31.6 C
Tangerang
Monday, August 8, 2022
Home Lifestyle Etika di Lingkungan Baru Ketika Bertetangga, Hati-hati dalam Bersikap!

Etika di Lingkungan Baru Ketika Bertetangga, Hati-hati dalam Bersikap!

Inajournal.com – Banyak sekali hal yang tidak terduga dan bisa saja terjadi, salah satunya yakni jika tiba perlu pindah tempat tinggal ke tempat yang baru. Entah karena soal pendidikan, pekerjaan bahkan memang pindah rumah satu keluarga yang perlu disesuaikan diri dengan lingkungan yang baru di sana.Salah satunya yakni perlu berbaur dan memiliki etika di lingkungan baru dengan baik ketika bertetangga. 

 

Karena pada dasarnya ini kita itu hidup berdampingan dengan orang lain yang wajib hukumnya untuk berbaur satu sama lain dengan menerapkan etika yang baik. Kalau kamu orangnya tidak suka menyapa, peduli dan membantu hal ini sangat buruk di mata masyarakat. Maka dari itu kamu perlu tahu dahulu etika apa saja yang perlu kamu lakukan dan terapkan ketika bertetangga dengan baik. 

 

Tidak semua orang itu suka dengan gaya paling kepo kamu dan seolah tanpa batasan. Meski harus dekat tapi kamu butuh ada jaraka demi tidak menimbulkan omongan yang tidak enak dengan tetangga lainnya. Kalau kamu ingin dinilai baik dengan tetangga awali dulu sikapmu dengan baik kepada tetangga! Langsung saja kalau begitu cari tahu etikanya yang perlu kamu miliki dalam bertetangga di lingkungan baru seperti berikut.

 

Etika di Lingkungan Baru dalam Bertetangga yang Perlu Kamu Lakukan

Etika-di-Lingkungan-Baru

  1. Tanda Perkenalan dengan Berikan Bingkisan
    Etika di lingkungan baru dalam bertetangga yang bisa kamu lakukan yakni bisa dengan berikan bingkisan sebagai tanda kenalan. Hal ini merupakan etika juga yang sangat mendasar dan memang biasa dilakukan ketika datang ke tempat baru. Mana saja sikapmu ini akan terlihat ramah dan buktikan kalau kamu ingin berbaur dengan tetangga serta berkenalan dengan para tetangga. Tidak hanya itu saja, namun mereka ini jadi tahu siapa saja orang yang baru saja pindah dan masuk kedalam lingkungan mereka.
  2. Jangan Asal Ikut Nimbrung kalau Tidak Diajak
    Etika yang kedua ini ketika bertetangga di lingkungan jangan pernah untuk sembarangan ikut campur dalam obrolan orang lain. Bukannya mereka ini tidak ingin kamu berbaur namun perlu adanya waktu dalam beradaptasi dengan orang yang baru. Sebagaimana dirimu yang mungkin saja isi kalau ada orang yang asing dan tiba-tiba ikut campur dengan tetanggamu maka juga sama halnya begitu. Jadi, cukup siapa saja mereka ini dan ikutlah mengobrol jika memang mereka mengajakmu untuk mengobrol bersama dan ingin berbaur.
  3. Datangilah Acara Tetanggamu Jika Diundang
    Jika kamu baru saja pindah ke tempat baru, maka jangan terus mengurung diri di rumah. Apalagi jika tetanggamu ini sedang mengadakan acara. karena etika lainnya perlu kau ketahui karena datang ke acara tetanggamu jika memang diundang. Entah itu acara ulang tahun, tahun baruan, perayaan hari besar atau acara lainnya yang memang mengundangmu untuk ikut hadir disana. Sempatkan untuk hadir meski hanya sebentar saja disana, karena hal ini sebagai upaya untuk bersosialisasi dengan orang disekitarmu supaya tidak ada yang mengira kalau kamu ini orang yang sombong.
  4. Tidak Bersikap Sembarangan Masuk Kerumah Orang
    Etika dalam bertetangga ini memang sikap yang tidak boleh dalam berkelakukan sembarangan sata berkunjung kerumah tetangga. Jika kamu ini diundang dan juga diajak kerumah tetangga maka coba jagalah sikap dengan sangat baik. Tidak peduli jika tetanggamu ini lebih muda atau lebih tua bahakan sebaya sekalipun, etika satu ini perlu dipegang teguh dalam berteman. Karena dekat dan akrab dengan tetangga tentu perlu ditunjukkan bagaimanapun caranya dengan menghargai mereka.
  5. Tahu Diri dalam Minta Tolong
    Memang sudah fitrahnya kalau manusia untuk saling membantu dan jika ada yang butuhkan kamu perlu tahu diri kalau minta tolong di lingkungan barumu. Jangan mentang-mentang usianya ini sebaya lalu terasa enteng dan minta tolong banyak hal. Mereka ini menolong karena baik jadi hargai kebaikan mereka dengan tidak untuk memanfaatkannya. Hal ini sebagai etika dalam bertetangga dan sebetulnya paling dasar tapi sering dilupakan orang hingga buat tetangga tidak nyaman. Etika di lingkungan baru ini perlu kamu jaga dengan baik dan tidak boleh berkelakuan aneh yang merugikan diri sendiri kelak.

Most Popular