31.6 C
Tangerang
Monday, May 20, 2024
HomeLifestyleCara Menangani & Mengatasi Depresi, dengan Makanan Sehat!

Cara Menangani & Mengatasi Depresi, dengan Makanan Sehat!

Inajournal.com – Mengkonsumsi berbagai macam makanan yang sehat dan bergizi adalah hal yang paling dianjurkan banyak pakar dan ahli. Dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan yang sangat berprotein, maka tubuh pun akan lebih sehat dan terjauhi dari berbagai macam penyakit serta gangguan didalam tubuh. Bahkan, banyak sekali pakar yang menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk mengatasi suatu masalah atau gangguan didalam tubuh, salah satunya adalah depresi. Mengatasi depresi dengan rutin memakan-makanan bergizi sangatlah ampuh.

Depresi merupakan sebuah gangguan yang akan menyebabkan penderitanya menjadi sulit untuk mengekspresikan emosinya serta sulit untuk mengatur emosinya tersebut. Biasanya, orang yang mengalami depresi disebabkan oleh berbagai macam hal yang membuatnya menjadi terbebani. Untuk mengatasi gangguan depresi itu sendiri memiliki banyak upaya yang optimal. Ada yang mengatasi gangguan depresi dengan berkonsultasi ke dokter ahli, ada pula yang mengatasi gangguan depresi dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan yang sangat sehat.

Tahukah anda bahwa mengkonsumsi makanan sehat akan lebih ampuh untuk mengatasi gangguan depresi tersebut? Tentu saja hal tersebut telah disetujui oleh banyak pakar dan banyak ahli. Pada dasarnya, berkonsultasi ke dokter hanyalah untuk mendapatkan penanganan, tetapi menyembuhkan gangguan depresi harus dilakukan dengan kesadaran diri sendiri.

Mengatasi Depresi dengan Mengkonsumsi Makanan Sehat yang Bernutrisi

Mengkonsumsi makanan sehat bukan hanya berfungsi untuk menghindari dan mengatasi suatu penyakit didalam tubuh saja. Tetapi, mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat dan bernutrisi pun sangat ampuh untuk meningkatkan intensitas mood yang dimiliki dan dapat meningkatkan pula kualitas tidur menjadi lebih optimal.

Walaupun terdengar sangat mustahil, tetapi hal tersebut telah disetujui oleh banyak pakar maupun ahli yang telah melakukan berbagai macam penelitian mengenai kandungan sehat makanan. Makanan sehat itu sendiri, tidak lebih dari sayur mayur, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Berikut adalah berbagai macam makanan sehat yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi gangguan depresi:

Sayuran Segar dengan Daun Hijau Gelap

Hal pertama yang harus diketahui untuk mengatasi gangguan depresi dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat, adalah sayuran segar yang memiliki daun hijau gelap.

Menurut penelitian dan sebuah studi baru yang telah dilakukan oleh JAMA Psychiatry, menyebutkan bahwa depresi berat atau tingkat depresi yang paling fatal akan berkaitan satu sama lain dengan peradangan di organ otaknya.

Untuk mengatasi depresi berat tersebut, akan lebih efektif dan optimal untuk mengkonsumsi berbagai macam sayuran yang memiliki daun hijau gelap nya. Kandungan sehat yang dimiliki oleh daun hijau gelap tersebut akan mampu untuk mengikat radikal bebas.

Kacang Kenari

Selain sayuran segar dengan daun hijau gelap yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi gangguan depresi, kacang kenari pun akan sangat optimal dan efektif untuk mengatasi gangguan depresi tersebut.

Menurut sebuah penelitian, kandungan asam lemak omega-3 yang dimiliki oleh kacang kenari akan sangat berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak menjadi lebih optimal dan dapat mengelola berbagai macam gejala depresi yang sangat fatal apabila didiamkan atau disepelekan.

Bukan hanya itu saja, kandungan omega-3 yang dimiliki oleh kacang kenari dapat berfungsi sebagai selenium untuk menurunkan gejala mood yang berpeluang menjadi depresif.

Alpukat

Siapa sih yang tidak mengenal dengan buah yang satu ini? Buah alpukat memang telah dipercaya memiliki berbagai macam kandungan sehat yang sangat berkhasiat untuk tubuh. Kandungan lemak sehat yang dimiliki oleh buah alpukat akan sangat mampu dan optimal untuk meningkatkan kualitas otak.

Kandungan sumber protein yang sangat tinggi pada buah alpukat akan berfungsi untuk meningkatkan produksi serotonin. Kandungan serotonin tersebut sangat diperlukan untuk mengatur suasana hati menjadi lebih optimal.

Berry

Dan, mengatasi gangguan depresi yang terakhir dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan yang sehat, adalah berry. Berry, seperti strawberry, raspberry, dan blueberry adalah satu keluarga dari buah berry yang memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi dan sangat berkhasiat untuk mengatasi berbagai macam permasalahan di dalam tubuh.

Menurut sebuah studi dari Journal Of Nutritional And Environment Medicine, mengatakan bahwa kandungan pada berbagai macam buah-buahan berry akan lebih berpeluang untuk mengatasi depresi dengan sangat optimal.

Most Popular