31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Health Gak Cuma Buahnya! Ini Dia Manfaat Daun Nangka Untuk Kesehatan

Gak Cuma Buahnya! Ini Dia Manfaat Daun Nangka Untuk Kesehatan

Ternyata ada banyak manfaat daun nangka untuk kesehatan yang tidak diketahui banyak orang, nangka termasuk kedalam jenis buah eksotis di Indonesia yang paling banyak digemari. Buah nangka memiliki aroma yang halus dan khas sama seperti buah durian, biasanya buah nangka dijadikan berbagai macam olahan, seperti kue buah nangka, puding nangka, kue tradisional yang berbahan nangka, nangka dan masih banyak lagi olahan buah nangka yang bisa kamu buat.

Tidak hanya buahnya saja yang memiliki rasa nikmat dan manfaat yang beragam, di dalam buah nangka sendiri memiliki berbagai kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin C, magnesium, potassium, tembaga, mangan, riboflavin, serat. Tidak hanya buahnya saja yang memiliki kandungan nutrisi baik, ternyata daun nangka juga memiliki kandungan aktif seperti senyawa flavonoid, saponin dan tanin. Daun dari tumbuhan nangka sering dimanfaatkan sebagai obat batuk, bisul, luka dan berbagai penyakit kulit lainnya, tidak hanya itu saja manfaat yang terkandung dalam daun nangka, berikut ini manfaat yang wajib kamu ketahui.

Ini Dia Manfaat Daun Nangka Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat daun nangka

1. Menghambat Pertumbuhan Bakteri Penyebab Infeksi

Antibakteri merupakan suatu zat yang mampu mengganggu pertumbuhan bakteri seperti tanaman herbal lainnya, dan daun buah nangka memiliki zat tersebut yang juga berkhasiat sebagai antibakteri. Menurut sebuah laporan pada tahun 2018, daun nangka sudah terbukti ampuh untuk menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus yaitu bakteri yang dapat menginfeksi tubuh manusia di bagian saluran pernapasan dan saluran pencernaan, hal ini karena kandungan saponin, flavonoid dan tanin dalam daun nangka yang berperan sebagai antibakteri.

2. Menyembuhkan Luka Terbuka

Manfaat daun nangka selanjutnya dapat menyembuhkan luka terbuka, tidak hanya buahnya saja yang memiliki rasa yang lezat, tapi ternyata daun nangka juga dapat menyembuhkan luka dengan cepat. Hal ini tentunya sudah dilakukan penelitian terlebih dahulu, daun nangka memiliki kandungan flavonoid, tanin dan saponin yang mampu merangsang pertumbuhan sel baru pada luka terbuka, formulasi salep ekstrak etanol daun nangka yang diujikan pada kelinci sebagai hewan uji coba ternyata membuktikan kalau daun nangka cukup efektif untuk menyembuhkan luka terbuka. Kalau kamu terluka saat sedang di alam bebas, kamu bisa gunakan daun nangka sebagai alternatif.

3. Meredakan Inflamasi

Inflamasi atau peradangan merupakan suatu mekanisme tubuh dalam melindungi diri dari infeksi saat tubuh sedang mengalami hal seperti ini, mungkin saja tubuh sedang mengalami kerusakan karena mikroba atau bahan bahan toksik lainnya. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2019, salep yang mengandung ekstrak daun nangka pada konsentrasi 10 persen dan 15 persen memiliki efek antiinflamasi terhadap mencit sebagai hewan uji coba, senyawa flavonoid yang terkandung dalam daun nangka merupakan senyawa aktif yang memberikan efek antiinflamasi dalam penelitian pada daun nangka ini.

4. Meredakan Nyeri

Manfaat daun nangka yang lainnya yaitu memiliki efek analgesik yang merupakan obat pereda atau penghilang nyeri. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2019 menyebutkan kalau ekstrak etanol daun nangka memiliki efek analgesic tersebut, ada juga kandungan yang berperan sebagai agen analgesik yaitu flavonoid. Dalam penelitian yang sama juga menyebutkan kalau flavonoid yang terkandung di dalam daun nangka bekerja sebagai analgesik dengan melindungi membrane lipid dari kerusakan dan juga dapat menghambat enzim cyclooxygenase yang merupakan jalur pertama sintetis mediator nyeri seperti prostaglandin.

5. Menangkal Radikal Bebas

Daun nangka juga ternyata dapat menangkal radikal bebas, karena tanaman herbal ini memiliki efek antioksidan alami, menurut sebuah penelitian ekstrak etil asetat daun nangka memiliki efek yang dapat menangkal radikal bebas walaupun masih lebih kecil dari Vitamin C. Efek antioksidan bekerja tentunya berkat aktivitas dari senyawa saponin, flavonoid dan steroid.

6. Toleransi Glukosa

Manfaat daun nangka selanjutnya yaitu dapat me toleransi glukosa, ekstrak daun nangka membantu meningkatkan toleransi pada glukosa. Hal ini terbukti dari penelitian yang dilakukan pada hewan tikus diabetes dan non diabetes, dari hasil penelitian ini membuktikan daun nangka ternyata meningkatkan toleransi glukosa juga pada manusia.

Most Popular