31.6 C
Tangerang
Friday, July 1, 2022
Home Health Cara Mencegah Kanker Usus Besar, Wajib Mengubah Pola Makan!

Cara Mencegah Kanker Usus Besar, Wajib Mengubah Pola Makan!

Inajournal.com – Beberapa tahun belakangan ini, jumlah kasus kanker usus besar atau kanker kolorektal cukup mengkhawatirkan, terlebih lagi pada tahun 2020 Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat kanker usus besar yang terbanyak ke 3 dengan jumlah 1,93 juta dan yang ke 2 paling mematikan dengan jumlah 916.000 kasus di dunia. Namun tenang saja karena kanker usus bisa dicegah yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat, berikut ini cara mencegah kanker usus besar dengan mengubah pola makan, risiko kanker usus besar dapat diminimalkan. Di bawah ini beberapa cara yang wajib kamu terapkan.

Cara Mencegah Kanker Usus Besar, Terapkan Cara IniMencegah-Kanker-Usus-Besar

  1. Kurangi Konsumsi Daging Merah
    Yang pertama yaitu kurangi mengkonsumsi daging merah, jangan salah, kalau daging merah memang memiliki khasiat untuk kesehatan. Tapi kalau terlalu banyak konsumsi daging merah terutama olahan daging akan meningkatkan resiko kanker usus besar, faktanya dalam sebuah studi di Inggris pada tahun 2017 menyingkap resiko kanker usus besar akibat konsumsi daging. Penambahan konsumsi daging merah 100 gram per hari dapat meningkatkan resiko kanker usus besar hingga 12 persen. Maka dari itu coba untuk kendalikan diri agar tidak mengkonsumsi dagaing merah berlebihan, baik daging sosis, salami, daging deli, daging asap atau daging yang telah diawetkan. Jangan sampai nanti usus besar kamu yang terkena dampaknya, buat pecinta daging merah batasi pengkonsumsianya mulai sekarang.
  2. Perbanyak Makan Seafood
    Cara mencegah kanker usus besar yang selanjutnya yaitu memperbanyak makan seafood, makanan yang satu ini sering dianggap buruk, padahalnya nyatanya seafood baik untuk usus besar. Pada nyatanya dalam sebuah studi menyarankan minimal 8 ons seafood per minggu untuk orang dewasa, namun karena satu dan berbagai hal, target 8 ons tersebut tidak dipenuhi oleh banyak orang. Padahal menurut riset  yang dilakukan tahun 2015 di Spanyol menambah asupan seafood terutama ikan dan terbukti mampu mengecilkan resiko kanker usus besar hingga 12 persen. Mulai sekarang gak ada alesan buat gak makan seafood, tapi jangan terlalu sering dan konsumsi secukupnya.
  3. Perbanyak Konsumsi Serat
    Yang selanjutnya yaitu memperbanyak konsumsi serat, sudah jadi rahasia umum kalau asupan serat baik untuk pencernaan. Maka dari itu mengkonsumsi serat dari buah, sayur, dan kacang-kacangan serta biji-bijian juga sangat disarankan untuk mencegah kanker usus besar. Penelitian di Spanyol sebelumnya juga mengatakan kalau mengkonsumsi lebih dari 20 gram serat per harinya dapat mengurangi resiko kanker usus besar hingga 25 persen, tapi mengapa serat sangat ampuh mencegah kanker usus besar? Karena serat melancarkan buang air besar dan dengan begitu, hal-hal karsinogenik akan terserap ke dalam tinja dan dengan waktu buang air besar yang singkat, berbagai hal karsinogenik tersebut tidak memiliki resiko menyentuh jaringan usus besar dan rektum.
  4. Rutin Minum Susu
    Cara mencegah kanker usus besar yang selanjutnya yaitu rutin mengkonsumsi susu. Susu sendiri identik dengan manfaatnya untuk kesehatan tulang dan kualitas tidur, faktanya minum susu juga baik untuk kesehatan usus dan dapat membantu meminimalkan resiko kanker usus besar. Kembali lagi pda penelitian di Spanyol tahun 2015 lalu, mengkonsumsi susu hingga 525 ml atau sekitar 2 gelas dapat mengurangi resiko kanker usus besar pada kaum adam hingga 26 persen, maka dari itu jangan malas minum susu mulai sekarang ya!.
  5. Batasi Atau Hindari konsumsi Alkohol
    Minuman beralkohol memang sudah diketahui sejak lama tidak baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya membuat seseorang jadi seperti bukan dirinya sendiri, minuman kerasn juga lebih besar resiko kesehatannya dibandingkan manfaatnya, bahkan para peneliti di Spanyol mengingatkan bahwa mengkonsumsi alkohol walaupun dalam takaran yang rendah dapat meningkatkan resiko kanker usus besar. Tidak hanya itu saja, dalam sebuah penelitian yang dimuat pada tahun 2017 lalu juga setuju kalau alkohol merusak kolorektal, setiap konsumsi 10 gram alkohol per hari, maka resiko kanker usus besar juga akan bertambah 7 persen. Oleh karena itu hindari mengkonsumsi minuman alkohol demi kebaikan kesehatan, buat yang penasaran ingin mencobanya lebih baik tidak usah sebelum kecanduan dan akhirnya berdampak buruk.

Most Popular