31.6 C
Tangerang
Sunday, September 25, 2022
Home Travel Destinasi Wisata Di Lamongan, Catat Untuk Liburan Akhir Pekan

Destinasi Wisata Di Lamongan, Catat Untuk Liburan Akhir Pekan

inajournal.com – Lamongan jadi salah satu kabupaten yang menarik untuk dikunjungi, tidak hanya terkenal dengan kulinernya yang lezat dan bikin nagih semua. Di Lamongan juga memiliki beragam destinasi wisata yang sayang untuk kamu kunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata taman bermain yang menarik untuk tempat liburan. Apalagi buat kamu yang kampung halamannya di Lamongan, mungkin bingung ingin berkunjung ke mana untuk menghabiskan waktu liburan. Berikut ini ada beberapa rekomendasi destinasi wisata di Lamongan yang asik buat menghabiskan waktu liburan di akhir pekan.

Destinasi Wisata Di Lamongan Yang Seru Dan Wajib Kamu Kunjungi!

Wisata Bahari Lamongan

Yang pertama yaitu Wisata Bahari Lamongan atau yang disingkat dengan WBL, tempat ini merupakan salah satu ikon wisata yang ada di Kabupaten Lamongan. Taman bermain dengan puluhan wisata seru ini berlokasi di Kecamatan Paciran, Jalur Pantai Utara antara Tuban- Surabaya.

Tempat ini tentunya sangat cocok dijadikan tujuan wisata keluarga, karena permainan yang tersedia di sini hampir seluruh range usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bisa bermain ditempat ini. Di antaranya museum edukasi, mainan anak-anaka, waterpark, hingga wahana ekstrim yang membuat spot jantung, WBL sendiri beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 16.30 WIB.

Mazola

Tempat wisata selanjutnya yang wajib kamu kunjungi yaitu Mazola yang merupakan singkatan dari Maharani Zoo and Goa Lamongan. Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan sarana edukasi, konservasi dan rekreasi yang memadukan kebun binatang dengan goa. Karena letaknya yang masih satu kompleks dengan WBL, biasanya pengunjung akan diberikan pilihan untuk membeli tiket secara langsung ke dua destinasi tersebut.

Mazola sendiri menawarkan berbagai keindahan interior Goa Maharani yang sangat eksotis dan cocok untuk kamu yang senang foto-foto, tidak hanya itu saja tapi di sini juga merupakan kebun binatang yang memiliki luas tiga hektar dan terdapat sekitar 115 jenis hewan. Mulai dari spesies endemik asli Indonesia hingga hewan yang berasal dari luar negeri.

Gunung Pegat

Yang selanjutnya yaitu Gunung Pegat yang tidak kalah populer di Lamongan, dalam bahasa Jawa sendiri pegat memiliki arti pisah atau bercerai. Dinamakan Gunung Pegat karena beredar mitos jika sepasang kekasih datang ke tempat ini, maka hubungannya akan kandas.

Gunung yang memiliki keindahan ini terdiri dari bukit kapur dan letaknya ada di Desa Karang Kembang, Kecamatan Babat, Lamongan yaitu sekitar 5 kilometer dari pusat Kecamatan Babat, Lamongan. Untuk bisa masuk ke Gunung Pegat ini, tidak ada biasa alias bisa kamu kunjungi secara gratis. Tidak hanya bisa menikmati keindahannya saja, jangan lewatkan untuk mengambil foto-foto dengan latar belakang indah di sini.

Gunung Ratu

Masih daerah pegunungan, Gunung Ratu juga jadi salah satu destinasi wisata yang sayang untuk kamu lewatkan. Gunung Ratu sendiri merupakan tempat yang sarat akan cinta sejarah karena dipercaya sebagai tempat lahirnya Gajah Mada dan lokasi pengasingan Dewi Andong Sari yang merupakan ibundanya.

Untuk berkunjung ke sini, kamu harus melalui anak tangga yang cukup panjang dan terjal, sehingga kamu harus menyiapkan stamina yang prima terlebih dahulu. Gunung Ratu sendiri letaknya ada di Desa Cancing, Kecamatan Ngimnbang, Lamongan, tepatnya ada di sekitar 3 kilometer ke arah timur dari Kantor Koramil Kecamatan Ngimbang.

Wisata Pohon Trinil

Dan terakhir, kamu bisa berkunjung ke Wisata Pohon Trinil yang memiliki kisah unik. karena ditemukan secara tidak sengaja oleh salah satu warga di Lamongan pada pertengahan bulan Juli tahun 2017 lalu. Akar pohon ini memang sering dimanfaatkan sebagai tali ikan untuk hewan ternak, tapi tidak pernah ada pohon yang memiliki ukuran sebesar ini. Setelah fotonya menjadi viral di sosial media, tempat ini langsung ramai dikunjungi oleh warga yang penasaran dengan keindahan dan pemandangannya.

Sampai akhirnya pohon yang ada di wilayah Perhutani Lembor dengan luas 6,3 hektar ini dijadikan objek wisata. Tepatnya ada di Dusun Wide, Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan. Untuk operasionalnya dilakukan secara swadaya oleh penduduk dan Karang Taruna Dusun Wide, bekerja sama dengan Perhutani. Dari beberapa destinasi wisata di Lamongan yang sudah disebutkan. Mana yang menarik untuk kamu kunjungi?

Most Popular