31.6 C
Tangerang
Wednesday, August 17, 2022
Home Health Cewek Wajib Tau! Penyebab Infeksi Jamur Vagina Yang Memicu Keputihan

Cewek Wajib Tau! Penyebab Infeksi Jamur Vagina Yang Memicu Keputihan

Ada beberapa penyebab infeksi jamur vagina yang memicu keputihan. Merawat vagina adalah salah satu hal yang paling penting dan wajib dilakukan oleh semua perempuan kesehatan vagina sangat penting diperhatikan agar tidak memicu berbagai macam penyakit yang berbahaya. Infeksi jamur merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada vagina saat terjadi infeksi jamur rasanya gatal, tidak nyaman dan terkadang sakit, setidaknya ada sekitar 75% perempuan telah mengalami infeksi jamur sekali dalam hidupnya.

Infeksi jamur memang sering sekali tidak menyebabkan masalah yang serius namun infeksi jamur pada vagina harus tetap diwaspadai. Ada beberapa gejala yang timbul, seperti ruang kemerahan, keluarnya cairan berwarna putih kekuningan yang tidak berbau bengkak pada vulva dan terasa sakit, jika kamu sudah merasakan diantara gejala berikut bisa langsung periksakan ke dokter untuk mengetahui dan menjalankan pemeriksaan lebih lanjut. Infeksi jamur juga memicu keputihan pada perempuan keputihan sendiri sangatlah wajar di alami oleh setiap perempuan.

Namun ada beberapa jenis keputihan yang perlu diperhatikan, keputihan umumnya berwarna putih tidak terlalu berbau dan bentuknya kental seperti lendir. Namun ada beberapa jenis keputihan lainnya yang ternyata berbahaya dan perlu diperhatikan, seperti salah satu ciri cirinya yaitu keputihan dengan warna yang menguning dan berbau tidak sedap.

Penyebab Infeksi Jamur Vagina Yang Wajib Diwaspadai

penyebab infeksi jamur vagina

Kamu Membiarkan Area Vagina Lembab Atau Basah

Vagina merupakan area yang jarang terpapar udara dan sinar matahari, oleh karena itu kenapa area vagina sering dalam kondisi lembab atau bahkan basah saat kamu tidak menjaganya dengan baik. Misalnya kamu jarang ganti celana dalam, berkeringat atau tidak menyeka vagina setelah kamu buang air kecil, hal tersebut membuat jamur berkembang biak di bawah sana dan akan menyebabkan infeksi.

Penggunaan Antibiotik

Penyebab infeksi jamur vagina bisa karena antibiotik, meskipun antibiotik menjadi salah satu obat yang menangani infeksi bakteri dan jamur, namun obat tersebut juga bisa berdampak sebaliknya. Antibiotik membunuh bakteri tanpa pandang bulu, sehingga bakteri baik pada vagina bisa mati karena antibiotik, bakteri baik pada vagina sangat dibutuhkan. Jika kamu sering mengkonsumsi antibiotik sebaiknya kurangi untuk mencegah infeksi jamur vagina.

Peningkatkan Hormon Estrogen

Hormon juga berperan besar dalam memicu infeksi jamur, ketika hormon estrogen meningkat drastis, perkembangan jamur juga akan mengikuti. Hal ini terjadi karena tingginya tingkat estrogen meningkatkan kadar glikogen di area vagina, zat tersebut lah yang mendorong pertumbuhan jamur. Hormon estrogen yang tinggi ini biasa dialami ketika perempuan sedang hamil, menyusui, menopause, konsumsi pil KB.

Iritasi Karena Sabun Dan Detergen

Sabun deterjen, semua produk yang memiliki kandungan bahan kimia dan pewangi tidak disarankan untuk digunakan pada area vagina. Karena zat yang terkandung didalamnya dapat berpotensi mengganggu keseimbangan pH di area vagina, kondisi ini mungkin bisa terjadi karena bahan kimia pada sabun dan deterjen yang membunuh bakteri baik alhasil bakteri jahat dan jamur pun merajalela di vagina. Karena penyebab infeksi jamur vagina jadi sabun dan deterjen kamu bisa mencuci vagina kamu hanya menggunakan air saja, jika ingin menggunakan sabun gunakan sabun yang bahan kimianya ringan dan tidak menggunakan wewangian.

Tertular Dari Pasangan Hubungan Seksual

Meskipun bukan termasuk penyakit seksual yang menular, infeksi jamur pada vagina juga bisa didapatkan setelah berhubungan seksual. Apalagi ketika pasangan kamu mengidap atau sering berganti ganti pasangan seks saat kamu mengalami kondisi tersebut akan ada paparan bakteri dan jamur baru serta perubahan di pH Vagina kamu, Jika kamu mengidap ini sebaiknya jangan berhubungan seks terlebih dahulu agar kondisi tidak semakin parah.

Douching Atau Pembersihan Vagina

Penyebab infeksi jamur vagina selanjutnya yaitu karena douching atau proses pembersihan vagina yang dilakukan dengan cara menyemprotkan cairan ke dalamnya. Dokter dan para ahli pun menentang tindakan ini karena lebih banyak menimbulkan masalah yang bisa berujung membahayakan.

Most Popular