31.6 C
Tangerang
Thursday, June 20, 2024
HomeHealthDampak Negatif Kurang Tidur yang Berbahaya, Mudah Sakit!

Dampak Negatif Kurang Tidur yang Berbahaya, Mudah Sakit!

Inajournal.com – Dampak kurang tidur itu sangat negatif bahkan bisa membahayakan kesehatan fisik hingga mental seseorang. Ternyata salah satu hal yang paling penting dan harus dipenuhi oleh seseorang adalah jadwal tidurnya. Jika jadwal tidur seseorang normal kehidupan sehari-harinya pun normal. Mungkin hal ini Terdengar sangat remeh dan tidak perlu disebutkan karena pasti dilakukan setiap hari.

Tetapi, tahu tidak? Belum tentu setiap orang bisa memiliki waktu tidur dengan normal. Padatnya kegiatan yang dilakoni bisa membuat seseorang hanya memiliki waktu tidur beberapa jam saja. Dikarenakan jadwal tidur yang tidak cukup dan tidak seimbang dengan kegiatan yang dilakukan setiap hari pasti memberikan dampak yang luar biasa negatifnya untuk tubuh.

Mulai dari pria ataupun wanita, fisik atau mental bahkan kesehatan kulit pun bisa ikut terganggu jika jadwal tidur terganggu. Langsung saja kalau gitu ketahui dampak-dampaknya seperti penjelasan berikut ini.

Ini Dia Dampak Kurang Tidur yang Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan

Dampak-Kurang-Tidur

     1. Emosi Tidak Stabil

Dampak kurang tidur yang sangat membahayakan kesehatan yaitu bisa membuat Emosi tidak stabil. Kekurangan waktu tidur itu bisa berdampak kepada suasana hati seseorang. Dan biasanya kurang tidur bisa menyebabkan emosi menjadi tidak stabil, hingga lebih mudah merasa marah dan untuk sesuatu permasalahan yang kecil selalu dipenuhi dengan emosi.

Jam tidur yang terlalu minimal bisa menemukan rasa stres sehingga menyebabkan suasana hati mudah berubah-ubah. Oleh karena itu Mama pastikan tubuh mendapat istirahat yang cukup hingga emosi akan menjadi lebih stabil lagi.

     2. Mudah Lapar

Lalu dampaknya juga bisa membuat kamu jadi mudah lapar, kamu tentu setuju bahwa orang yang kurang tidur di malam hari akan merasa mudah sekali lapar. Maka dari itu, muncul keinginan untuk banyak makan dan jika tidak segera diatasi pasti bisa meningkatkan potensi obesitas.

Hormon leptin yaitu hormon yang memberi informasi bahwa tubuh merasa kenyang produksinya turun saat tidak cukup tidur. Sebaliknya, produksi hormon juga bisa menyebabkan lapar yang meningkat hingga timbul keinginan untuk mengkonsumsi makanan.

     3. Berisiko Menjadi Pelupa

Kemudian juga dampaknya beresiko menjadi seseorang yang pelupa, selama ini kamu pasti pernah mengalami lupa janji lupa menaruh benda atau lupa mematikan lampu, betul? Kalau kamu mengalami hal itu, ada kemungkinan kamu perlu mengoreksi kualitas tidur.

Karena otak memproses seluruh informasi dan menyimpannya sebagai memori di saat seseorang sedang tidur. Kalau aktivitas Tidur itu terganggu maka, otomatis pembentukan memori juga malah tidak maksimal hingga menyebabkan seseorang menjadi pelupa.

     4. Menurunkan Kesehatan Kulit

Selanjutnya dampak orang yang kekurangan tidur itu bisa menurunkan kesehatan kulit, meskipun sudah menggunakan jenis Skin Care sekalipun. Mungkin banyak orang yang sudah menggunakan produk perawatan kulit, tetapi merasa tidak memerlukan banyak efek seperti yang diharapkan.

Dan setelah diteliti lebih lanjut nyatanya Skin Care tersebut tidak akan bekerja jika tidak diimbangi dengan gaya hidup yang sehat. Tiduran cukup padahal gaya hidup yang sehat dan faktanya kurang tidur menyebabkan tubuh merilis lebih banyak kortisol. Kortisol itu suatu hormon stres yang bisa merusak kolagen, kulit kehilangan elastisitas dan kelembutannya.

Maka dari itu, kamu harus memastikan mendapatkan cukup waktu untuk bisa tidur agar kesehatan kulit tetap terjaga. Kalau kamu merasa Skin Care yang kamu gunakan tidak ada reaksi sama sekali, pertama kali untuk kamu periksa yaitu jadwal tidur dahulu baru perhatikan kandungan Skin Care yang dibutuhkan oleh kulitmu atau tidak.

     5. Mudah Terserang Penyakit

Terakhir dampak kurang jam tidur yang sangat membahayakan kesehatan, yaitu bisa memberikan potensi terserang penyakit lebih tinggi. Tidak cukup tidur membawa dampak buruk dan lebih rentan terserang berbagai jenis penyakit. CDC telah melaporkan kurang tidur bisa menurunkan aktivitas sel-sel tertentu dalam sistem imunitas hingga meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskuler penyakit metabolik, kanker dan penyakit infeksius.

Kamu bisa saja menghindarinya tapi kamu harus berusaha untuk memperbaiki jadwal tidur lebih dulu supaya cukup dan teratur. Dengan begitu, kamu akan lebih sehat lagi dan merasakan hidup yang bahagia. Tidur yang cukup sesuai dengan durasi anjuran, hal itu bisa membantu menjaga kualitas kesehatan tubuh supaya tetap Prima. Kamu bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan lancar dan hati pun akan selalu bergembira. Itulah dampak kurang tidur yang berbahaya.

Dari kelima dampak di atas ternyata memang betul-betul membahayakan kesehatan seseorang dan kamu yang merasakan waktu tidur kurang, harus segera dibenahi supaya dampak di atas tidak akan kamu alami.

Most Popular