31.6 C
Tangerang
Tuesday, October 26, 2021
Home Health Efek Samping Pil KB Paling Berbahaya Untuk Perempuan

Efek Samping Pil KB Paling Berbahaya Untuk Perempuan

Inajournal.com – Ternyata banyak sekali efek samping Pil KB itu banyak yang bahaya dan tidak boleh untuk diabaikan, maka konsultasikan sebelum menggunakannya. Tahu tidak? Kalau Konsumsi Pil KB itu banyak sekali yang mengidap efek samping dengan kasus terbanyak. Pil KB menjadi pilihan bagi banyak pasangan suami dan istri untuk menunda memiliki momongan atau menyediakan jarak kelahiran. Pada umumnya Pil KB ini sangat efektif untuk diminum sesuai dengan petunjuk dan pada waktu yang tepat. 

Namun, sebetulnya tidak semua perempuan yang cocok untuk pil KB. Meskipun cukup efektif dalam mencegah kehamilan yakni pil KB sering berikan efek samping tidak nyaman bagi perempuan dan beberapa ataata tidak boleh untuk diabaikan. Bahkan disarankan untuk konsultasikan dengan dokter dahulu dalam antisipasi. Ketika kamu mengalaminya segera periksakan ke dokter dengan kondisimu yang seperti itu setelah mengkonsumsi pil KB. Meskipun efektif dalam cegah kehamilan, tetapi pil KB ini sering sekali berikan efek samping yang tidak nyaman bagi perempuan dan beberapa diantaranya. Maka dari itu, tidak boleh yang namanya untuk kamu abaikan. Langsung saja kalau begitu cari tahu beberapa efek samping yang membahayakan diri kamu ketika mengkonsumsi pil Kb. 

Daftar Efek Samping Pil KB yang Perlu Anda Waspadai

  1. Tromboemboli Vena
    Tromboemboli vena atau yang ku iga banyak dikenal sebagai blood clot merupakan salah satu efek samping. Tetapi memiliki potensi serius dari Pil KB. Riskonya meningkatkan pada perempuan yang merokok dan berusia lebih dari 35 tahun. Tromboemboli vena biasanya terjadi di kaki bagian bawah dan dikenal deep vein. Apabila mencapai paru-paru basah ini bisa berakibatkan fatal, selain warna merah kebiruan pada kaki. Efeknya seperti nyeri betis kaki bagian bawah bengkak. Ketika kamu mengalaminya segera periksakan ke dokter dengan kondisimu yang seperti itu setelah mengkonsumsi pil KB. Jangan mengabaikan efek yang satu ini!
  2. Terus Merasa Murung
    Pil KB menyebabakan ketidak seimbangan kadar hormon seks estrogen dan progesteron. Dapat mempengaruhi fungsi otak dan memicu perubahan suasana hati. terjadinya efek psikologi seperti depresi kecemasan dan kelelahan akibat penggunaan kontrasepsi hormonal. Bagi perempuan yang menjalani untuk atasi kecemasan stres atau depresi ini wajib berhati-hati. Sangat disarankan untuk konsultasi dengan dokter menggunakan Pil KB. Bahkan disarankan untuk konsultasikan dengan dokter dahulu dalam antisipasi. Ketika kamu mengalaminya segera periksakan ke dokter dengan kondisimu yang seperti itu setelah mengkonsumsi pil KB. Jangan mengabaikan efek yang satu ini!
  3. Migrain
    Bagi beberapa perempuan, Pil KB dapat memicu migrain parah yang terjadi karena penurunan kadar estrogen. Bagi perempuan yang sebelumnya sudah memiliki masalah migrain, Pil KB dapat memperburukan. Lebih jauh, perempuan mengalami migrain dengan penglihatan kabur. Kehilangan penglibhatan semnetara seperti melihat lampu yang berkedipu atau garis zigzag yang mengkonsumsi Pil KB. Ketika kamu mengalaminya segera periksakan ke dokter dengan kondisimu yang seperti itu setelah mengkonsumsi pil KB. Jangan mengabaikan efek yang satu ini!
  4. Infeksi Jamur Vagina
    Pil KB juga ternyata bisa memicu infeksi jamur kandidat pada beberapa perempuan. Juga pada perempuan yang memiliki masalah kesehatan. Seperti diabetes yang tidak terkontrol dengan baik, diet tinggi gula atau alkohol atau sistem kekebalan yang lemah. Mungkin mengalami infeksi jamur bisa saja menjadi efek yang lebih parah. Ketika kamu mengalaminya segera periksakan ke dokter dengan kondisimu yang seperti itu setelah mEfek-Samping-Pil-KBengkonsumsi pil KB. Jangan mengabaikan efek yang satu ini!
  5. Rasa Sakit Ketika Berhubungan
    Efek samping Pil KB ini juga perlu anda waspadai karena bakal membuat anda tidak ada gairah untuk melakukan hubungan intim nantinya dengan suami. Pil KB juga bisa menyebabkan seks yang tidak nyaman dan nyeri panggul kronis. Masalah ini mungkin bisa saja disebabkan karena penurunan estrogen. Jika kamu merasakan ketidaknyamanan ini bisa dibicarakan dengan dokter yang memastikan kalau kamu ini memiliki fibroid atau endometriosis. Ketika kamu mengalaminya segera periksakan ke dokter dengan kondisimu yang seperti itu setelah mengkonsumsi pil KB. Jangan mengabaikan efek yang satu ini!

Most Popular