saja harga akan berbeda dengan bibit dari cabe nya langsung.

Menyemai Cabe

Cara Menanam Cabe

Jika anda sudah mendapatkan bibit cabe terbaik maka waktunya anda menyemai benih tersebut. Anda bisa menggunakan polybag yang berukuran kecil sebagai media penyemaian tanaman cabe anda. Kemudian masukkan tanah dan pupuk hingga tercampur dan mencapai tinggi polybag tersebut. Kemudian masukkan bibit cabe dan lakukan penyiraman setiap hari secara rutin. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut.

  • Siapkan media penyemaian yaitu polybag
  • Masukkan tanah dan pupuk dengan perbandingan 3 banding 1
  • Letakan pada tempat yang terlindung dari hujan dan sinar matahari langsung selama 1 minggu
  • Rendam bibit ke dalam air hangat selama 3 jam
  • Letakkan bibit ke dalam polybag dan tutup dengan tanah berkedalaman kira-kira 1 cm
  • Tunggu sampai benih berkecambah, jika sudah maka tanaman boleh terkena sinar matahari.

Penanaman Cabe

Cara Menanam Cabe

Cara Menanam Cabe selanjutnya adalah apabila tanaman cabe sudah berumur lebih dari 4 minggu maka pindahkan ke lahan yang sudah disiapkan. Jangan sampai lupa untuk memberinya pupuk. Anda juga harus berhati-hati dalam proses pemindahan benih dari polybag. Jika anda tetap ingin menggunakan polybag maka gunakan yang berukuran 30 cm. Namun anda juga bisa menggunakan ember bekas yang sudah dibersihkan dengan menggunakan perbandingan 3:2:1 dengan rincian tanah, pupuk, dan sekam mentah sebagai media tanam.

Pemupukan Cabe

Cara Menanam Cabe

Selama masa pertumbuhan, tanaman cabe tidak hanya membutuhkan air namun juga membutuhkan pupuk yang harus anda berikan secara rutin. Anda bisa menggunakan pupuk kompos untuk bisa membuat tanaman cabe anda menjadi lebih subur. Karena jika cara menanam yang anda lakukan sudah baik dan benar maka akan menghasilkan cabe yang segar dan berkualitas. Untuk itu pupuk sangat dibutuhkan untuk membuat tanaman menjadi lebih subur.

Perawatan Cabe

cabai

Cara perawatan tanaman cabe juga sangat penting untuk diperhatikan. Perawatan cabe sendiri mulai dari penyiraman, pemupukan dan juga pembersihan hama maupun tanaman liar dan jangan sampai lupa untuk menyiram tanaman setiap hari ya. Selain itu anda juga harus mengecek tanaman cabe yang sudah mulai tumbuh.

Jika terdapat tanaman yang mengganggu tanaman cabe anda maka anda harus segera mencabutnya agar tidak mengganggu tanaman cabe anda. Anda harus melakukan pengecekan secara rutin agar tidak terjadi masalah yang bisa saja menimpa tanaman cabe anda.

Panen

panen cabai

Cara Menanam Cabe yang terakhir adalah merupakan proses yang sangat dinanti-nanti yaitu pada saat panen. Masa panen cabe sendiri terjadi sekitar 2,5 sampai 3 bulan setelah pertama kali penanaman. Periode panen ini bisa terjadi selama waktu 6 bulan dan berlangsung selama 15-18 kali. Untuk menghasilkan cabe yang berkualitas maka anda harus melakukan semua cara yang sudah disebutkan agar cara ini berhasil dan anda mendapatkan cabe hasil tanaman anda sendiri dirumah.

Most Popular