31.6 C
Tangerang
Saturday, July 2, 2022
Home Health Cara Meningkatkan Kadar Oksigen Dalam Darah Dengan Cara Alami

Cara Meningkatkan Kadar Oksigen Dalam Darah Dengan Cara Alami

Inajournal.com – Fungsi darah dalam tubuh manusia salah satunya mengedarkan oksigen ke seluruh sel dalam tubuh, saat bernapas, oksigen segar akan ditarik oleh paru-paru. Kemudian sel darah merah akan meningkat oksigen di paru-paru untuk membawanya melalui aliran darah, oksigen dalam darah berfungsi untuk menggantikan atau meregenerasi sel, memberi energi, mendukung sistem kekebalan tubuh dan masih banyak lagi. Fungsi oksigen dalam darah yang krusial bagi tubuh mengharuskan setiap orang memastikan agar kadar oksigen dalam darah tetap dalam keadaan yang baik dan stabil, berikut ini ada beberapa cara meningkatkan kadar oksigen dalam darah dengan cara mudah dan alami.

Cara Meningkatkan Kadar Oksigen Dengan Cara Mudah & Alami

Cara-Meningkatkan-Kadar-Oksigen

  1. Buka Jendela Atau Keluar Untuk Hidup Udara Segar
    Salah satu hal sederhana yang bisa kamu lakukan yaitu membuka jendela rumah atau pergi ke luar untuk menghirup udara segar. Tidak hanya itu saja, manfaat lainnya yaitu pencernaan yang lebih baik dan meningkatkan energi, membuka jendela bisa membuka akses pada udara segar, hal ini tentunya akan membuatmu bernapas jadi lebih mudah. Namun kualitas udara di luar rumah juga harus kamu perhatikan, jika udara disekitar rumah berpolusi misalnya penuh dengan debu dan asap, maka dengan membuka jendela bukan jadi pilihan yang tepat, hal seperti ini biasanya sering dialami oleh orang yang tinggalnya di perkotaan. Jika kualitas udara di lingkungan tempat tinggalmu buruk, usahakan untuk menyediakan sistem penyaring udara di dalam rumah, kalau perlu kamu menyediakan alat dan baarang lain yang bisa memurnikan udara di rumah secara alami, tapi harus bijak juga jika ingin menggunakan pembersih udara elektronik. Karena beberapa alat tersebut menghasilkan ozon yang dapat merusak bumi dan menganggu kesehatan paru-paru. 
  2. Tidak Merokok Atau Berhenti Merokok
    Cara meningkatkan kadar oksigen yang selanjutnya yaitu tidak merokok dan berhenti merokok. Merokok bisa menyebabkan penurunan bolume oksigen yang dapat dimasukan ke paru-paru, dengan seperti itu oksigen yang ikat oleh darah juga semakin sedikit. Selain itu merokok juga menjadi penyebab dari berbagai masalah terkait penapasan, seperti penyakit paru obstruktif kornis yang mencakup sejumlah kondisi yaitu emfisema, bronkitis kronis dan yang lainnya. Bahan kimia yang ada di dalam rokok sangat berbahaya dan dapat merusak saluran udara dan paru-paru, sehingga berbagai masalah penyakit berkepanjangan disaluran pernasaran lebih bresiko dialami oleh para perokok. Dengan berhenti merokok jadi salah satu cara, orang yang memutuskan untuk berhenti merokok akan mengalami peningkatan sirkulasi dan kadar oksigen secara keseluruhan dalam tubuh, fungsi paru-paru dikatakan bisa meningkatkan hingga 30 persen, jadi masih mau lanjut merokok atau berhenti untuk kesehatan. 
  3. Memelihara Tanaman Di Dalam Rumah
    Cara yang selanjutnya bisa kamu lakukan yaitu dengan memelihara tanaman di dalam rumah, proses fotosintesis pada tanaman bisa membantu memurnikan udara di dalam ruangan. Tanaman ini bisa menyerap karbon dioksida dalam ruangan dan bisa mengubahnya menjadi banyak oksigen, hasilnya lebih banyak oksigen di dalam rumah untuk dihirup oleh penghuni rumah. Menurut sebuah penelitian, tanaman telah terbukti secara ilmiah melakukan fitoremediasi atau membersihkan kontaminan dari udara, akar dan tanaman hias terbukti dapat mengurangi senyawa organic volatile pada udara di dala pesawat ruang angkasa yang sangat tertutup. Beberapa tanaman yang baik dan efektik yaitu palem kuning, tanaman karet, beringin, Lili paris atau tanaman laba-laba, paku gunung atau pakis boston. 
  4. Mengkonsumsi Makanan Bergizi Dan Minum Air
    Cara meningkatkan kadar oksigen yang selanjutnya yaitu  dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan minur air putih yang rutin, mengkonsumsi air putih yang cukup dapat meningkatkan kadar oksigen di dalam darah karena air putih membantu seseorang tetap terhidrasi. Kondisi tubuh yang terhidrasi bisa mempermudah kerja darah untuk mengirimkan nutrisi oksigen ke seluruh tubuh, mengkonsumsi jus segar atau smoothies juga bisa jadi pilihan baik untuk tetep terhidrasi. Karena buah dan sayur segar memiliki vitamin, mineral dan antioksidan yang baik untuk tuuh, ada banyak pilihan makanan sehat yang baik untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah, beberapa makanan tersebut seperti kentang, wortel, kacang hijau, sayuran hijau, paprika, dan masih banyak lagi.

 

Most Popular