31.6 C
Tangerang
Monday, October 25, 2021
Home Health Hati-Hati! Berikut Ini Berbagai Gejala Kanker Pada Pria

Hati-Hati! Berikut Ini Berbagai Gejala Kanker Pada Pria

inajournal.com – Kanker merupakan penyakit berbahaya yang paling dihindari, ada beberapa gejala kanker pada pria yang wajib diketahui sebelum terlambat. Kanker merupakan penyakit yang terjadi ketika sel-sel yang ada pada suatu organ atau jaringan tubuh mengalami kerusakan hingga akhirnya bermutasi, awalnya sel ini tumbuh sebagai tumor. Namun lama-kelamaan sel-sel ini akan berkembang hingga akhirnya menjadi kanker, untuk pria juga bisa saja mengalami kanker seperti kanker prostat, kanker, testis, kanker penis, kanker usus besar, kanker paru, kandung kemih hingga kulit.

Berbagai Gejala Kanker Pada Pria Yang Wajib Di KenaliGejala-Kanker-Pada-Pria

  1. Gangguan Buang Air Kecil
    Pria yang  beranjak tua biasanya mengalami berbagai masalah kencing yang perlu kamu perhatikan. Mulai dari kesulitan kencing, aliran urine yang lemah, bahkan hingga sensasi terbakar ketika kamu sedang membuang air kecil, jika kamu mengalami gejala seperti itu dalam jangka panjang, sebaiknya langsung periksakan diri ke dokter untuk mengantisipasi kemungkinan adanya pertumbuhan sel kanker. Jenis kanker yang biasanya menimbulkan gejala ini yaitu kanker prostat, tapi jangan langsung berpikir macam-macam karena gejala ini juga bisa disebabkan oleh gangguan lainnya seperti infeksi saluran kemih, pembesaran prostat jinak dan yang lainnya.

  2. Darah Pada Urine Dan Tinja
    Gejala kanker pada pria yang selanjutnya yaitu darah pada urine dan tinja, adanya darah pada urine atau tinja juga merupakan salah satu tanda kanker pada pria, umumnya seperti kanker kandung kemih dan kanker usus besar. Tapi kondisi seperti ini juga bisa menjadi gejala dari penyakit lainnya seperti misalnya infeksi pada usus atau bahkan gangguan pada ginjal, jika kondisinya semakin parah ada baiknya kamu periksakan diri ke dokter langsung.

  3. Perubahan Kulit
    Pria juga bisa saja terserang penyakit kanker kulit, entah itu karsinoma ataupun melanoma. Gejala awal yang dapat dilihat dari penyakit ini yaitu perubahan pada kulit penderitanya, mulai dari warna hingga teksturnya juga ikut berubah seperti kulit tampak  bersisik, terdapat benjolan merah pada kulit, muncul bintik-bintik gelap pada kulit, kulit akan berubah warna menjadi kegelapan.

  4. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening
    Gejala kanker pada pria yang selanjutnya yaitu pembengkakan kelenjar getah bening. Bengkak pada kelenjar getah bening yang ada di ketiak, leher atau tempat yang lainnya sering sekali menandakan kalau tubuh kamu sedang tidak baik. Biasanya hal tersebut terjadi karena sistem kekebalan tubuh sedang melawan penyakit yang ada di dalam tubuh kam, namun kelenjar getah bening yang membengkak juga biasanya menjadi tanda kanker yang perlu diwaspadai, agar lebih tenang sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa yang terjadi.

  5. Sakit Maag Yang Tak Kunjung Membaik
    Maag merupakan sindrom yang termasuk umum terjadi akibat adanya masalah pada lambung seperti GERD, tukak lambung atau bahkan infeksi lambung. Gejala maag sendiri biasanya meliputi nyeri ulu hati dan perut akan terasa mual, maag sendiri sangat umum di derita oleh banyak orang, namun disamping itu ada beberapa kasus dari penyakit maag bisa jadi gejala penyakit yang lebih serius yaitu kanker lambung. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter jika kamu mengalami gejala maag yang tidak kunjung membaik.

  6. Sariawan
    Gejala kanker pada pria yang selanjutnya yaitu sariawan, penyakit yang satu ini sepertinya sangat umum terjadi dan sering dialami oleh siapapun, namun perlu diperhatikan kembali ternyata sariawan juga dapat menjadi gejala kanker mulut. Sariawan sendiri merupakan kondisi yang mana penderitanya mengalami dehidrasi dan infeksi mulut, tapi jangan langsung panik, karena sariawan yang menjadi tanda kanker mulut biasanya disertai gejala lainnya seperti bibir mati rasa, sariawan yang tidak kunjung sembuh. nyeri di area mulut, pendarahan di rongga mulut, adanya bercak putih dan langit-langit di mulut.

  7. Kehilangan Berat Badan
    Kehilangan berat badan tanpa sebab juga perlu kamu perhatikan, ada kalanya seseorang kehilangan berat badan karena stres. Namun jika kamu tiba-tiba kehilangan cukup banyak berat badan tanpa alasan yang jelas, bisa jadi itu merupakan kanker pankreas, tidak hanya itu saja. Ada sejumlah jenis kanker lainnya yang juga ditandai dengan penurunan berat badan yang drastis dan secara tiba-tiba, yaitu kanker paru-paru dan kanker perut.

Most Popular