31.6 C
Tangerang
Sunday, June 16, 2024
HomeHealthDampak Buruk Melewatkan Jam Makan, Gula Darah Bisa Naik!

Dampak Buruk Melewatkan Jam Makan, Gula Darah Bisa Naik!

Inajournal.com – Makanan dan minuman adalah kebutuhan pokok setiap makhluk hidup yang ada di bumi. Dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan dan minuman yang sehat, tubuh pun akan menjadi lebih bugar dan lebih bertenaga untuk menjalani berbagai macam aktivitas yang padat sekalipun. Namun, banyak sekali orang yang menunda jam makan dengan berbagai macam alasan atau tanpa disengaja. Tanpa disadari, ada dampak melewatkan jam makan yang berbahaya untuk kesehatan.

Menunda jam makan, adalah hal yang paling lumrah terjadi. Namun, tahukah anda bahwa menunda jam makan secara terus menerus akan mengundang banyaknya dampak buruk bagi tubuh? Hal tersebut pun telah disetujui oleh banyak pakar dan ahli. Bahkan, pakar sekalipun sangat menganjurkan untuk sarapan dengan rutin agar tubuh menjadi tidak lemas dan memberi sedikit tenaga yang akan berguna. Dampak melewatkan dengan sengaja jam makan memang terdengar sangat buruk dan terdengar sangat menakutkan.

Oleh karna itu, alangkah baiknya untuk menghindari berbagai macam hal yang menyebabkan anda menjadi sulit untuk menepati jam makan dan akan mengundang berbagai dampak buruk untuk kesehatan diri sendiri. Simak terus artikel yang satu ini untuk menambah wawasan mengenai dampak buruk melewatkan jam makan!

Dampak Melewatkan Jam Makan yang Sangat Buruk untuk Kesehatan Tubuh Anda

Tentu saja dampak buruk tersebut telah disetujui oleh banyak pakar atau ahli. Persetujuan tersebut semakin dibuktikan dengan sebuah penelitian atau sebuah studi yang telah dilakukan.

Saat ini memang banyak sekali orang yang melewatkan jam makannya dengan berbagai macam alasan ataupun tanpa disengaja. Namun, tetap saja jam makan tidak boleh terlewatkan sama sekali apabila tubuh ingin tetap sehat dan bugar. Berikut adalah berbagai macam dampak buruk untuk kesehatan anda apabila sering melewatkan jam makan:

Pencernaan Menjadi Terganggu

Dampak buruk pertama yang akan dirasakan apabila sulit untuk menepati jam makan, adalah pencernaan anda menjadi lebih mudah terganggu. Perlu anda ketahui, bahwa menurunkan jam makan akan menyebabkan efek termal didalam tubuh menjadi lebih menurun dari biasanya.

Apa itu efek termal? Efek termal merupakan sebuah energi yang akan berguna untuk mencerna dan menyerap berbagai macam makanan yang telah dikonsumsi kedalam tubuh. Jika anda sering melewatkan jam makan dan makan secara tidak teratur, maka sistem pencernaan pun akan menjadi sering terganggu karena membutuhkan penyuplai makanan yang teratur.

Bukan hanya itu saja, sistem pencernaan yang berjalan terus menerus selama 8-10 jam pun harus disuplai makanan dengan optimal.

Perubahan Pada Hormon

Selain dapat mengganggu sistem pencernaan yang sangat buruk, dampak selanjutnya dari melewatkan jam makan yang tidak teratur, adalah perubahan pada hormon. Perlu anda ketahui, bahwa perubahan hormon akan sangat berefek dengan makanan yang telah anda konsumsi.

Apabila tubuh kekurangan penyuplai makanan, maka hormone tersebut akan tidak seimbang dan akan cenderung meningkatkan berat badan. Karna, hormon kortisol yang ada didalam tubuh harus menurun sebaik mungkin agar mood sehari-hari menjadi lebih bersemangat dan akan terhindar dari depresi ataupun stress,

Berat Badan Menjadi Menaik

Berat badan yang naik adalah hal yang paling dihindari banyak orang. Bahkan, banyak sekali orang yang sulit untuk menurunkan berat badan dan memilih untuk menjalani proses dietnya.

Padahal, berat badan naik pun disebabkan karena tidak teraturnya jam makan yang harus ditepati. Bahkan, para peneliti pun telah menyebutkan bahwa orang yang tidak menerapkan jam makan yang teratur akan lebih berisiko obesitas dibandingkan dengan orang yang rutin menerapkan jam makan nya.

Meningkatkan Kadar Gula Pada Tubuh

Dan, dampak melewatkan dengan sengaja jam makan yang terakhir dan menjadi dampak buruk, adalah meningkatkan kadar gula pada tubuh. Siapa sih yang menginginkan berbagai macam penyakit? Pastinya tidak ada yang menginginkan hal tersebut dan lebih memilih untuk menjalani hidup yang sehat.

Perlu anda ketahui, bahwa makan yang tidak teratur akan meningkatkan kadar glukosa didalam darah dan akan rentan terkena penyakit diabetes tipe-2. Untuk itu, selalu luangkan sedikit waktu untuk makan dan mengembalikan energi ke dalam tubuh anda sendiri. Itulah sederet dampak melewatkan jam makan yang harus diketahui.

Most Popular