31.6 C
Tangerang
Thursday, August 18, 2022
Home Beauty Faktor Utama Penyebab Rambut Rontok Yang Mungkin Saja Kamu Belum Sadar Sampai...

Faktor Utama Penyebab Rambut Rontok Yang Mungkin Saja Kamu Belum Sadar Sampai Sekarang!

Semua manusia tentu saja ingin memiliki rambut yang sehat dan indah. Namun ada kalanya rambut menjadi rapuh dan mudah sekali rontok apasih penyebab rambut rontok sebenarnya? Semua masalah rambut pasti disebabkan oleh beberapa hal salah satunya adalah faktor dari kecerobohan diri sendiri yang malas merawat rambut. Karena jika ingin mendapatkan rambut yang sehat dan tentu membutuhkan usaha yang kuat untuk menjaganya.

Untuk dapat mengatasi masalah rambut rontok maka anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Karena jika anda sudah mengetahui apa saja faktor penyebabnya maka anda akan lebih waspada akan kesalahan yang bisa saja membuat rambut kembali rontok. Untuk itu berikut ini akan dijelaskan apa saja Penyebab Rambut Rontok dan bagaimana cara mengatasinya.

Beberapa Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya

Shampo

Shampo

Faktor penyebab kerontokan rambut yang pertama disebabkan oleh shampo. Kebanyakan iklan yang ada di tv tentu menggambar seorang model yang memiliki rambut sehat dan mengkilap. Hal tersebut membuat beberapa orang juga ingin menggunakan shampo tersebut. Namun tidak semua jenis shampo bisa cocok dengan semua jenis rambut.

Pada dasarnya setiap orang pasti memiliki jenis rambut yang berbeda-beda satu sama lain. Untuk mengatasi rambut rontok maka anda bisa menggunakan shampo yang ringan dan tidak banyak mengandung bahan kimia. Karena jika anda menggunakan shampo yang keras dan tidak dibuat untuk jenis rambut anda maka hal tersebut yang menjadi pemicu rambut rontok.

Stres Fisik

Stres Fisik

Jika anda pernah mengalami cedera fisik tentu hal tersebut juga menyebabkan beberapa kerusakan pada proses pertumbuhan rambut alami dalam tubuh. Kondisi seperti ini disebut juga dengan telogen effluvium, suatu kondisi dimana ada seseorang yang mengalami rambut rontok sementara. Tentu saja penyebab rambut rontok tersebut terjadi sebagai salah satu siklus rambut dari fase istirahat ke fase tumbuh. Namun jangan khawatir karena rambut anda akan tetap tumbuh mengikuti proses pemulihan tubuh anda. Jadi jangan merasa takut menjadi botak karena rambut yang terus rontok ya.

Kehamilan

Kehamilan

Penyebab selanjutnya adalah kehamilan. Kenapa? karena kehamilan dapat membawa perubahan hormonal dalam tubuh dan ada beberapa tekanan fisik serta mental atau stress. Kondisi tersebut akan membuat bisa berdampak langsung pada pertumbuhan rambut seseorang. Akan tetapi hal ini hanya akan terjadi selama masa kehamilan saja dan akan terjadi sementara setelah anda melahirkan. Namun jika anda melakukan perawatan yang tepat pada masa kehamilan maka pertumbuhan rambut juga akan tetap terjaga dan terhindar dari kerontokan.

Terlalu Banyak Bereksperimen

Penyebab Rambut Rontok

Penyebab rambut rontok selanjutnya adalah karena terlalu banyak bereksperimen. Bereksperimen disini maksudnya adalah terlalu berlebihan dalam merawat rambut. Karena ada beberapa orang yang gemar sekali mewarnai rambut dan terus menggantinya sesering mungkin. Ada juga orang yang senang gonta-ganti gaya rambut, meluruskan rambut, dan mengeriting rambut.

Alat-alat styling rambut tersebut akan menghantarkan banyak panas sehingga rambut anda akan menjadi rapuh dan akhirnya mudah sekali rontok. Jika anda tidak ingin memiliki masalah rambut seperti kerontokan maka jangan terlalu banyak melakukan eksperimen pada rambut.

Trikotilomania

Penyebab Rambut Rontok

Trikotilomania sendiri mengacu pada suatu kondisi dimana seseorang memiliki kebiasaan buruk yaitu mencabuti rambut sendiri. Tentu saja kebiasaan buruk ini akan menyebabkan area tertentu di kulit kepala menjadi botak karena selalu dicabuti semua rambutnya. Kebiasaan buruk ini masih bisa dikendalikan sehingga rambut akan tumbuh kembali. Namun jika anda terus saja mencabuti rambut dengan sengaja maka hal tersebut bisa menyebabkan kebotakan secara permanen. Oleh karena itu sebisa mungkin jangan biasakan diri anda mencabuti rambut sendiri ya.

Alasan Genetik

Alasan Genetik

Faktor Penyebab Rambut Rontok yang terakhir adalah dikarenakan faktor genetik. Faktor genetik atau faktor keturunan juga turut terlibat dalam pertumbuhan dan pemeliharaan rambut. Jika ada salah satu anggota keluarga anda, terutama orang tua anda yang memiliki riwayat rambut rontok dan botak maka kemungkinan besar anda juga akan mengalami hal yang sama. Namun anda bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa perawatan agar rambut menjadi kuat dan tidak mudah rontok.

Most Popular