31.6 C
Tangerang
Wednesday, November 30, 2022
Home Health Daftar Masalah Kesehatan yang Akan Terjadi Usai Melakukan Bekam

Daftar Masalah Kesehatan yang Akan Terjadi Usai Melakukan Bekam

inajournal.com – Siapa nih kalau setiap bulannya rutin sekali untuk melakukan bekam? Mungkin ada yang merasakan bekam itu seperti mengeluarkan darah kotor yang membuat badan jadi enteng, betul? Tapi nyatanya usai melakukan bekam pasti akan ada banyak sekali deretan masalah kesehatan yang akan terjadi. Bekam atau cupping merupakan terapi penyembuhan kuno yang dilakukan untuk menaruh cangkir khusus di punggung, perut dan lengan kaki atau bagian tubuh lainnya.

Di mana nantinya cangkir yang diletakkan di bagian tubuh tersebut akan menghisap kemudian menarik kulit sampai ke atas dan membuat jarum yang ada di Cup tersebut mengeluarkan darah dari tubuh tertentu. Di balik manfaatnya yang sangat dipercaya oleh banyak orang ternyata bekam bisa meningkatkan risiko infeksi yang ditularkan melalui darah atau blood born infection seperti hepatitis dan masalah kesehatan lainnya. Tidak hanya itu saja masih ada banyak daftar masalah kesehatan lainnya seperti yang Kami akan jelaskan dari penjelasan berikut ini.

Sederet Masalah Kesehatan yang Bakal Terjadi Usai Melakukan Bekam

Usai-Melakukan-Bekam

  • Bisa Tertular Hepatitis C

Arab Saudi adalah negara di mana bekam basah itu dipraktikkan kalau berdasarkan studi yang diterbitkan dalam jurnal annals of souldie medicine tahun 2007 dari 24.948 kasus infeksi Hepatitis C dilaporkan di negara tersebut.

Hijamah adalah cara penularan utama di sebagian besar Para pasien dan pada studi lain yang dipublikasikan dalam internasional jurnal “Preventif Medicine” tahun 2021 kemarin ternyata bekam meningkatkan risiko infeksi Hepatitis C sebanyak 1,6 sampai 3,6 kali. Usai melakukan bekam pasien bisa tertular Hepatitis C disebabkan berbagai alat suntik dan prosedur terapi yang tidak steril.

  • Berisiko Tinggi Terinfeksi Hepatitis B

Kemudian bisa juga terjadi resiko tinggi infeksi hepatitis B yang bisa diartikan infeksi hati serius yang disebabkan oleh virus hepatitis B atau hbv. Gejalanya itu kulit dan mata menguning dan urine berwarna gelap hingga merasakan demam nyeri sendi, mual dan juga muntah sampai kehilangan selera makan juga.

Kalau di dalam “Malaysia Journal of Medical Science” tahun 2021 kemarin riwayat bekam dan perawatan gigi yang pernah dilakukan sebelumnya secara signifikan berhubungan dengan infeksi hepatitis B. Penelitian ini melibatkan 500 orang yang usianya dari 18 sampai 65 tahun diambil darahnya di rumah sakit pada Agustus-Oktober 2016.

  • Berisiko Terinfeksi Virus Herpes Simpleks

Seseorang bisa saja terinfeksi Virus herpes simpleks karena akupuntur dan juga bekam. Ini terjadi pada perempuan yang usianya 56 tahun yang mengalami Lesi kulit yang paling menyakitkan di bagian lengan kiri serta riwayat myalgia alias nyeri otot di lengan tersebut selama beberapa bulan lamanya.

Untuk bisa obati myalgia pasien tersebut yaitu harus melakukan terapi akupuntur dan juga bekam setelah biopsi terlihat generasi balon dan badan inklusi pada epidermis dan my dermis yang merupakan penanda infeksi virus Herpes Simplex.Padahal pasien itu tidak pernah terkena herpes sebelumnya atau memiliki riwayat herpes dari keturunan keluarganya. Kalau berdasarkan studi yang diterbitkan dalam jurnal anak of dermatologi tahun 2011 telah disimpulkan kalau pasien infeksi herpes dari terapi bekam atau jarum akupuntur yang terkontaminasi.

  • Rentan Terkena Luka Bakar

Masalah kesehatan yang akan terjadi setelah melakukan bekam terakhir yaitu rentan terkena luka bakar. Banyak orang yang alami luka bakar setelah melakukan terapi bekam dan ini bukanlah hal yang aneh karena prosedur bekam melibatkan cangkir yang dipanaskan supaya bisa menghisap kulit tersebut. Sebuah studi dalam “Medical Journal of Australia” meneliti lebih dari 18.700 pasien terdaftar di Buns Registry of Australia and New Zealand di tahun 2009-2016.

Belasan ribu orang menderita luka bakar sebanyak 20 diantaranya disebabkan oleh bekam. Sebagian besar pasien perlu dirawat di rumah sakit karena mengalami luka bakar yang ada di wajah, tangan dan juga anggota tubuh lain. Bahkan ada 8 orang yang memerlukan cangkok kulit karena mengalami kulit yang terkena luka bakar. Dari keempat masalah kesehatan usai melakukan bekam di atas tentu saja perlu dihindari dan harus diwaspadai sehingga jika terjadi langsung dikonsultasikan kepada dokter spesialis.

Most Popular