31.6 C
Tangerang
Saturday, December 10, 2022
Home Health Haid Tidak Lancar? Konsumsi Makanan Yang Melancarkan Haid Secara Alami Ini

Haid Tidak Lancar? Konsumsi Makanan Yang Melancarkan Haid Secara Alami Ini

Ada beberapa makanan yang melancarkan haid secara alami, haid atau menstruasi dialami oleh semua perempuan, namun tidak semua perempuan mengalami haid yang lancar. Beberapa perempuan mengalami haid yang tidak lancar, sayangnya kebanyakan perempuan tidak menyadari mengapa haidnya menjadi tidak lancar. Siklus menstruasi atau haid yang tidak lancar menandakan banyak hal, seperti salah satunya gangguan hormon hingga kesuburan.

Untuk dapat mengatasi hal ini kamu bisa konsultasi ke dokter dan mulai untuk menjalankan pola hidup sehat, sebab pola hidup juga mempengaruhi siklus haid kamu. Ada banyak makanan yang dapat melancarkan haid kamu, biasanya saat haid perempuan mengalami sakit yang luar biasa, namun setiap perempuan berbeda beda, ada yang merasakan sakit ada juga yang tidak.

Agar meringankan rasa sakit dan melancarkan haid, kamu perlu mengkonsumsi beberapa makanan dibawah ini yang memang sudah dipercaya untuk melancarkan haid.

Makanan Yang Melancarkan Haid Secara Alami

Pepaya

Makanan Yang Melancarkan Haid
Pepaya selain untuk melancarkan pencernaan ternyata juga dapat melancarkan haid kamu. Pepaya memiliki kandungan karoten yang baik untuk menutrisi tubuh kamu dan menjaga kadar hormon estrogen di tubuh kamu.

Nanas

Nanas

Nanas menjadi makanan yang melancarkan haid secara alami, buah yang satu ini dianggap memiliki kemampuan tersebut karena memiliki kandungan bromelain, yaitu enzim yang dianggap dapat melembutkan dinding rahim dan melancarkan siklus menstruasi.

Sayuran Hijau

Makanan Yang Melancarkan Haid
Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh dan melancarkan program diet kamu, sayuran hijau juga ternyata dapat memperlancar haid kamu dan meredakan gejala PMS. Vitamin yang terkandung dalam sayuran hijau juga sangat baik untuk pencernaan serta melancarkan siklus haid, kamu bisa mengkonsumsi bayam, brokoli, asparagus dna sayuran hijau lainnya.

Susu Dan Produk Olahannya

Susu Dan Produk Olahannya
Jika kamu kekurangan kadar vitamin D akan berpengaruh pada kelancaran menstruasi, maka dari itu jika ingin haid kamu lancar disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan juga bisa dari sinar matahari dengan cara rutin berolahraga pagi hari. Susu dan produk olahan lainnya seperti yogurt dan keju menjadi makanan yang melancarkan haid karena sebagai sumber vitamin D.

Salmon

Salmon
Banyak kandungan baik pada ikan salmon, ikan ini mengandung lemak sehat seperti asam lemak tak jenuh yang didapatkan dari ikan ini. Kandungan tersebut dipercaya dapat mendukung keseimbangan produksi hormon dan membantu melancarkan proses pembuahan atau ovulasi. Selain salmon, sumber lemak sehat lainnya antara lain biji rami, kacang walnut dan minyak sayur.

Jahe

Makanan Yang Melancarkan Haid
Jahe salah satu rempah rempah Indonesia yang sering digunakan untuk berbagai macam hal, tak hanya untuk membuat masakan. Jahe juga sering kali digunakan untuk membuat minuman, jahe memiliki kandungan yang baik untuk tubuh dan ternyata jahe berfungsi untuk melancarkan haid dan dapat meredakan gejala PMS.

Kunyit

Kunyit
Kunyit menjadi salah satu makanan yang melancarkan haid, sudah tidak perlu diragukan lagi, selain menjadi rempah rempah khas Indonesia yang sering digunakan untuk memasak. Ternyata kunyit memiliki kandungan baik yang mampu melancarkan sekaligus meredakan nyeri haid.

Kayu Manis

Kayu Manis
Memiliki aroma yang enak, ternyata kayu manis juga menjadi salah satu yang bisa melancarkan siklus haid kamu. Kayu manis bisa kamu jadikan minuman atau tambahan untuk makanan kamu.

Most Popular