31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Beauty Cara Merawat Rambut Rusak Karena Keseringan Dicatok, Ternyata Gampang Banget

Cara Merawat Rambut Rusak Karena Keseringan Dicatok, Ternyata Gampang Banget

Ada beberapa cara merawat rambut rusak karena terlalu sering dicatok, setiap perempuan tentunya menginginkan penampilan yang maksimal dari ujung kepala hingga ujung kaki. Kebanyakan perempuan sangat memperhatikan penampilannya, tidak hanya pakaian atau makeup yang sangat diperhatikan, rambut juga menjadi mahkota perempuan yang harus selalu dijaga dan dirawat dengan baik. Beberapa perempuan pastinya merasa kalau memiliki rambut yang bersinar akan menambah kepercayaan diri, sehingga kegiatan mencatok rambut sudah menjadi aktivitas wajib sebelum bepergian keluar rumah.

Tapi sayangnya di balik suhu panas yang dihasilkan oleh catokan ternyata berpotensi membuat rambut kamu cepat rusak, seperti misalnya mudah kering, bercabang, patah, hingga mengalami kerontokan rambut parah. Jika tidak dirawat, maka kesehatan rambut akan semakin menurun dan membuat rambut kamu jadi tidak terawat, niat ingin membuat rambut terlihat bersinar justru malah akan menjadi rusak jika kamu keseringan catok rambut.

Cara Merawat Rambut Rusak Karena Sering Dicatok Dengan Mudah

Cara merawat rambut rusak

1. Gunakan Shampo Dan Kondisioner Yang Mengandung Keratin

Suhu panas dari catokan dapat merusak kelembaban dan kesehatan rambut, maka dari itu mengapa sangat penting memilih sampo dan kondisioner yang memiliki kandungan keratin sebab kandungan ini dapat menutrisi serta menyehatkan rambut. Sebenarnya tubuh kita secara alami akan menghasilkan keratin, namun penggunaan hair styling seperti catokan akan menyebabkan produksi keratin semakin berkurang, jadi jangan lupa untuk selalu merawat rambut dengan perawatan yang tepat.

2. Hair Serum Untuk Di Kulit Kepala

Cara merawat rambut rusak selanjutnya dengan menggunakan hair serum untuk kulit kepala, umumnya rambut di kulit kepala tidak terkena panasnya catokan, namun penting untuk merawat rambut mulai dari akarnya. Hair serum ini memiliki fungsi untuk merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan rambut, jika rambut kamu sudah tebal dan sehat pastinya hasil catokan kamu akan jauh lebih bagus lagi bukan? Untuk mencari serum rambut sendiri sekarang sudah sangat mudah karena semakin banyak orang yang menjual produk serum untuk rambut, pilihlah varian yang kamu butuhkan untuk merawat rambut kamu.

3. Semprotkan Heat Protection Sebelum Menata Rambut

Sebelum memulai mencatok rambut ada baiknya kamu semprotkan heat protection untuk menjaga rambut kamu dari suhu panas. Umumnya heat protection ini memiliki bentuk oil atau spray, sehingga sangat mudah untuk diaplikasikan, selain itu produk ini juga memiliki fungsi untuk memberikan kelembaban dan kelembutan yang akan membuat rambut kamu mudah diatur dan bersinar. Saat ini sudah banyak produk pelindung rambut yang bisa kamu dapatkan dengan mudah, kalau kesulitan mencarinya kamu bisa memanfaatkan platform belanja online.

4. Rutin Menggunakan Hair Mask

Cara merawat rambut rusak hanya dengan perawatan harian tidak akan cukup untuk mengatasi kerusakan rambut akibat sering dicatok. Rambut kamu juga membutuhkan nutrisi lebih yang bisa kamu dapatkan dari hair mask, hair mask ini berfungsi untuk merawat dan memperbaiki rambut yang rusak karena seringnya terpapar sinar matahari, debu, serta suhu yang panas. Bahan bahan yang terkandung didalam hair mas sangat penting untuk menutrisi rambut kamu dan mampu mengembalikan keindahan serta Kesehatan rambut kamu secara alami, maka dari itu pemilihan hair mask yang tepat sangat perlu diperhatikan agar perawatan rambut kamu juga tidak menjadi sia sia.

5. Potong Ujung Rambut Secara Rutin

Rambut yang kering dan mudah bercabang merupakan efek dari seringnya mencatok rambut, terlebih lagi bagian ujung rambut yang biasanya terkena suhu panas lebih sering dibandingkan dengan area lainnya. Maka dari itu untuk mencegahnya kamu bisa memotong ujung rambut kamu secara rutin sebanyak 2-3 cm, tidak perlu pergi ke salon karena hal ini pastinya bisa kamu lakukan di rumah dengan meminta tolong kerabat atau keluarga kamu, cara ini akan menumbuhkan rambut baru yang lebih sehat.

6. Gunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun ternyata sudah menjadi bahan alami yang dipercaya dapat mengatasi berbagai macam masalah, seperti rambut rusak. Cara merawat rambut rusak akibat catokan bisa dengan gunakan minyak zaitun secara rutin di seluruh kepala kamu hingga rata agar minyak zaitun bekerja dengan maksimal, jika dilakukan dengan rutin nantinya rambut kamu akan terlihat lebih sehat dan bersinar.

Most Popular