31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Health Cara Mencegah Kanker Payudara Sedini Mungkin

Cara Mencegah Kanker Payudara Sedini Mungkin

Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang seringkali menghantui para wanita di seluruh dunia. Apakah anda tahu kalau bulan Oktober diperingati sebagai Bulan Peduli Kanker Payudara Internasional? Bagi para wanita, penting hukumnya mengetahui penyebab dan Cara Mencegah Kanker Payudara. Agar penyakit tersebut bisa dideteksi sedini mungkin dan sel-selnya tidak cepat menyebar di dalam tubuh.

Meskipun terkenal dengan penyakit paling mematikan, namun ternyata kanker payudara juga bisa dicegah dengan cara yang tepat. Dengan mencegah sedini mungkin, maka resiko terkena penyakit kanker payudara akan semakin menurun. Oleh sebab itu jangan malas melakukan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit mematikan. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah kanker payudara.

Beberapa Cara Mencegah Kanker Payudara Yang Wajib Diketahui Wanita

Menjaga Berat Badan Ideal

Berat Badan Ideal

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah kanker payudara adalah dengan terus menjaga berat badan agar tetap ideal. Meskipun terdengar cukup sederhana dan kurang penting siapa sangka kalau kelebihan berat badan malah akan menaikkan resiko terkena penyakit kanker, salah satunya adalah kanker payudara. Sebaiknya anda mulai mengkonsumsi makanan diet yang akan mengontrol berat badan anda.

Olahraga Yang Cukup

Cara Mencegah Kanker Payudara

Apakah anda tahu seseorang yang aktif setidaknya 30 menit setiap harinya memiliki resiko yang jauh lebih rendah untuk terkena penyakit kanker payudara. Oleh sebab itu, anda bisa mulai hidup aktif untuk bisa mencegah kanker payudara. Anda bisa rutin berolahraga ringan setidaknya 30 menit setiap harinya dan menjadikan olahraga sebagai rutinitas anda sehari-hari.

Hindari Merokok

Hindari Merokok

Cara Mencegah Kanker Payudara selanjutnya adalah dengan menghindari kebiasaan merokok. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa merokok bisa mendatangkan banyak penyakit, salah satunya adalah kanker payudara. Dalam kemasan rokok juga sudah terpampang nyata bahwa merokok dapat menyebabkan kanker payudara. Mereka yang masih merokok lebih berisiko tinggi terkena kanker payudara dibanding mereka yang tidak merokok. Oleh karena itu sebaiknya hentikan kegiatan merokok sekarang juga.

Mengurangi Konsumsi Pil KB

Mengurangi Konsumsi Pil KB

Seorang wanita muda yang sudah menikah dan mengkonsumsi pil KB memiliki resiko yang lebih rendah terkena kanker payudara. Namun untuk wanita yang berusia diatas 35 tahun, pil KB malah akan beresiko terlebih lagi jika wanita tersebut juga merokok. Oleh sebab itu, sebisa mungkin anda menghentikan penggunaan KB jika usia anda sudah mencapai 35 tahun untuk mencegah kanker payudara agar tidak menimpa anda.

Aktif Menyusui

Cara Mencegah Kanker Payudara

Seperti yang kita tahu bahwa menyusui sangat bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan anak. Tidak hanya itu, menyusui juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker bagi si ibu. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa wanita yang aktif menyusui selama kurang lebih 1 tahun memiliki resiko lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan dengan ibu yang tidak menyusui. Oleh sebab itu, untuk ibu menyusui jangan malas menyusui anak anda dan menggantinya dengan susu formula.

Makan Makanan Bergizi dan Sehat

Makanan Bergizi dan Sehat

Cara Mencegah Kanker Payudara yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat. Untuk menjaga kesehatan tubuh anda harus memperhatikan setiap asupan nutrisi anda setiap harinya. Dengan mengkonsumsi makanan sehat mampu mencegah anda terkena kanker payudara. Selain itu, anda juga bisa melakukan diet sehat dengan mengkonsumsi lemak sehat dan mengurangi konsumsi daging merah. Semua itu dapat menurunkan resiko anda terkena kanker payudara.

Most Popular