31.6 C
Tangerang
Wednesday, August 17, 2022
Home Health Hati Hati! Dampak Negatif Minum Soda Kalau Keseringan

Hati Hati! Dampak Negatif Minum Soda Kalau Keseringan

Siapa yg masih suka minum soda berlebihan? Ternyata banyak dampak negatif minum soda jika kamu berlebihan mengkonsumsinya, soda merupakan salah satu minuman yang paling digemari. Minum soda di siang hari pasti rasanya sangat segar, apalagi ditambah dengan junk food membuatnya semakin sempurna, rasa manis dari soda ditambah sensasi unik dari soda membuat banyak orang senang dan ketagihan saat mencicipinya. Minuman bersoda sering sekali menjadi teman makan cemilan atau diminum untuk melepas dahaga, sayangnya minuman menyegarkan ini memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebihan.

Apapun yang dikonsumsi berlebihan memang tidak berdampak baik, salah satunya minuman bersoda, mungkin kamu merasa enak enak saja saat mencicipinya. Namun siapa sangka minuman menyegarkan ini membawa dampak buruk untuk kesehatan tubuh, selain bikin kecanduan minuman soda juga bisa membawa masalah lain yang buruk. Kebanyakan orang sebenarnya sadar akan hal ini, tapi masih banyak orang juga yang menghiraukan dampak buruk dari minum soda. Kalau kamu salah satu pecinta minuman bersoda, kamu wajib mengetahui hal ini agar bisa mengontrol keinginan kamu untuk mengkonsumsi soda berlebihan.

Dampak Negatif Minum Soda Jika Berlebihan Dikonsumsi

Dampak negatif minum soda

1. Bikin Kecanduan

Efek yang ditimbulkan ketika kamu mengkonsumsi soda berlebihan yaitu membuat penikmatnya kecanduan dengan rasa soda. Rasa manis yang sangat intens pada minuman bersoda harusnya dapat membuat seseorang muntah setelah masuk kedalam tubuh, namun karena adanya penambahan asam fosfat yang ada di dalam minuman tersebut membuat rasa manis itu berkurang sehingga banyak orang yang dapat mengkonsumsinya tanpa ada masalah. Tak hanya mengandung tinggi gula namun juga memiliki kandungan tinggi kafein yang justru berbahaya bagi tubuh jika sering dikonsumsi yang membuat kenaikan tekanan darah.

2. Meningkatkan Berat Badan

Dampak negatif minum soda selanjut nya akan membuat berat badan kamu semakin meningkat, siapa yang sedang diet? Sebaiknya kamu hindari minuman soda karena dapat dengan mudah membuat berat badan kamu meningkat drastis, minum soda berlebihan akan meningkatkan jumlah insulin yang kemudian organ hati akan mengubah kelebihan gula tersebut menjadi lemak. Itu mengapa kalau orang yang sering minum soda memiliki berat badan yang mudah bertambah, memiliki berat badan berlebih tidak boleh dianggap sepele karena bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, memiliki berat badan yang berlebih ternyata dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker.

3. Menyebabkan Resistensi Insulin

Salah satu tugas hormon insulin yaitu menyalurkan gula darah ke seluruh sel didalam tubuh dan jika kamu mengkonsumsi minuman bersoda atau minuman lain yang tinggi gula hal ini akan membuat tubuh kamu berkurang sensitivitasnya pada insulin. Sehingga hal ini mendorong organ pankreas untuk lebih banyak lagi memproduksi insulin demi menghilangkan glukosa dalam darah hingga terjadinya lonjakan kadar insulin, kondisi ini lah yang disebut dengan resistensi insulin yang merupakan resiko penyakit diabetes tipe 2 dan jantung. Sebaiknya kamu kurangi soda jika tidak ingin memiliki berbagai macam penyakit yang akan hinggap di tubuh kamu.

4. Menyebabkan Penyakit Jantung

Dampak negatif minum soda selanjutnya menyebabkan penyakit jantung, menurut sebuah penelitian dari hasil pengamatan terhadap konsumsi minuman bersoda disimpulkan kalau mereka yang meminum satu kalem soda setiap harinya akan beresiko 20 persen lebih besar terkena penyakit jantung koroner dibanding orang yang jarang mengkonsumsi soda. Perlu kamu ketahui kalau penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan yang perlu diwaspadai karena menjadi penyakit yang paling berbahaya dan pembunuh nomor satu di dunia, sayangi jantung kamu sejak dini sebelum semuanya terlambat.

5. Resiko Kematian Dini

Saat ini cukup banyak orang yang beralih ke minuman soda diet dengan alasan lebih sehat, padahal fakta tidak mengatakan seperti itu. Menurut sebuah studi menjelaskan kalau pemanis alami maupun sodat diet yang menggunakan pemanis artifisial semuanya memicu kematian dini, hal ini melibatkan lebih dari 450 ribu orang yang menyimpulkan kalau mereka minum dua gelas atau lebih minuman bersoda perharinya dan hasil menunjukan memiliki resiko 17 persen lebih besar kematian dini dibanding mereka yang mengkonsumsi soda kurang dari satu gelas perbulannya.

Most Popular