31.6 C
Tangerang
Sunday, July 3, 2022
Home Health Gak Cuma Enak Dimakan! Berikut Manfaat Mangga Untuk Kesehatan Kulit

Gak Cuma Enak Dimakan! Berikut Manfaat Mangga Untuk Kesehatan Kulit

Inajournal.com – Mangga merupakan salah satu buah yang paling banyak disukai, mangga sendiri merupakan buah tropis yang telah dibudidayakan dan dikonsumsi di banyak negara di dunia , termasuk di Indonesia. Buah ini sendiri serat akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan, memasukan mangga dalam pola makan sehari-hari merupakan cara bagus untuk meningkatkan kesehatan kulit. Hal ini karena buah mangga dikemas dengan berbagai nutrisi yang penting untuk menjaga kulit tetap sehat, berikut ini manfaat mangga untuk kesehatan.

Manfaat Mangga Untuk Kesehatan Kulit, Kamu Wajib Tahu

Manfaat- Mangga-Untuk-Kesehatan

  1. Mengatasi Kerusakan Akibat Sinar Matahari
    Tahukah kamu kalau mangga memiliki kandungan beberapa jenis antioksidan yang mampu mengurangi kerusakan akibat sinar matahari pada kulit dengan mengurangi oksidasi sel kulit. Kendati tidak berfungsi sebagai tabir surya, namun antioksidan dan nutrisi lain yang ada di dalam buah mangga dapat mengurangi kerusakan secara signifikan. Tidak hanya itu saja, mangga juga mengandung vitamin C yang dapat mengurangi peradangan dan mengkonsumsi mangga secara teratur juga dapat mengatasi berbagai masalah kulit yang terkait dengan peradangan seperti salah satunya jerawat. Paparan sinar matahari sendiri dikenal dapat mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan, dalam sebuah jurnal membuktikan kalau makan mangga bermanfaat untuk mengurangi kerutan akibat sinar matahari.

  2. Membantu Pembentukan Kolagen
    Manfaat mangga untuk kesehatan kulit yang selanjutnya yaitu membantu pembentukan kolagen, kolagen sendiri merupakan protein yang sangat penting bagi kulit untuk mempertahankan integritas dan elastisitas strukturalnya. Masalah produksi kolagen ini bisa menyebabkan kulit bersisik dan luka sulit untuk sembuh, untuk meningkatkan pembentukan kolagen ini bisa dengan mengkonsumsi mangga secara rutin. Buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu dalam pembentukan kolagen, bagi yang ingin awet muda jangan lupa menambahkan buah mangga dalam menu sehari-hari kamu, pilih mangga yang manis, atau kalau suka yang asem bisa kamu jadikan rujak.

  3. Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan
    Yang selanjutnya yaitu mengurangi tanda-tanda penuaan, dalam sebuah jurnal menumjukkan bahwa vitamin E dan C bekerja sama auntuk melindungi kulit dari kerusaka lingkungan. Keduanya disimpan di dalam sel-sel kulit, ketika kulit terpapar polusi lingkungan, jumlah vitamin ini berkurang, jika vitamin E dan C yang hilang tidak digantikan, kulit akan menjadi lebih rentan pada kerusakan yang bisa menyebabkan penuaan dini. Selain itu vitamin C juga mendukung produksi kolagen yang dapat menghambat terbentuknya kerutan dan tanda-tanda penuaan yang lainnya, mangga sendiri merupakan sumber vitamin C dan E yang baik, oleh karena itu mengkonsumsi mangga secara teratur mampu membantu melindungi kulit dari akibat lingkungan dan sinar matahari.

  4. Mengurangi Resiko Kanker Kulit Dan Kanker Lainnya
    Manfaat mangga untuk kesehatan kulit yang selanjutnya yaitu mengurangi resiko kanker kulit dan kanker yang lainnya, polifenol merupakan bahan kimia yang disintesis secara alami oleh tanaman. Mangga sendiri memiliki kandungan polifenol mangiferin yang bersifat antioksidan, kernel, biji, dan kulit merupakan bagian mangga yag memiliki kandungan magniferin dalam konsentrasi tertinggi. Sedangkan bagian lainnya, yaitu daun, batang, dan kulit pohon juga memiliki kandungan magniferin, kandungan ini sendiri mengurangi resiko kanker kulit dan beberapa jenis kanker yang lainnya seperti kanker payudara, kanker usus besar hingga kanker serviks.

  5. Dapat Mengurangi Jerawat
    Manfaat yang selanjutnya yaitu buah mangga dapat mengurangi jerawat, dalam sebuah studi menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A dapat meningkatkan produksi protein keratin tubuh. Produksi keratin yang berlebihan ini kemudian akan memicu penyumbatan folikel rambut dan kelecaar keringat yang berkembang menjadi jerawat, mangga sendiri merupakan sumber vitamin A dalam jumlah tinggi. Maka dari itu, mengkonsumsi mangga secara teratur diyakini dapat mencegah dan mengatasi masalah kulit yang berjerawat, bagi kamu yang memiliki jerawat dan sulit hilang. Tidak ada salahnya untuk mencoba untuk mengkonsumsi mangga secara rutin, dari penjelasan di atas, sudah jelas manfaat mangga untuk kulit luar biasa sekali. Namun memang tidak cukup hanya dengan mengkonsumsi mangga, kamu juga harus mengimbangi dengan diet, olahraga dan tidur yang cukup.

Most Popular