31.6 C
Tangerang
Sunday, July 21, 2024
HomeLifestyleHindari Jenis Diet Ekstrim Berbahaya, Jangan Sampai Menyesal!

Hindari Jenis Diet Ekstrim Berbahaya, Jangan Sampai Menyesal!

Inajournal.com – Siapa sih yang tidak menginginkan kondisi tubuh langsing dan ideal? Tentu saja semua orang, terutama wanita menginginkannya. Memiliki tubuh yang langsing dan ideal memang menjadi dambaan kaum wanita. Biasanya, wanita akan melakukan berbagai macam program diet untuk menuruni berat badan yang dimilikinya. Namun, diet ekstrim senantiasa harus diwaspadai.

Dengan berolahraga, memakan makanan sehat, rajin minum air putih, adalah program diet yang kerap kali dilakukan oleh kaum wanita dengan hasil yang optimal. Walaupun melakukan program diet membutuhkan waktu yang agak lama, tetapi hasil yang diberikan tidak akan membuat mu kecewa.

Namun, tahukah kamu bahwa saat ini banyak sekali jenis diet yang ekstrim yang berbahaya? Biasanya, diet yang ekstrim tersebut dilakukan secara sembarangan tanpa adanya anjuran dokter yang lebih ahli terhadap perkembangan gizi dari diet tersebut. Pada dasarnya, diet pun harus memenuhi kebutuhan gizi yang ada pada tubuh untuk menghindari berbagai macam penyakit yang sangat berbahaya.

4 Jenis Diet Ekstrim yang Berbahaya

Diet ekstrim merujuk pada pendekatan diet yang melibatkan pembatasan makanan dan kalori secara drastis untuk mencapai penurunan berat badan yang cepat. Diet ini seringkali melibatkan pemotongan drastis dalam asupan kalori harian atau penghilangan kelompok makanan tertentu secara signifikan.

Beberapa contoh diet ekstrim yang populer termasuk diet sangat rendah kalori (Very Low-Calorie Diet/VLCD), diet puasa, diet ketogenic yang sangat ketat, atau diet-detox yang ekstrem. Diet ekstrim seringkali menjanjikan hasil yang cepat, tetapi juga dapat memiliki risiko dan dampak negatif pada kesehatan.

Saat ini, banyak sekali orang yang melakukan suatu hal tanpa mempertimbangkan kembali dampak dari apa yang dilakukannya. Salah satunya, adalah program diet. Banyak nya orang yang sembarangan dalam melakukan program diet dan hanya memikirkan efek untung nya saja tanpa memikirkan kembali dampak berbahaya dari diet yang ekstrim tersebut. Berikut adalah diet yang ekstrim dan sangat dilarang:

Diet Cacing Pita

Pernahkah kamu mendengar diet cacing pita yang satu ini? Jenis program diet ini rupanya sangat terkenal di benua Amerika dan banyak dilakukan oleh orang yang menjalani program diet. Padahal, program diet cacing pita sangatlah berbahaya.

Diet ini dilakukan dengan cara menelan telur cacing pita dan dibiarkan untuk menetas didalam perut mu hingga tumbuh kembali menjadi dewasa. Banyak orang beranggapan bahwa cacing tersebut akan mengkonsumsi makanan yang ada di usus manusia dan akan menurunkan berat badan.

Namun, sebaiknya diet ini dihindari oleh mu, karena bisa saja cacing tersebut akan menyebar ke seluruh tubuh dan akan menyebabkan masalah serius.

Diet Sup Kol

Kemudian, diet ekstrim yang sangat berbahaya ini, adalah diet sup kol. Orang-orang beranggapan bahwa diet sup kol ini akan menurunkan berat badan sebagai sarapan, makan siang, dan makan malam dalam jangka waktu seminggu.

Namun, para dokter pun tidak menganjurkan sama sekali untuk melakukan diet sup kol yang satu ini. Karena, terdapat dampak berbahaya yang akan dialami oleh tubuh, yakni kandungan gizi yang harus terpenuhi akan terhambat dan akan menyebabkan berbagai macam permasalahan yang serius.

Diet 500 Kalori

Yap, seperti nama yang diberikan, rupanya diet yang satu ini dilakukan hanya memperbolehkan penganutnya untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan selama sehari sebanyak 500 kalori saja.

Banyak nya orang yang beranggapan dengan diet 500 kalori akan menurunkan berat bedan dalam jangka waktu yang singkat. Namun, risiko yang ada pada diet ini pun sangat lah berbahaya dan sama sekali tidak dianjurkan oleh dokter.

Karena, diet 500 kalori akan menyebabkan tubuh mu kekurangan gizi, vitamin, serta mineral. Ketiga kandungan tersebut sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh.

Diet Detoks Lemon

Dan jenis diet yang ekstrim yang tidak boleh kamu lakukan, adalah diet detoks lemon. Diet yang satu ini dilakukan oleh para penganutnya untuk tidak memakan makanan yang padat ataupun minuman yang beralkohol.

Orang yang sedang melakukan diet detoks lemon ini hanya meminum air lemon, air garam, serta teh herbal saja dalam jangka waktu 10 hari. Tentu saja diet ini sangat lah berbahaya. Mengapa demikian? Karena jika diet detok lemon digunakan dalam jangka waktu yang lama, tubuh tidak akan tercukupi asupan protein dan akan mengalami sakit kepala, diare, serta mual yang sangat berlebihan. Diet ekstrim ini tentunya harus diwaspadai.

Most Popular