31.6 C
Tangerang
Sunday, July 3, 2022
Home Lifestyle Gunakan Cara Sederhana Ini Untuk Menghormati Selera Orang Lain

Gunakan Cara Sederhana Ini Untuk Menghormati Selera Orang Lain

inajournal.com – Saat berbeda selera dengan orang lain, kamu harus menghormati selera orang lain dengan cara sederhana dan tidak menyakitkan. Manusia adalah makhluk sosial yang akan terus berdampingan dengan manusia lainnya, semua manusia memang memiliki pikiran yang berbeda serta selera yang berbeda beda. Mulai dari fisik, agama, ras, perbedaan selera makan, musik, dan lain lain adalah hal yang sangat wajar dan sudah pasti akan terjadi di lingkungan kamu. Hal ini bukan masalah besar dan seharusnya kita bisa menghormati selera orang yang berbeda dengan kita.

Perbedaan memang terkadang menjadi perdebatan yang dapat memancing keributan, misalnya jika kamu berbeda pendapat dengan orang terdekat kamu. Kita ambil contoh dari hal kecil, misalnya kamu menyukai music EDM karena membangkitkan semangatmu, sedangkan pendapat lawan bicara kamu music EDM terlalu berisik dan ia lebih menyukai music akustik untuk membangkitkan semangat, hal hal seperti wajar terjadi karena memang selera orang lain berbeda beda. Kamu tidak memaksakan orang lain untuk mengikuti apa yang kamu suka.

Misalnya kamu tidak setuju dengan pendapat lawan bicaramu dan berbeda dengan seleramu, jangan jadikan hal ini suatu masalah besar hingga berdebat dan memicu pertengkaran. Kamu bisa menggunakan beberapa cara untuk hormati selera orang yang berbeda dengan kamu, bagaimana caranya? Berikut ini cara yang bisa kamu terapkan untuk menghormati selera dari orang yang berbeda dengan kamu.

Cara Sederhana Untuk Menghormati Selera Orang Lain Yang BedaMenghormati Selera Orang Lain

  1. Tidak Berkomentar Negatif Terhadap Kesukaanya Yang Beda
    Cara sederhana yang pertama yaitu kamu bisa menghargai orang lain yang berbeda dengan kamu dengan tidak memberikan komentar negatif tentang hal tersebut. Ucapan yang terlalu blak blakan atau mungkin di luar batas sopan bisa membuat orang tersebut menjadi tersinggung dengan ucapan kamu.
  2. Menerima Dengan Terbuka Dirinya Jika Hal Tersebut Tidak Merugikan
    Menghormati selera orang lain yang berbeda denganmu, selagi seleranya tidak merugikan diri kamu tidak ada salahnya untuk menerima pendapat dia apa adanya. Jika kamu berteman, seharusnya kamu bisa memahami dan jangan sampai hubungan pertemanan kamu renggang akibat beda pendapat. Meskipun hal ini pastinya sering terjadi, kamu harus bisa menerima pendapat orang lain yang berbeda dengan pendapat kamu.
  3. Mencoba Memahami Jenis Seleranya Pada SesuatuCara
    selanjutnya yang sederhana dilakukan untuk menghormati selera orang yang beda dengan kamu yaitu dengan cara memahami seleranya terhadap sesuatu. Apa yang membuat orang tersebut menyukainya, kamu juga bisa belajar hal hal baru dari perbedaan yang dimiliki orang lain.
  4. Memperlakukannya Seperti Biasa Jika Kamu Tahu Kalau Dia Berbeda Dengan Kamu
    Cara sederhana menghormati selera orang lain yaitu dengan memperlakukannya seperti biasa. Kalau orang disekitar kamu yang memiliki selera berbeda dengan kamu jangan diambil pusing dan mudah untuk menghadapinya. Memperlakukan seperti biasa saja walaupun kamu sudah tahu orang tersebut berbeda dengan diri kamu, jangan sampai kamu tiba tiba berubah sikap karena hal tersebut justru membuat orang di sekitar kamu merasa tidak nyaman dan bisa membuat kamu dan orang sekitar mu renggang.

  5. Saling Diskusi Mengenai Sisi Positif Dari Perbedaan Selera Masing Masing
    Jika orang sekitar kamu atau orang terdekat kamu memiliki pendapat yang berbeda, sebaiknya kalian diskusikan bersama perbedaan selera di antara kalian. Kamu bisa meminta lawan bicara kamu untuk memberitahukan apa sisi positif selera dia, dan kamu juga bisa memberi tahu sisi positif dari selera kamu.

    Dengan cara ini tentunya menghindari pertengkaran dan kalian lebih bisa memahami satu sama lain, apapun bentuk perbedaanya dengan orang disekitar kamu bukanlah suatu masalah yang harus diperdebatkan. Cobalah untuk lebih memahami selera orang lain dan jangan menuntut orang sekitar kamu harus sama dengan selera kamu, jika kamu sering memicu perdebatan hanya karena beda pendapat justru kamu akan kehilangan segalanya.

Most Popular