31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Health Fungsi Lemak Untuk Tubuh Yang Sering Disepelekan, Ternyata Sangat Penting Banget Loh!

Fungsi Lemak Untuk Tubuh Yang Sering Disepelekan, Ternyata Sangat Penting Banget Loh!

Lemak merupakan musuh bebuyutan bagi sebagian orang, terutama wanita. Terlebih lagi bagi beberapa orang yang sedang berusaha dalam menurunkan berat badan. Jika mengkonsumsi makanan berlemak bagaikan melakukan sebuah dosa yang sulit untuk dimaafkan. Padahal, ada begitu banyak Fungsi Lemak Untuk Tubuh yang perlu anda ketahui. Lemak yang ada di dalam makanan bukan tanpa sebuah fungsi atau peran yang penting untuk kesehatan tubuh manusia. Tanpa kita sadar, lemaklah yang membantu kita melakukan segala aktivitas sehari-hari.

Pada saat duduk di bangku sekolah dasar, anda mungkin sudah mendengar berbagai fungsi lemak, salah satunya adalah sebagai cadangan energi. Namun, fungsi lemak tidak hanya sebatas untuk cadangan energi saja. Sebagai zat gizi makro bersama dengan karbohidrat dan protein, ternyata ada berbagai macam fungsi lemak yang sangat penting untuk tubuh. Menurut beberapa ahli gizi, zat gizi makro ini akan menyusun struktur dan komponen sel yang bahkan mengangkut vitamin ke dalam usus. Agar lebih jelas, berikut berbagai manfaat lemak untuk kesehatan tubuh.

Berbagai Fungsi Lemak Untuk Tubuh Yang Patut Anda Ketahui

Menyediakan Energi

Fungsi Lemak Untuk Tubuh

Lemak sebagai salah satu zat gizi makro dinilai mampu menyediakan energi agar anda dapat menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari. Yang perlu anda ketahui bahwa lemak dapat memberikan kalori sebanyak 9 kalori dalam 1 gram lemak. Jumlah tersebut dinilai lebih tinggi dibandingkan dengan karbohidrat dan protein yang sama-sama hanya memberikan 4 kalori dalam 1 gram lemak. Apabila ada lemak berlebih di dalam tubuh maka akan tersimpan dalam jaringan lemak dan saat tubuh membutuhkan energi, asam lemak pun akan dilepaskan.

Menyusun Struktur dan Komponen Sel

sel manusia

Fungsi Lemak Untuk Tubuh selanjutnya adalah menyusun struktur dan komponen sel di dalam tubuh. Sebagian besar membran sel tersusun dari fosfolipid, trigliserida dan juga kolesterol. Membran-membran tersebut yang memisahkan bagian dalam sel dengan area luarnya. Tidak hanya itu, membran sel juga dapat mengendalikan pergerakan zat ke dalam dan ke luar sel. Kejenuhan dan panjang dari asam lemak dari membran fosfolipid dan trigliserida dapat mempengaruhi penyusunan membran dan kemampuan mengalirnya membran.

Dengan begitu, membran sel akan jauh lebih fleksibel apabila asam lemak lebih pendek dan semakin tak jenuh. Selain itum kelenturan tersebut juga dapat mempengaruhi berbagai proses internal tubuh, seperti endositosis yaitu pemindahan molekul ke dalam sel. Selain itu, sebanyak 60% otak manusia terdiri dari lemak. Begitu juga retina mata yang memiliki konsentrasi asam lemak DHA atau docosahexaenoic.

Memulihkan Luka dan Peradangan

Luka dan Peradangan

Tubuh sangat membutuhkan asam lemak tak jenuh seperti linoleic acid atau LA dan alpha linolenic acid atau ALA yang akan berperan dalam pemulihan peradangan, penyembuhan terhadap luka dan juga pembekuan darah. Sebenarnya, bentuk asam lemak yang lebih panjang seperti DHA dan EPA (eicosapentaenoic acid dapat diubah menjadi ALA atau LA. Akan tetapi, dalam pengubahan asam lemak tersebut bisa dikatakan cukup terbatas. Sehingga sangat disarankan agar anda mengkonsumsinya dari makanan sehat.

Mengangkut Vitamin

Vitamin

Fungsi Lemak Untuk Tubuh yang terakhir adalah mampu mengangkut vitamin lebih baik. Tahukah anda bahwa berbagai vitamin yang anda dapatkan dari buah dan sayuran tidak akan bisa diserap oleh tubuh jika bukan karena fungsi lemak. Oleh sebab itu, lemak memiliki peran penting dalam pengangkutan vitamin A, D, E dan juga K yang bisa larut dalam lemak. Sehingga dapat membantu proses penyerapan di dalam usus. Anda bisa mengkonsumsi makanan bervitamin dan mengandung lemak yang dapat mengoptimalkan absorpsi zat gizi mikro tersebut.

Most Popular