31.6 C
Tangerang
Thursday, December 8, 2022
Home Health Gak Cuma Susu! Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

Gak Cuma Susu! Makanan Yang Mengandung Kalsium Tinggi

inajournal.com – Selain susu, ternyata banyak makanan yang mengandung kalsium tinggi. Susu merupakan sumber kalsium yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh salah satunya gigi dan tulang, kalsium juga mencegah osteoporosis yaitu penyakit yang dapat menyebabkan patah tulang, selain itu kalsium juga sangat penting untuk fungsi otot dan membantu tubuh untuk mengatur sinyal saraf, pembekuan darah, dan denyut jantung. Dalam sehari perempuan dan laki laki dewasa harus mengkonsumsi 1.000 mg kalsium, dan untuk wanita hamil atau orang yang usianya lebih dari 50 tahun jumlah pengkonsumsiannya akan meningkat menjadi 1.200 mg per harinya.

Tapi sayangnya tidak semua orang menyukai susu, atau bahkan ada beberapa orang yang alergi terhadap susu. Maka dari itu kamu bisa mengkonsumsi makanan lain yang memiliki kandungan kalsium sebagai pengganti susu agar tubuh kamu tetap dapat asupan kalsium, tidak perlu sulit mencari makanan yang memiliki kandungan kalsium, karena makanan yang sering kamu konsumsi ternyata memiliki kandungan kalsium yang setara dengan susu atau bahkan lebih tinggi dari susu. Berikut ini makanan yang mengandung tinggi kalsium.

Makanan Yang Mengandung Kalsium Lebih Tinggi Dari Susu

Makanan yang mengandung kalsium

1. Tahu

Tahu merupakan salah satu sumber protein nabati kesukaan banyak orang di Indonesia, kita dapat mengolahnya dengan berbagai macam cara , bisa dengan digoreng, direbus, hingga dikukus. Jika dibandingkan dengan segelas susu sapi, perbedaanya cukup jauh, susu sapi sendiri memiliki kandungan kalsium 276-352 mg kalsium, sedangkan secangkir tahu mengandung 861 mg kalsium, kamu juga bisa menambahkan satu cangkir pokcoy untuk ekstra 74 mg kalsium. Untuk mendapatkan manfaatnya, sebaiknya kamu mengolah tahu dengan cara dikukus, karena jika digoreng jumlah kalori dan kandungan lemak pada tahu akan meningkat.

2. Oatmeal Dengan Susu Almond

Makanan yang mengandung kalsium selanjutnya yaitu oatmeal, kamu bisa mengganti nasi dengan semangkuk oatmeal. Untuk satu cangkir oat tawar memiliki kandungan kalsium sebesar 200 mg, untuk menambah ekstra kalsium kamu bisa menambahkan susu almond yang memiliki kandungan kalsium sebanyak 300-400 mg, oat juga kaya akan vitamin B yang dapat membantu metabolisme tubuh, menurunkan kolesterol, meningkatkan rasa kenyang serta mendukung kesehatan jantung dan usus. Agar rasanya tidak hambar kamu juga bisa menambahkan pisang, stroberi, blueberry, alpukat atau topping lainnya sesuai selera kamu, kalau tidak suka dengan rasa manis kamu juga bisa mengolah dengan asin.

3. Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Sayuran yang berwarna hijau gelap seperti pakcoy, bayam, kale, lobak hijau ternyata merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Dua cangkir kale mengandung 188 mg kalsium, dan untuk dua cangkir lobak hijau memiliki kandungan 394 mg kalsium, untuk mengkonsumsi sayuran hiijau selain dengan cara ditumis kamu juga bisa mengolahnya menjadi smoothies. Misalnya dengan mencampurkan bayam dengan apel dan pisang, kamu juga bisa menambahkan biji chia atau biji rami untuk serat dan untuk pemanisnya kamu bisa tambahkan madu murni, hindari gula pasir atau pemanis buatan.

4. Keju Ricotta

Makanan yang mengandung kalsium tinggi selanjutnya yaitu keju, ada banyak jenis keju yang bisa kamu konsumsi. Tapi salah satu jenis keju yang memiliki kandungan kalsium paling tinggi yaitu keju ricotta, dalam ukuran tiga perempat cangkir memiliki kandungan 380 mg kalsium dan 21 gram protein. Kamu bisa mengkonsumsi keju ricotta dengan buah yang memiliki serta tinggi seperti stroberi, kiwi, jeruk, pir, blueberry.

5. Chickpea Atau Kacang Arab

Kacang arab memang paling enak diolah menjadi cemilan, kacang ini biasanya diolah dengan cara di panggang, untuk ukuran satu cangkirnya sendiri memiliki kandungan 315 mg kalsium, 30 gram serat dan 10 gram protein. Tidak hanya dipanggang, kacang arab juga dapat kamu olah menjadi sup, pertama tumis bawang bombay dengan minyak zaitun di atas api sedang, kemudian tambahkan bawang putih dan tumis hingga berubah warna kemudian kamu bisa langsung tambahkan kacang arab dan tambahkan air. Masak dengan api sedang selama satu jam hingga kacang menjadi lembut dan halus, selanjutnya untuk menambah rasa juga bisa kamu tambahkan perasan lemon, garam dan merica.

Most Popular