31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Health Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Berusia Diatas 50 Tahun Akan Memperpanjang...

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Berusia Diatas 50 Tahun Akan Memperpanjang Umurmu!

Menjaga sistem kekebalan dan daya tahan tubuh merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh semua orang. Hal tersebut juga sangat berguna bagi seseorang yang sudah berusia diatas 50 tahun, dimana sistem imun tubuh akan sedikit mengurang dan akan menyebabkan mudah terserang berbagai penyakit. Khususnya adalah dimana pandemi seperti sekarang yang mengharuskan setiap orang untuk menjaga imun tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari virus covid-19 ini.

Pada saat usia sudah memasuki 50 tahun maka secara alami daya tahan tubuh seseorang akan semakin menurun yang disebabkan oleh berbagai hal. Dengan begitu seseorang akan mudah terserang berbagai penyakit. Untuk itu bagi seseorang yang sudah berusia diatas 50 tahun harus melakukan beberapa cara untuk bisa terus menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Berikut ini ada beberapa cara Menjaga Daya Tahan Tubuh bagi anda yang sudah berusia diatas 50 tahun.

Cara Paling Efektif Dalam Menjaga Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi Banyak Vitamin dan Mineral

menjaga daya tahan tubuh

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan antioksidan, serat serta nutrisi penting lainnya merupakan salah satu cara terbaik untuk bisa memperkuat kekebalan tubuh anda. Bagi anda yang sudah berusia diatas 50 tahun maka sangat penting untuk anda mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah dan makanan alami dan harus menghindari makanan olahan.

Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi para orang tua adalah zinc, dan vitamin D. Anda bisa mengkonsumsi makanan yang kaya dengan kedua nutrisi tersebut atau anda juga bisa mendapatkan kedua nutrisi tersebut dari suplemen.

Berhenti Merokok

berhenti merokok

Berhenti merokok merupakan salah satu cara yang sangat penting untuk menurunkan resiko penyakit kanker dan penyakit pernapasan lainnya. Cara ini juga bisa sekaligus bermanfaat dan memiliki dampak positif bagi sistem kekebalan tubuh manusia. Dengan anda berhenti merokok maka hal tersebut akan mencegah munculnya berbagai masalah kesehatan sehingga sistem kekebalan tubuh anda bisa terjaga dengan baik.

Namun jika anda masih melakukan kegiatan tersebut maka jangan terlalu banyak berharap terhindar dari berbagai macam penyakit. Karena dengan merokok saja anda sudah bisa mendapatkan banyak penyakit terlebih dengan usia anda yang sudah terlampau tua.

Rutin Berolahraga

rutin olahraga

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh selanjutnya adalah dengan cara rajin berolahraga. Karena selain mengkonsumsi makanan sehat juga harus disertai dengan olahraga secara rutin. Olahraga dapat dipercaya bisa meningkatkan jumlah dan fungsi sel sistem imun pada orang tua dan menurunkan resiko peradangan.

Para orang tua sangat disarankan untuk berolahraga ringan seperti bersepeda atau bisa juga taichi karena kedua olahraga tersebut tidak akan berdampak keras pada tubuh dan tidak akan membebani persendian anda. Selain itu, para orang tua juga harus sangat memperhatikan jenis olahraga apa yang akan dilakukan secara rutin dan teratur.

Mengendalikan Stres dan Emosional

stres

Para orang tua tidak hanya harus menjaga kesehatan tubuh secara fisik saja namun juga pada mental. Dengan menghindari diri dari stres yang berlebih dan masalah emosional maka akan membuat tubuh terhindar dari menurunnya daya tahan tubuh. Dengan begitu tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.

Biasanya masalah kesehatan yang rentan terjadi pada orang tua adalah kesedihan dan kesepian yang sering mereka alami. Untuk bisa mencegah hal tersebut maka anda harus bisa menjaga diri agar tetap bahagia sehingga sistem imun anda akan tetap sehat dan bisa terhindar dari masalah kesehatan.

Pertahankan Berat Badan Yang Sehat

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Cara terakhir dalam Menjaga Daya Tahan Tubuh adalah dengan cara mempertahankan berat badan yang tepat dan hal tersebut harus selalu diteruskan. Karena seseorang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas akan cenderung memiliki tingkat peradangan lebih tinggi pada tubuhnya.

Dengan menurunnya peradangan yang diakibatkan berat badan sehat tentu saja akan sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tentu saja hal tersebut akan membuat tubuh terhindar dari masalah kesehatan yang mungkin akan muncul dan mampu menguatkan sistem daya tahan tubuh anda terutama bagi para orang tua yang sudah berusia diatas 50 tahun.

Most Popular