31.6 C
Tangerang
Sunday, July 3, 2022
Home Health Cara Merawat Telinga Agar Tidak Kena Gangguan Pendengaran

Cara Merawat Telinga Agar Tidak Kena Gangguan Pendengaran

Inajournal.com – Agar terhindar dari gangguan pendengaran tentunya kamu harus merawat telinga dengan cara yang benar dan tepat. Berikut ini cara merawat telinga agar tidak terkena gangguan pendengaran, telinga merupakan organ yang sangat penting di rawat, di dalam telinga ada bagian yang masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Bagian luar telinga bertugas untuk mengumpulkan suara dan menyalurkan ke telinga tengah, fungsi telinga bagian tengah mengubah suara menjadi getaran untuk dikirimkan ke telinga bagian dalam, kemudian mengirimkan sinyal ke otak. Oleh karena itu telinga wajib dirawat dengan baik.

Cara Merawat Telinga Agar Terhindar Dari Gangguan Pendengaran

Cara-merawat-telinga

  1. Bagian Luar Telinga
    Yang pertama wajib kamu lakukan yaitu membersihkan bagian luar telinga menggunakan kain atau tisu basah untuk mengangkat kotoran. Cara kerja telinga sendiri sudah terbagi berdasarkan bagian dalam, tengah dan luarnya, untuk membersihkan telinga, kamu hanya perlu membersihkan daun telinga atau telinga luar saja. Kamu dapat membersihkan daun telinga dengan kain lembut atau tisu basah untuk mengangkat kotoran atau keringat, pasalnya bagian dalam telinga  sudah memiliki kemampuan untuk membersihkan sendiri dengan bulu-bulu halus dan cairan di dalamnya.

  2. Hentikan Penggunaan Cotton Buds
    Cara merawat telinga yang bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu menghentikan penggunaan cotton buds, karena cara ini justru akan mendorong telinga masuk lebih dalam. Perlu kamu ingat, kalau memasukan sesuatu ke dalam rongga telinga justru akan beresiko merusak organ sensitif, seperti gendang telinga di dalamnya, padahal sampai saat ini masih banyak orang yang menggunakan cotton buds. Untuk membersihkan telinga bagian dalam, hal itu sangat tidak dianjurkan karena memasukan cotton buds ke dalam  telinga justru akan mendorong kotoran semakin masuk ke dalam, jika memang mengalami gangguan pendengaran, kamu dapat meminta bantuan dokter untuk membersihkannya dengan alat khusus agar kotoran tidak semakin masuk ke dalam.

  3. Jaga Telinga Agar Tetap Kering
    Yang selanjutnya yaitu kamu harus menjaga telinga agar tetap kering, setelah beraktivitas di dalam air telinga rawan basah. Telinga yang basah atau terlalu lembap dapat memungkinkan bakteri untuk bisa masuk ke dalam telinga, jika dibiarkan kondisi ini dapat menjadi infeksi. Oleh karena itu jika kamu sedang berenang, lebih baik menggunakan penyumbat telinga untuk mencegah air masuk ke dalam, jika tidak jangan lupa menggunakan handuk untuk mengeringkan telinga setelah berenang atau mandi.

  4. Istirahatkan Telinga Dengan Keluar Dari Tempat Bising
    Cara merawat telinga yang bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu mengistirahatkan telinga, ketika kamu sedang berada di tengah-tengah konser musik atau semacamnya, telingan tentunya akan terpapar dengan berbagai macam suara, mulai dari yang lirih hingga yang keras. Oleh karena itu berikan waktu telingan untuk istirahat dengan cara keluar dari tempat yang bising beberapa kali, setidaknya telinga kamu membutuhkan waktu 16 jam untuk pulih dari kebisingan.

  5. Gunakan Penutup Telinga Di Tempat Bising
    Hal yang selanjutnya wajib kamu lakukan yaitu menggunakan penutup telingan di tempat bising, seperti cara merawat mata dengan menggunakan kacamata. Telinga juga wajib kamu lindungi dengan menggunakan penutup telinga, penutup telinga ini dapat kamu gunakan saat berada di tempat-tempat bising. Tidak hanya saat berada di konser musik, suara bising juga dapat ditemukan di lingkungan kerja atau di rumah, cara ini juga dapat digunakan saat merawat telinga anak kelas 1 SD yang belum paham mengenai cara perawatan telinga.

  6. Mengecilkan Volume Musik Pada Handphone Atau Headset
    Cara merawat telinga yang bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu mengecilkan volume musik pada handphone atau headset, dari beberapa cara yang sudah di sebutkan di atas sudah sering dilakukan. Namun jangan lupa jika salah satu penyebab utama gangguan pendengaran adalah penggunaan perangkat audio yang tidak aman, oleh karena itu kalau kamu senang menggunakan headphone atau headset. Lebih baik kamu mengecilkan volumenya tidak lebih dari 60 persen dan menggunakannya tidak lebih dari 60 menit sehari, buat kamu yang masih sering menggunakan headset dengan volume kencang sebaiknya hentikan mulai sekarang.

 

Most Popular