31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Foodie Gak Cuma Pempek! Oleh Oleh Khas Palembang Yang Satu Ini Wajib Dicicipi

Gak Cuma Pempek! Oleh Oleh Khas Palembang Yang Satu Ini Wajib Dicicipi

Oleh oleh khas Palembang biasanya identik dengan pempek, ibukota dari Sumatera Selatan ini menjadi kota terbesar di Sumatera. Selain memiliki banyak destinasi wisata menarik, Palembang juga memiliki beragam kuliner yang khas dengan olahan ikan, jika kamu berkunjung ke Palembang banyak olahan kuliner yang menggunakan ikan, seperti yang sudah banyak diketahui pempek, tekwan dan masih banyak lagi kuliner lezat di Palembang.

Indonesia memang memiliki beragam kuliner dari berbagai daerah, dan salah satunya di Palembang yang memiliki beragam buah tangan yang sayang untuk dilewatkan. Biasanya banyak orang yang berkunjung ke Palembang hanya terpikir pempek, selain kuliner olahan ikan tersebut ada kuliner lain yang wajib kamu coba untuk dijadikan buah tangan.
Berikut ini beberapa rekomendasi oleh oleh dari Palembang yang bisa kamu cicipi dan tentunya dengan harga terjangkau dan mudah didapat.

Oleh Oleh Khas Palembang Yang Wajib Dicicipi

Kemplang

oleh oleh khas Palembang
Orang Sumatera tentunya sudah tidak asing dengan kerupuk yang satu ini. Kemplang merupakan kerupuk yang terbuat dari olahan ikan, biasanya kemplang ditemui di daerah Sumatera atau bangka. Kerupuk ini memiliki tekstur yang kasar dan renyah serta memiliki rasa ikan tenggiri yang gurih, biasanya kemplang dimakan menggunakan sambal gula merah, cabai dan asam jawa. Untuk harga yang dibandrol tergantung bahan yang digunakan dan ukuran kerupuk, ada beberapa ikan yang digunakan untuk membuat kemplang, seperti tenggiri atau gabus. Rasanya sangat enak dan cocok untuk cemilan saat di perjalanan.

Lempok Durian

Lempok Durian
Jika berkunjung ke Palembang, jangan lupa untuk mencicipi oleh oleh khas Palembang yang satu ini. Pecinta durian tentunya akan menyukai makanan manis dan legit ini, lempok durian bisa dibilang juga dodol, cara pembuatannya namun hanya bahan bakunya saja yang berbeda. Cara pembuatanya menggunakan kayu bakar dan dimasak dengan waktu yang lama.

Kue Maksuba

Kue Maksuba
Kue yang satu ini seperti kue lapis, biasanya di Palembang kue ini disajikan hanya pada acara khusus dan pada tamu tamu tertentu yang melambangkan penghormatan. Kue ini biasanya ada di acara pernikahan,lebaran, atau acara lainnya, jika ingin mencicipi kue ini bisa mencari di toko kue di daerah Palembang. Kue ini dibuat dengan bahan bahan yang sederhana namun memiliki cita rasa yang nikmat.

Kue Delapan Jam

Kue Delapan Jam
Oleh oleh khas Palembang ini sesuai dengan namanya,kue ini memang dibuat dengan waktu delapan jam lamanya. Bahan bakunya sendiri hampir sama dengan pembuatan kue maksuba, namun kue yang satu ini dimasak dengan cara dikukus. Banyak yang bilang semakin lama memasaknya akan menciptakan rasa yang semakin nikmat.

Sambal Lingkung

oleh oleh khas Palembang
Indonesia memiliki beragam jenis sambal unik dan enak, seperti kuliner khas Palembang yang satu ini. Sambal yang satu ini tidak seperti kebanyakan sambal lainnya yang menggunakan cabai, namun sambal ini tampak seperti abon. Sambal yang terbuat dari bahan dasar ikan ini memiliki rasa yang sangat enak.

Tempoyak

Tempoyak
Buat pecinta duren harus mencicipi oleh oleh khas Palembang yang satu ini, tempoyak dibuat dengan bahan dasar daging durian. Cita rasa durian yang lezat ditambah dengan pedasnya cabai membuat sambal ini sangat nikmat, pedas manis asam sangat cocok dimakan bersama nasi hangat lauk pauk serta kerupuk kemplang. Masyarakat Palembang ketika makan nasi tanpa sambal ini rasanya tidak afdol.

Most Popular