31.6 C
Tangerang
Friday, August 19, 2022
Home Health Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Agar Memiliki Berat Badan Ideal

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Agar Memiliki Berat Badan Ideal

Apakah anda sedang berusaha untuk menurunkan berat badan? Jika memang iya maka dengan meningkatkan metabolisme tubuh anda mungkin dapat membantu usaha anda dalam menurunkan berat badan tersebut. Dengan laju metabolisme tubuh yang baik maka kerja tubuh dalam mengolah setiap asupan menjadi energi akan jauh lebih baik. Cara meningkatkan metabolisme tubuh ini Bisa Anda coba untuk mendapatkan berat badan ideal dan tubuh proporsional.

Dengan proses pembakaran energi yang tepat maka berat badan Anda juga akan lebih cepat turun ke titik ideal. Namun, jika Anda malas melakukan olahraga untuk membakar energi maka berat badan ideal juga akan sulit untuk anda dapatkan. Dengan meningkatkan metabolisme tubuh maka tubuh anda akan mengolah setiap asupan menjadi energi semakin baik. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa cara dalam meningkatkan laju metabolisme tubuh untuk mencapai berat badan ideal yang memang Anda inginkan. Yuk langsung saja mari disimak ulasan lengkapnya berikut ini.

5 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Yang Mudah Dilakukan

Cara meningkatkan metabolisme tubuh

Membentuk Otot

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh adalah dengan membentuk otot. Otot sendiri merupakan salah satu pembakar lemak di dalam tubuh. Oleh karena itu dengan berolahraga akan membentuk otot yang dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh anda dalam menurunkan berat badan. Setelah anda berolahraga pastikan Kalau Anda mengkonsumsi cemilan sehat yang mengandung protein, karbohidrat dan lemak. Dengan meningkatkan massa otot tubuh anda maka proses pembakaran lemak di dalam tubuh juga akan menjadi lebih meningkat.

Melakukan Olahraga Kardio

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan olahraga kardio. olahraga kardio sendiri dapat meningkatkan pembakaran lemak yang menutupi seluruh otot-otot didalam tubuh anda, terutama lemak di perut. Dengan melakukan olahraga aerobik secara teratur dan mengkombinasikannya dengan olahraga angkat beban maka tubuh anda bisa terlihat lebih kurus loh. Oleh sebab itu anda jangan sampai lupa melakukan olahraga kardio yang dibarengi dengan angkat beban agar laju metabolisme tubuh anda semakin meningkat.

Mengkonsumsi Diet Sehat

Cara meningkatkan metabolisme tubuh selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi diet yang sehat. Anda bisa mengkonsumsi makanan bernutrisi dan membatasi karbohidrat sederhana. Agar pembakaran lemak didalam selalu saluran pencernaan Anda semakin maksimal dan menghalau rasa lapar sebaiknya Anda mengkonsumsi karbohidrat kompleks seperti sayuran, buah dan kacang-kacangan. Selain itu, pastikan juga kalau selalu ada makanan sumber protein di dalam menu makanan harian Anda. Protein sendiri bukan berarti Anda harus selalu mengkonsumsi daging, tetapi susu, kacang, tahu juga merupakan sumber protein baik.

Tidur Yang Cukup

Jika anda ingin mendapatkan bentuk tubuh dan berat badan yang ideal sebaiknya Anda harus tidur dengan waktu yang cukup. Usahakan untuk tidur selama 7 sampai 8 jam setiap harinya. Sebuah penelitian yang baru dilakukan telah menemukan bahwa wanita yang rata-rata tidur selama 5 jam atau kurang lebih mudah mengalami peningkatan berat badan dan 15% di antara nya telah mengalami obesitas. Oleh sebab itu anda harus mendapatkan jam Tidur yang cukup mulai dari 7 sampai 8 jam setiap malamnya.

Minum Lebih Banyak Air Putih

Cara meningkatkan metabolisme tubuh yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi air putih lebih banyak. Sebuah penelitian kecil yang dilakukan di Jerman menemukan fakta bahwa dengan meningkatkan konsumsi air putih maka laju metabolisme tubuh juga akan semakin meningkat. Jika anda meningkatkan konsumsi air putih sekitar 500 ml, maka laju metabolisme tubuh anda juga akan meningkat sebanyak 30% selama 1 jam setelah.

Itu artinya anda akan membakar 24 kalori lebih banyak dibanding minum air putih tidak banyak. Para ahli juga menganjurkan untuk Anda mengkonsumsi air dingin karena tubuh akan membakar kalori lebih banyak untuk menghangatkan air dingin yang masuk ke dalam tubuh agar sesuai dengan suhu tubuh anda.

Most Popular