31.6 C
Tangerang
Friday, August 12, 2022
Home Foodie Cemilan Khas Sunda Paling Lezat Yang Digemari Banyak Orang

Cemilan Khas Sunda Paling Lezat Yang Digemari Banyak Orang

Ada banyak cemilan khas Sunda yang digemari banyak orang, Sunda sendiri merupakan suku dari Jawa Barat. Setiap daerah tentunya memiliki cemilan khas masing masing, terlebih lagi di Indonesia sendiri memiliki berbagai macam kuliner lezat. Selain makanan berat, cemilan menjadi salah satu jajanan paling laris di setiap daerah. Berbicara mengenai Provinsi Jawa Barat memang dikenal memiliki berbagai macam hal unik yang menarik perhatian banyak orang, seperti misalnya tempat wisatanya yang selalu ramai pengunjung, selain itu kuliner Jawa Barat juga dikenal memiliki rasa yang lezat dan populer hingga ke provinsi lain.

Berkunjung ke daerah Jawa Barat gak lengkap rasanya kalau gak mencicipi cemilan yang menjadi favorit banyak orang di Indonesia, salah satunya yang sudah sangat populer yaitu batagor. Biasanya cemilan khas Sunda ini di jual di pinggir jalan, selain batagor berikut ini daftar cemilan khas Sunda paling lezat dan paling populer.

Cemilan Khas Sunda Paling Populer Dan Paling Banyak Digemari

1. Batagor

Cemilan khas Sunda

Warga Indonesia mana yang tidak kenal dengan cemilan yang satu ini, batagor bahkan tidak hanya bisa kamu temui di daerah Jawa Barat. Jajanan yang satu ini dapat ditemui di berbagai daerah Indonesia, batagor sendiri merupakan jajanan yang diolah dari campuran tepung tapioka dengan beberapa bumbu lalu dibalut dengan kulit pangsit kemudian digoreng, biasanya batagor dibuat dari daging ikan, tapi ada juga yang tidak menggunakan ikan. Setelah di goreng batagor akan disajikan bersama dengan bumbu kacang, sambal dan kecap.

2. Cireng

Cireng

Cemilan khas Sunda yang satu ini juga terbilang sangat populer, cireng dibuat menggunakan bahan dasar tepung tapioka, tepung terigu, merica, garam, bawang putih dan daun bawang, semua bahan dicampur dengan air panas kemudian dibentuk hingga menjadi adonan dan baru lah digoreng. Cireng umumnya disajikan bersama dengan sambal rujak, tapi ada juga yang hanya menggunakan cabai rawit saja, makanan yang sedang lagi naik daun ini sekarang memiliki banyak variasi, salah satunya cireng isi yang diberikan isian suwiran ayam pedas, sosis atau bakso.

3. Basreng

Basreng

Siapa yang senang ngemil basreng? Ternyata cemilan yang satu ini berasal dari Jawa Barat, basreng sendiri merupakan singkatan dari bakso goreng. Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu hanya perlu menggoreng bakso hingga kering atau setengah matang kemudian diberikan bumbu sesuai selera, biasanya basreng paling umum diberikan bumbu pedas yang membuat rasanya semakin nikmat.

4. Seblak

Seblak

Cemilan khas Sunda yang satu ini bahkan populer hingga ke berbagai daerah lainnya, siapa yang tidak kenal seblak? Olahan yang terbuat dari kerupuk rebus ini sampai sekarang masih menjadi makanan favorit banyak orang, selain kerupuk seblak juga diberi tambahan seperti telur, sayuran, ceker, tulang dan yang membuat rasanya semakin enak dan juga menjadi ciri khas seblak yaitu kencur. Kamu juga bisa membuatnya sendiri dirumah dengan bahan bahan yang kamu inginkan.

5. Cuanki

Cuanki

Cemilan yang satu ini paling cocok dan paling dicari saat musim hujan, kesegaran dan gurihnya kuah cuanki paling cocok menemani kamu saat musim hujan. Cuanki ini berisi bakso, siomay goreng, tahu goreng, tahu rebus. Mie dan tambahan lidah cuanki yang berasal dari tepung tapioka yang digoreng, semua bahan lalu direbus bersama dengan kuah yang gurih, rasa cuanki sendiri cenderung lebih tajam dibanding dengan rasa bakso pada umumnya, bakso cuanki biasanya di jual oleh pedagang kaki lima, harganya pun cukup terjangkau.

6. Baso Aci

Cemilan khas Sunda

Cemilan khas Sunda selanjutnya yang lagi naik daun di beberapa daerah yaitu baso aci, baso aci sendiri terdiri dari cilok, lidah cuanki, taburan kacang atom rasa kencur, batagor kering dan otak otak kering, kuahnya yang segar membuat banyak orang susah move on dari baso aci. Gak heran kalau warung baso aci pasti selalu ramai pengunjung, sekarang kamu juga sudah bisa membelinya secara kemasan, biasanya baso aci diberikan tambahan seperti ceker, tetelan, telur dan tambahan lainnya, cemilan ini juga biasanya identik saat musim hujan.

 

Most Popular