31.6 C
Tangerang
Thursday, December 1, 2022
Home Lifestyle Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama Dan Tidak Perlu Repot Ganti...

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama Dan Tidak Perlu Repot Ganti Mulu!

Laptop merupakan salah satu perangkat lunak yang selalu menemani kegiatan manusia setiap harinya. Dengan adanya perkembangan zaman yang sudah begitu canggih membuat manusia harus berusaha menyesuaikan diri. Laptop juga sangat diandalkan untuk urusan pekerjaan dan juga dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Itu sebabnya sebagai pengguna laptop kita diharuskan untuk menjaga dengan baik perangkat ini agar terhindar dari kerusakan.

Kerusakan pada laptop biasanya dikarenakan kebiasaan dari pengguna itu sendiri yang tidak tahu bagaimana cara merawat laptop dengan benar. Baterai laptop juga merupakan salah satu bagian laptop yang sering sekali mengalami masalah. Cara menjaga baterai laptop dengan benar bisa membuat laptop anda jauh lebih awet. Untuk itu sebaiknya anda mulai memperhatikan kondisi laptop anda terutama baterai. Berikut ini ada beberapa Cara Merawat Baterai Laptop agar tahan lama dan awet.

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Mengaktifkan Mode Penghemat Baterai

Cara Merawat Baterai Laptop

Salah satu cara untuk merawat baterai laptop adalah dengan cara mengaktifkan mode penghemat baterai pada laptop anda. Ketika anda sedang menggunakan laptop dengan daya baterai maka windows akan menunjukkan tingkat baterai laptop anda melalui taskbar.

Jika anda ingin mengaktifkan mode penghemat baterai maka anda bisa klik indikator baterai laptop dan pastikan kalau semua fitur yang anda gunakan hemat dayanya diaktifkan. Jika anda merasa bahwa laptop anda kinerjanya berubah, anda tidak perlu khawatir karena selama anda tidak bermain game, mengedit foto atau video dan melakukan tugas yang membutuhkan banyak daya baterai, laptop anda akan tetap hemat baterai.

Cabut Perangkat Yang Tidak Digunakan

Cara Merawat Baterai Laptop

Cara untuk merawat baterai laptop selanjutnya adalah dengan mencabut perangkat lain yang tersambung pada laptop anda jika memang sudah tidak digunakan. Sangat disarankan untuk mencabut kabel dari perangkat apa saja saat laptop sedang menggunakan daya baterai.

Kabel tersebut selain bisa mentransfer data juga bisa menarik daya ke perangkat itu sendiri. Walaupun anda tidak menggunakan perangkat itu namun daya dalam laptop anda akan terus berkurang. Tentu saja hal tersebut akan membuat laptop anda menjadi cepat habis baterainya dan memiliki resiko kebocoran.

Jauhkan Laptop Dari Suhu Ekstrim

Jauhkan Laptop Dari Suhu Ekstrim

Cara Merawat Baterai Laptop selanjutnya adalah dengan menjauhkan laptop dari suhu yang ekstrim. Anda hanya boleh menggunakan laptop dalam kondisi yang suhunya tidak panas dan tidak dingin.

Temperatur yang ekstrim akan membuat laptop untuk bekerja lebih keras dan pada akhirnya akan banyak menguras baterai laptop itu sendiri. Jika laptop juga terlalu banyak terpapar oleh suhu yang ekstrim maka akan merusak baterai itu sendiri sehingga usia baterai akan semakin pendek. Untuk itu penting bagi anda mengetahui bagaimana suhu laptop anda sebelum digunakan.

RAM Yang Cukup

RAM Yang Cukup

Sebuah pabrik komputer ada yang menyarankan untuk bisa memperpanjang usia baterai laptop bisa dengan cara laptop itu sendiri memiliki RAM yang cukup. Karena dengan laptop memiliki cukup RAM maka laptop akan melakukan tugasnya dengan mudah tanpa cepat kehabisan baterai.

Terlebih lagi jika laptop anda menyimpan informasi di dalam RAM dan bukan pada hard drive maka hal ini dapat meringankan penggunaan daya. Cara ini juga bisa dinilai cukup efektif untuk mengambil data dan dapat mencegah hard drive beroperasi sebanyak mungkin.

Jangan Biarkan Laptop Terus Terhubung

Laptop Terus Terhubung

Cara Merawat Baterai Laptop terakhir adalah dengan jangan membiarkannya terus terhubung pada aliran listrik. Karena masih ada banyak sekali orang yang terus menghubungkan laptop dengan kabel pengisian daya dalam waktu yang cukup lama. Tentu saja kebiasan ini sangat tidak baik dan tidak disarankan untuk dilakukan dalam jangka waktu lama.

Akan lebih baik jika anda menunggu sampai baterai anda tinggal sedikit dan baru hubungkan pada kabel pengisian daya. Jangan sampai anda merasa selalu untuk mengisi penuh baterai laptop anda. Kalau begitu anda hanya akan terus mengisi daya pada laptop anda dan akan berakhir pada kebocoran baterai.

Most Popular