31.6 C
Tangerang
Thursday, August 11, 2022
Home Travel Fakta Menarik Tugu Lonceng Di Bogor, Banyak Kisah Mistisnya

Fakta Menarik Tugu Lonceng Di Bogor, Banyak Kisah Mistisnya

Tidak banyak yang mengetahui fakta menarik Tugu Lonceng yang ada di Bogor, kota Bogor atau yang lebih dikenal sebagai kota hujan ini memang memiliki banyak tempat bersejarah yang wajib kamu kunjungi. Bogor memang menjadi salah satu kota favorit banyak orang untuk berlibur karena selain dekat juga memiliki suasana yang sejuk sehingga membuat banyak orang yang berkunjung merasa nyaman dan betah berlama lama di kota hujan ini. Tidak hanya puncak Bogor saja yang populer, di Bogor juga memiliki destinasi wisata menarik untuk dikunjungi, seperti salah satunya tempat bersejarah.

Seperti yang diketahui, Indonesia memang pernah dijajah oleh beberapa Negara, karena pernah dijajah sehingga banyak tempat sejarah di Indonesia yang tersebar di berbagai daerah. Di bogor pun memiliki tempat bersejarah yang dibalik tempat tersebut memiliki kisah seram, museum atau candi mungkin sudah sering kamu dengan, tempat yang satu ini bernama Tugu Lonceng yang letaknya tidak jauh dari stasiun Cilebut, Kota Bogor. Ternyata dibalik Tugu ini ada kisah dan sejarah yang sampai saat ini belum dapat diungkapkan kebenarannya, apa saja fakta nya? Berikut ini beberapa fakta dari Tugu Lonceng.

Fakta Menarik Tugu Lonceng Di Bogor Yang Bekas Peninggalan Belanda

Fakta menarik Tugu Lonceng

1. Benda Peninggalan Zaman Belanda

Bangunan tua ini ternyata merupakan salah satu peninggalan Belanda yang sudah dibangun ratusan tahun yang lalu. Pada zaman dahulu bangunan ini digunakan sebagai tanda waktu kerja untuk pekerja kebun karet di sana yang diawasi oleh tentara Belanda, usia lonceng tersebut memang sudah sangat tua bahkan bangunannya sudah mulai rapuh dan using. Menurut cerita yang beredar, Tugu Lonceng ini pada tahun 1986 tersambar petir sehingga membuat bangunan tua ini menjadi rusak, dulunya terdapat tangki air di puncak atas tugu tersebut.

2. Nama Yang Tidak Sesuai Kenyataan

Fakta menarik Tugu Lonceng selanjutnya yaitu namanya tidak sesuai dengan kenyataan, mendengar namanya Tugu Lonceng pasti yang terbayang ada sebuah lonceng yang menggantung di bangunan tersebut. Nyatanya tidak ada lonceng apapun di tugu tersebut, menurut kisahnya lonceng itu sudah hilang entah kemana dan kini hanya tersisa bangunan yang mulai rapuh.

3. Lokasi Yang Tidak Terjamah Oleh Banyak Orang

Tugu Lonceng ini berlokasi di dekat stasiun KRL Cilebut, Kec Sukaraja, Kab Bogor, tepatnya ada di sebelah timur Jalan Pendidikan. Posisi tugu ini berada di kawasan padang rumput membuatnya tidak mencolok sehingga tampak seperti terisolir, ditambah pagar beton yang mengelilinginya menjadikan tempat ini semakin tertutup, oleh karena itu kondisi ini yang membuat Tugu Lonceng jarang dikunjungi banyak orang.

4. Tidak Ada Petunjuk Arah Yang Jelas

Fakta menarik Tugu Lonceng selanjutnya selain lokasi yang tertutup juga tidak ada petunjuk arah yang jelas untuk menuju Tugu Lonceng ini. Hanya ada sebuah papan petunjuk yang mengarah kesana tapi justru memberikan informasi yang salah, dari papan tersebut memberi tahu kalau jarak Tugu Lonceng tidak jauh dna hanya sekitar 15 meter, hal ini sering sekali membuat orang yang ingin berkunjung merasa bingung.

5. Banyak Kisah Mistis

Sama seperti benda atau bangunan peninggalan Belanda yang memiliki kisah mistis dibaliknya, Tugu Lonceng juga memiliki kisah mistis yang sudah diketahui oleh banyak warga sekitar. Menjadi bangunan peninggalan sejarah yang sudah sangat lama, banyak kisah mistis yang menyelimuti tugu ini, konon katanya sering muncul penampakan noni Belanda berbaju merah yang duduk di antara pilar pilar bangunan tersebut, selain itu di malam hari juga sering terdengar bunyi lonceng dan langkah kaki kereta kuda.

6. Kurang Perhatian Dari Pemerintah

Fakta menarik Tugu Lonceng ternyata peninggalan sejarah ini kurang perhatian dari pemerintah, ada banyak benda bersejarah yang mendapat perhatian dari pemerintah. Sayangnya Tugu Lonceng ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah, sehingga dibiarkan rusak begitu saja dan bahkan bangunan ini hampir hancur termakan oleh waktu, informasi mengenai tugu memang sangat sedikit, padahal Tugu Lonceng juga menjadi salah satu bukti sejarah perjalanan bangsa Indonesia yang perlu dilestarikan, bahkan sejarah Tugu Lonceng hampir hilang.

Most Popular