31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Health Gak Cuma Bikin Sedap Masakan! 6 Manfaat Daun Jeruk Purut Yang Lain

Gak Cuma Bikin Sedap Masakan! 6 Manfaat Daun Jeruk Purut Yang Lain

Manfaat daun jeruk purut ternyata sangat baik untuk kesehatan, daun jeruk purut biasanya digunakan untuk berbagai masakan karena memberikan aroma dan rasa yang membuat masakan tersebut semakin sedap. Tak hanya daunnya, buahnya pun sering digunakan untuk membuat masakan atau minuman, buah jeruk purut memiliki kandungan vitamin C, anti inflamasi, kalium, kalsium dan masih banyak vitamin lainnya yang terkandung dalam buah jeruk purut ini.

Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat namun juga ada banyak manfaat lain dari daunnya, menjaga kesehatan bisa dengan berbagai macam bahan bahan alami. Seperti salah satunya dengan menggunakan daun jeruk purut ini, apa saja manfaatnya? Ini dia penjelasannya.

Manfaat Daun Jeruk Purut Yang Baik Untuk Kesehatan

daun jeruk purut

1. Membunuh Bakteri Penyebab Penyakit

Pada sebuah penelitian di laboratorium, daun jeruk purut memiliki kandungan minyak atsiri yang memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri E.Coli dan S.Aureus. Bakteri E.Coli merupakan penyebab utama diare yang sering terjadi, bateri ini juga bisa mengakibatkan infeksi saluran kemih ataupun pneumonia bakteri, sedangkan S.Aureus merupakan bakteri yang menyebabkan terjadinya bisul di kulit, serta selulitis. Bakteri tersebut dapat menimbulkan beberapa infeksi yang lebih parah seperti pneumonia, infeksi aliran darah dan endocarditis.

2. Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat daun jeruk purut yang selanjutnya yaitu bisa menjaga kesehatan gigi, ekstrak daun dari buah jeruk purut ini sudah banyak digunakan sebagai campuran beberapa pasta gigi organic. Ekstrak daun jeruk purut dianggap mampu menyehatkan rongga mulut, daun ini juga bisa mengurangi penumpukan bakteri yang ada di rongga mulut yang menjadi pemicu berbagai masalah pada gigi dan gusi.

3. Meredakan Peradangan

Siapa sangka ternyata daun jeruk purut bisa membantu meredakan peradangan pada sendi akibat rematik atau asam urat, kamu bisa mengoleskannya ekstrak daun jeruk di area yang sedang nyeri untuk meredakannya. Tapi perlu diingat kalau cara ini sebenarnya belum terbukti secara ilmiah, maka dari itu kamu juga perlu berhati hati mencobanya.

4. Menyehatkan Rambut

Manfaat daun jeruk purut yang selanjutnya yaitu mampu menyehatkan rambut, kamu pastinya ingin memiliki rambut yang sehat dan indah bukan? Ternyata kamu bisa mendapatkannya dari daun jeruk purut, hal ini memang belum banyak yang mengetahuinya, ternyata daun jeruk purut dipercaya banyak orang untuk menyehatkan rambut. Meskipun belum terbukti secara ilmiah, tapi secara tradisional dengan menggunakan perasan daun jeruk bisa mencegah ketombe, kerontokan dan membuat rambut kamu tampak berkilau.

5. Mengusir Nyamuk

Daun jeruk purut juga ternyata bisa mengusir nyamuk dan serangga, manfaat yang satu ini juga baik untuk kesehatan karena nyamuk bisa menyebabkan penyakit seperti demam berdarah, malaria, chikungunya. Pada sebuah uji coba yang dilakukan menggunakan ekstrak daun jeruk purut, larutan tersebut bersifat toksin atau beracun untuk nyamuk atau serangga. Kamu bisa menjadikan daun jeruk sebagai alternatif untuk mengusir nyamuk yang ada di rumah kamu.

6. Mencegah Penuaan Pada Kulit

Ekstrak daun jeruk purut juga dinilai bisa membantu mencegah penuaan pada kulit, manfaat daun jeruk purut ini cocok untuk para wanita yang ingin awet muda dan memiliki kulit yang kencang. Manfaat ini datang dari kandungan antioksidannya yang sangat tinggi, antioksidan ini dapat membantu menangkal paparan radikal bebas berlebih yang akan merusak sel sel di kulit, ketika sel di kulit rusak maka tanda penuaan seperti kerutan dan garis harus akan muncul, mungkin kamu bisa gunakan produk yang mengandung zat zat seperti yang ada di dalam daun jeruk purut.

Itu lah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan dari daun jeruk purut, namun perlu diingat manfaat ini belum 100% dilakukan pada manusia. Dan perhatikan pula efek samping penggunaan dari jeruk purut ini, jika kamu tidak cocok menggunakannya sebaiknya hentikan agar tidak semakin parah.

Most Popular