31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Beauty Gunakan Cara Ini Untuk Membasmi Ketombe Secara Alami Sekaligus Membuat Rambutmu Semakin...

Gunakan Cara Ini Untuk Membasmi Ketombe Secara Alami Sekaligus Membuat Rambutmu Semakin Cantik!

Memiliki rambut yang indah tentunya lebih membuat seseorang percaya diri, apalagi jika memiliki kulit kepala yang sehat, tentunya akan berpengaruh ke rambut juga. Masalah rambut yang sering ditemui yaitu ketombe, masalah rambut yang satu ini lebih membuat malu daripada kesakitan, tak jarang orang orang yang memiliki ketombe tidak percaya diri.

Biasanya orang yang memiliki ketombe sering terlihat di rambut atau di baju nampak serpihan ketombe yang rontok, hal ini tentunya akan membuat seseorang tersebut malu. Ketombe memang sulit ditangani namun bukan berarti tak bisa disembuhkan, banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membasmi seluruh ketombe secara alami.

Sebelum pergi ke dokter, sebaiknya kamu gunakan dahulu bahan bahan alami ini untuk membasmi seluruh ketombe, karena bahan bahan alami ini memang sudah dipercaya baik dan ampuh untuk membasmi ketombe.

Bahan Alami Yang Ampuh Membasmi Ketombe

Tea Tree Oil

membasmi ketombe
959570556

Tea Tree Oil adalah salah satu minyak yang paling banyak direkomendasi untuk menangani masalah ketombe, minyak ini berasal dari tumbuhan semak semak yang banyak di Australia.

Peneliti mengatakan bahwa minyak ini mengandung antiseptik di dalamnya yang mampu mengobati ketombe, jerawat, hingga infeksi bakteri dan jamur. Orang yang berketombe memiliki bakteri S, epidermidis di kulit kepala, dan Tea Tree Oil terbukti mampu mengontrol pertumbuhan bakteri tersebut, cara penggunaanya bisa diteteskan ke dalam sampo yang kamu gunakan.

Minyak Serai

membasmi ketombe

Daun Serai selain digunakan untuk bahan masakan, ternyata juga dapat digunakan untuk kesehatan rambut kamu. Tumbuhan ini dapat dijadikan minyak, dan sudah banyak diperjual belikan, menurut penelitian minyak serai bisa digunakan sebagai tonik rambut yang kandungan minyaknya mampu mengurangi ketombe sebanyak 81 persen setelah dua minggu. Kamu bisa menggunakannya dengan cara menambahkan beberapa tetes minyak serai ke dalam sampo.

Lidah Buaya

membasmi ketombe

Lidah buaya memang dikenal memiliki segudang manfaat, tak hanya baik untuk kesehatan , namun juga baik untuk kecantikan dan masalah rambut. Gel yang terkandung di dalam lidah buaya ampuh menghilangkan ketombe karena lidah buaya mengandung zat antibakteri dan anti jamur yang merupakan penyebab ketombe.

Selain itu lidah buaya juga mampu melembabkan kulit kepala, menyembuhkan luka, dan mengurangi inflamasi, cara penggunaannya kamu bisa langsung mengoleskan gel lidah buaya ke bagian kulit kepala yang bermasalah.

Minyak Kelapa

kelapa

Tak hanya buahnya saja yang bermanfaat, namun minyak kelapa juga banyak memiliki manfaat, minyak kelapa juga sebagai salah satu superfood atau makanan yang mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Zat yang terkandung di dalam minyak kelapa mampu mengurangi iritasi dan mencegah pertumbuhan jamur di kulit kepala.

Cara menggunakan minyak kelapa ini cukup mudah, dengan cara mengoleskannya di kulit kepala yang bermasalah sebelum keramas, lalu didiamkan selama 30-45 menit, baru dibilas dengan sampo, untuk pemilihan sampo harus yang cocok dengan kulit kepala kamu. Manfaat minyak kelapa tak hanya untuk membasmi ketombe namun juga akan membuat rambut semakin sehat jika rutin digunakan.

Cuka Apel

cuka apel

Cuka Apel memang memiliki segudang manfaat, tak hanya dapat digunakan untuk memasak saja, cuka apel juga dapat digunakan untuk masalah rambut. Biasanya kebanyakan orang menggunakan cuka apel untuk mengurangi berat badan, mengobati kencing batu, dan penyakit lainnya, tak hanya itu, cuka apel juga bermanfaat untuk menghilangkan ketombe.

Menurut penelitian cuka apel memiliki tingkat keasaman yang mampu meluruhkan sel kulit mati di kepala, selain itu juga mampu mengatur pH kulit sehingga pertumbuhan jamur dan bakteri dapat berkurang. Cara penggunaannya bisa dicampurkan dengan sampo atau disemprotkan langsung pada kulit kepala.

Soda Kue

soda kue

Bahan yang satu ini identik digunakan untuk membuat kue, namun siapa sangka bahan yang satu ini mampu membasmi seluruh ketombe. Soda kue bisa digunakan sebagai Exfoliator alami untuk menghilangkan sel kulit mati dan minyak berlebihan di kulit kepala, selain itu soda kue juga memiliki sifat anti jamur, namun kamu juga harus berhati hati saat menggunakannya, karena soda kue memiliki tingkat pH yang sangat tinggi sehingga bisa merusak rambut jika terlalu sering digunakan.

Perbanyak Konsumsi Omega 3

omega 3

Omega 3 merupakan jenis lemak yang sangat penting untuk tubuh kita, selain itu baik juga untuk sistem imun dan paru-paru, zat ini juga bisa meningkatkan kesehatan kulit. Omega 3 memiliki sifat anti inflamasi dan iritasi yang mampu mengatasi masalah ketombe, oleh karena itu dengan perbanyak konsumsi salmon, walnut, alpukat dan tuna yang kaya akan zat tersebut, mampu membantu membasmi ketombe.

Most Popular