31.6 C
Tangerang
Thursday, August 18, 2022
Home Health Cara Menekan Nafsu Makan Untuk Kamu Yang Lagi Diet

Cara Menekan Nafsu Makan Untuk Kamu Yang Lagi Diet

inajournal.com – Ada beberapa cara menekan nafsu makan yang bisa kamu coba saat sedang proses diet. Sebenarnya setiap orang memiliki nafsu makan yang berbeda-beda, ada yang bisa dengan mudah mengendalikannya namun ada juga yang cukup sulit untuk mengendalikan nafsu makan. Nafsu makan yang sulit untuk dikendalikan bisa bikin kita pengen ngemil terus atau membuat kita menjadi makan berlebihan. Jika hal ini dibiarkan lama-lama justru akan membuat berat badan naik yang mana akan meningkatkan resiko obesitas, bagi kamu yang memiliki nafsu makan tinggi tapi sedang di program diet pastinya akan merasa kesulitan untuk mengendalikan nafsu makan kamu.

Sebenarnya kamu bisa saja mengkonsumsi pil atau suplemen untuk menekan nafsu makan, tapi sayangnya penggunaan pil apalagi dalam jangka bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya. Berikut ini cara mengurangi nafsu makan yang cocok untuk kamu yang sedang berdiet.

Cara Menekan Nafsu Makan Untuk Yang Lagi Diet

Cara menekan nafsu makan

  1. Minum Air Putih Sebelum Makan
    Cara yang satu ini pastinya sudah sering kamu dengar bukan? Minum segelas air putih sebelum makan memang cukup membuat kamu merasa lebih kenyang, lebih puas sehingga mencegah makan berlebihan. Sebuah studi melakukan eksperimen dengan 50 perempuan dengan kelebihan berat badan menunjukkan 1,5 liter air perhari selama 8 minggu dapat mengurangi nafsu makan dan berat badan, selain itu juga dapat memicu penurunan lemak yang lebih besar. Jadi jangan malas buat minum air putih lagi ya, dan jangan lupa hindari minuman manis!
  1. Beralih Ke Coklat Hitam
    Cara menekan nafsu makan selanjutnya yaitu beralih ke coklat hitam atau dark chocolate yang memang dikenal baik untuk memelihara kesehatan. Makanan ini diketahui dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi serta memelihara kesehatan otak dan jantung, selain itu coklat hitam juga mampu menekan nafsu makan dibanding kamu mengkonsumsi coklat susu. Berdasarkan dari sebuah studi, cokelat hitam memberi klaim dapat memberikan rasa kenyang, menurunkan keinginan untuk makan yang manis-manis, dan menekan asupan energi dibanding dengan coklat susu.
  1. Makan Lebih Banyak Makanan Tinggi Serat
    Serat merupakan zat gizi yang tidak dapat dicerna dan diurai seperti zat gizi yang lainnya, sehingga dapat tetap berada di dalam tubuh lebih lama. Ini dapat membantu memperlambat pencernaan, sehingga membuat kamu merasa lebih lama kenyang, menurut laporan sebuah penelitian serat bisa menjadi penekan nafsu makan yang cukup efektif, tidak hanya itu saja. Pola makan tinggi serat juga dikaitkan dengan tingkat obesitas yang rendah, kamu bisa mengkonsumsi biji-bijian utuh, kacang-kacangan, alpukat, apel, almond, biji chia, sayuran yang mengandung serat tinggi.
  1. Berolahraga Sebelum Makan
    Cara menekan nafsu makan selanjutnya yaitu berolahraga sebelum makan, selain menjaga kesehatan dan kebugaran olahraga juga merupakan penekan nafsu makan yang efektif dan sehat. Menurut sebuah ulasan dari beberapa studi, hormone nafsu makan ditekan segera setelah kamu berolahraga, terutama latihan intensitas yang tinggi, peneliti menemukan kadar ghrelin atau hormone lapar yang lebih rendah dalam tubuh juga kadar hormone kenyang yang lebih tinggi.
  1. Mengkonsumsi Makanan Rendah Kalori
    Saat sedang program diet sebaiknya kamu lebih banyak mengkonsumsi makanan yang rendah kalori. Mengurangi asupan makanan saat sedang diet justru dapat membuat kamu memiliki nafsu makan yang lebih besar, untuk mencegah hal ini terjadi kamu bisa memilih makanan yang tinggi nutrisi dan energi namun tetap rendah kalori seperti sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian utuh dan buah-buahan. Jenis makanan ini bisa mengenyangkan, bahkan memungkinkan kamu dapat membakar lebih banyak kalori.
  1. Mengkonsumsi Jahe
    Cara menekan nafsu makan selanjutnya yaitu mengkonsumsi jahe, jahe termasuk ke dalam anggota Zingiberaceae yang berarti masih bersaudara dengan tanaman herbal seperti kunyit, kencur, dan lengkuas. Jahe sendiriĀ  biasanya sering digunakan untuk membuat suatu makanan atau minuman, jahe memiliki efek antihipertensi, glukosa-penginderaan, dan antiinflamasi dan stimulasi pada saluran pencernaan. Menurut sebuah penelitian, dengan mengkonsumsi bubuk jahe setiap harinya dapat mengurangi nafsu makan dan perasaan lapar, hal ini kemungkinan karena efek stimulasi jahe pada sistem pencernaan.

Most Popular