31.6 C
Tangerang
Friday, August 19, 2022
Home Health Cara Mengobati Radang Tenggorokan Dengan Cepat Yang Ternyata Mengejutkan Sekali Efeknya!

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Dengan Cepat Yang Ternyata Mengejutkan Sekali Efeknya!

Salah satu penyakit yang mudah menyerang siapa saja adalah sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan seringkali dialami oleh beberapa orang. Tentu saja kondisi seperti ini sangat tidak mengenakan karena adanya iritasi pada bagian tenggorokan, sehingga akan menimbulkan rasa nyeri. Sakit tenggorokan pada umumnya ditandai dengan susahnya menelan dan rasa gatal pada tenggorokan.

Sakit tenggorokan sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal salah satunya adalah saat anda demam, pilek, flu sampai alergi. Batuk yang terus menerus juga akan membuat tenggorokan menjadi sakit dan iritasi. Namun ada beberapa orang juga yang beranggapan bahwa sakit tenggorokan disebabkan oleh panas dalam. Pada dasarnya sakit tenggorokan bisa disembuhkan dengan beberapa cara sederhana. Berikut ini ada beberapa Cara Mengobati Radang dengan cepat menggunakan bahan alami.

Cara Mengobati Radang Tenggorokan Menggunakan Bahan Alami Dirumah

Madu

Madu

Semua orang sudah mengetahui banyaknya khasiat madu yang sangat berguna bagi tubuh, salah satunya adalah mampu meredakan sakit tenggorokan yang mengganggu. Jika anda sedang menderita radang tenggorokan maka anda bisa langsung meminum madu beberapa sendok atau mencampurkannya ke dalam teh hangat lalu diminum.

Sebuah penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi madu juga dapat meredakan batuk dibandingkan dengan obat batuk komersial lainnya. Pada umumnya radang tenggorokan disertai dengan batuk. Namun ada beberapa ahli yang menyebutkan bahwa madu merupakan pemulih luka yang baik.

Cuka Apel

Cara Mengobati Radang

Cuka apel sangat dikenal sebagai salah satu bahan yang bersifat antibakteri. Cuka apel memiliki sifat asam yang dapat memecahkan lendir di tenggorokan, juga dapat menghentikan penyebaran bakteri. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa cuka apel mampu melawan infeksi.

Cara menggunakannya pun cukup mudah yaitu anda hanya perlu melarutkan 1 sampai 2 sendok teh cuka apel ke dalam segelas air. Setelah itu anda bisa langsung berkumur menggunakan larutan tersebut dan menelannya sedikit. Untuk hasil yang lebih optimal maka anda bisa mengulangi proses ini selama 1-2 kali setiap jamnya. Pastikan juga anda mengkonsumsi air putih yang cukup pada saat berkumur dengan larutan tersebut.

Air Garam

Air Garam

Cara Mengobati Radang selanjutnya adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Dengan berkumur menggunakan air garam maka bisa mengatasi sakit tenggorokan yang sedang melanda anda. Faktanya adalah garam mampu mengurangi pembengkakan dengan menarik air keluar dari jaringan tenggorokan.

Air garam juga mampu membunuh mikroba yang ada pada saluran tenggorokan, sehingga dapat meredakan radang tenggorokan. Untuk melakukan pengobatan ini anda hanya perlu mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Setelah tercampur rata maka anda bisa langsung berkumur menggunakan air garam selama satu kali setiap jamnya.

Air Lemon

Cara Mengobati Radang

Jika radang tenggorokan sedang melanda maka anda bisa mengatasinya dengan minum air lemon. Karena lemon mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem imun dan molekul antioksidan lain yang dapat mencegah timbulnya penyakit.

Selain itu, air lemon juga dapat dipercaya mampu meningkatkan produksi air liur, sehingga dapat membantu selaput lendir untuk senantiasa berada dalam kondisi lembab. Untuk menerapkan cara ini sangat mudah, yaitu anda hanya perlu mencampurkan perasan lemon kedalam air hangat dan langsung meminumnya. Untuk hasil yang maksimal maka anda bisa menambahkan madu atau garam ke dalamnya.

Baking Soda atau Soda Kue

Baking Soda atau Soda Kue

Cara Mengobati Radang yang terakhir adalah dengan menggunakan baking soda atau soda kue. Pada umumnya baking soda digunakan sebagai salah satu bahan pengembang kue. Namun ternyata baking soda juga memiliki banyak manfaat lain salah satunya adalah dapat meredakan sakit tenggorokan.

Cara menerapkannya pun cukup mudah yaitu anda hanya perlu mencampurkan ¼ sendok teh soda kue ke dalam satu gelas air hangat, serta masukkan juga ⅛ sendok teh garam. Setelah itu anda bisa langsung berkumur dengan larutan tersebut. Untuk hasil yang maksimal maka anda bisa melakukan cara ini selama 3 jam sekali. .

Most Popular