31.6 C
Tangerang
Friday, July 1, 2022
Home Lifestyle Dampak Negatif Mendramatisasi Hidup, Perbaiki Mulai Sekarang!

Dampak Negatif Mendramatisasi Hidup, Perbaiki Mulai Sekarang!

Inajournal.com – Hidup memang tidak lepas dari masalah, kesedihan menjadi hal yang lumrah dan akan selalu dialami oleh manusia tapi tidak lantas menjuluki diri paling menderita di muka bumi ini, karena persoalan yang datang tergantung bagaimana cara kamu menyikapi hal tersebut. Jadi agar tidak semakin memberatkanmu jangan ditambahi dengan mendramatisasinya, sebisa mungkin masalah kecil dihilangkan masalah besar diselesaikan karena keadaan akan semakin sulit jika hanya diratapi atau disesali. Mendramatisasi kehidupan juga memiliki dampak buruk, berikut ini dampak negatif mendramatisasi hidup.

Dampak Negatif Mendramatisasi Hidup Yang Sebaiknya Kamu Hindari

Dampak-Negatif-Mendramatisasi-Hidup

  1. Terbiasa Melebih-Lebihkan Masalah
    Yang pertama yaitu terbiasa untuk melebih-lebihkan masalah, orang yang suka mendramatisir hidup akan selalu menganggap masalahnya yang paling berat, masalah kecil dibesar-besarkan hingga merasa satu-satunya masalah besar dan penting hanya terjadi pada dirinya saja. Tidak mengklaim bawah orang lain bisa memiliki masalah yang lebih berat, sehingga masalah kecil yang harusnya dihadapi dengan tenang dan baik akhirnya jadi rumit. Jika kamu sering merasa terlalu berlebihan saat menghadapi masalah dan melebih-lebihkan masalah yang sedang kamu alami, sebaiknya mulai sekarang dikurangi dan sadari kalau hal seperti tidak baik, bahkan hanya menyulitkan dirimu. 
  2. Waktu Banyak Terbuang
    Dampak negatif mendramatisasi hidup yang selanjutnya yaitu waktu akan terbuang sia-sia, manusia tempatnya salah sehingga tidak perlu terlalu menyesali kesalahan yag sudah diperbuat karena mau bagaimanapun akan terus terjadi dan akan tetap terjadi. Oleh karena itu, waktumu akan terbuang sia-sia kalau terus berpikir kemalangan hanya terjadi padamu saja, semakin sering mempermasalahkan peristiwa  yang banyak drama justru akan menguras waktu dan tenaga karena masih ada hal yang lebih penting untuk dipikirkan. Maka dari itu jangan terus bernaung dalam kekhawatiran mengenai hal yang belum tentu akan terjadi, dari pada mengulur waktu mempermasalahkan yang seharusnya bisa kamu selesaikan dengan cepat, lebih baik kamu melakukan kegiatan lain yang bermandaat untuk dirimu sendiri. 
  3. Sulit Bahagia
    Orang yang sering mendramatisasi hidup akan sulit untuk bahagia, kebahagiaanmu merupakan tanggung jawab diri sendiri sehingga jika sering mendramatisasi segala hal akan membuatmu merasa kesulitan untuk menikmati hidup. Mendramatisasi hidup tidak akan pernah menyelesaikan masalah tapi justru akan semakin mengacaukan  hidupmu, jadi saat merasakan sedang terpuruk jangan langsung menjuluki diri sendiri dengan hal negatif, seperti orang tersial, tidak pernah beruntung atau merasa orang paling sedih di dunia ini. Cobalah untuk melihat sisi baiknya kalau semua proses itu akan berlalu, kamu juga harus membentuk opini positif tentang diri sendiri kalau hidupmu ke depan akan jauh lebih baik. Semakin kamu berpikiran negatif bisa saja hal tersebut terjadi, jadi tetaplah berpikir yang baik agar hidupmu lebih bahagia. 
  4. Semakin Memperburuk Keadaan
    Dampak negatif mendramatisasi hidup yang selanjutnya yaitu semakin memperburuk keadaanmu, pada dasarnya setiap masalah jika kamu menghadapinya dengan baik dan positif tentunya akan berakhir dengan baik juga. Tapi jika kamu distract dengan negatif justru akan semakin memperburuk keadaan karena hanya fokus pada penderitaan dan kesedihan yang kamu rasakan, jika kamu mengetahui masalah berat maka sebaiknya segera selesaikan karena jika semakin mendramatisasi masalah tersebut akan semakin jadi beban bagi kamu. Kamu harus sadar kalau dengan fokus pada penderitaan dan kesedihan yang kamu rasakan justru akan membuatmu semakin berlarut dan ujung-ujungnya kamu bisa stress sendiri karena berlarut dengan kesedihan. 
  5. Mudah Tertekan
    Selanjutnya yaitu mudah tertekan, yang harus kamu ingat hidup ini sebenarnya simple walaupun tidak berjalan sesuai dengan harapan. Jangan langsung terburu-buru mematok kalau hidupmu akan seterusnya buruk, karena memikirkan hal secara berlebihan justru akan membuatmu mudah tertekan terlebih lagi kalau ternyata hidupmu tidaklah sesulit yang dibayangkan. Maka dari itu, berhenti untuk menduga-duga hal yang tidak pasti, memang tidak dapat dipungkiri kalau masalah akan teru datang silih berganti dan jalan satu-satunya kamu harus menghadapi dan menyelesaikan masalah tersebut dengan tenang agar hasilnya juga baik dan sesuai dengan keinginankamu. Kalau sudah terbiasa menghadapi masalah tanpa mendramatisasi kamu akan jadi orang yang tidak mudah tertekan dan akan lebih mudah untuk menyelesaikan masalah yang datang 

 

Most Popular