31.6 C
Tangerang
Saturday, August 20, 2022
Home Health Hindari! Makanan Pantangan Bagi Pengidap Kista Ovarium

Hindari! Makanan Pantangan Bagi Pengidap Kista Ovarium

Kista ovarium merupakan musuh dari kebanyakan perempuan, munculnya penyakit ini dikarenakan pola makan yang tidak benar, atau terlalu sering mengkonsumsi makanan tidak sehat. Pada sindrom polikistik ovarium, mengatur pola makan sangatlah penting untuk membantu menurunkan berat badan dan membuat kadar hormon kembali normal, hal ini dapat membuat menstruasi kembali teratur.

Pola hidup yang tidak sehat memang dapat memicu munculnya banyak penyakit, apalagi jika kamu terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji atau minuman yang mengandung gula tinggi. Tak hanya kista ovarium saja, akan ada banyak penyakit lain yang bermunculan jika kamu tidak dapat menjaga pola makan dan pola hidup yang baik.

Jika kamu salah satu penderita kista ovarium ada beberapa makanan yang harus kamu hindari. Namun makanan pantangan ini tidak serta merta menyembuhkan penyakit ini, hanya saja meringankan, dan bagi yang tidak memiliki kista untuk mencegah munculnya kista. Dan bagi yang sudah berukuran besar, memerlukan perawatan lebih lanjut seperti operasi atau mengkonsumsi obat obatan. Berikut ini beberapa makanan pantangan bagi pengidap kista ovarium.

Makanan Pantangan Bagi Pengidap Kista Ovarium

Pengidap Kista Ovarium

1. Daging Merah

Makanan pantangan bagi penderita kista ovarium yang pertama yaitu daging merah. Sebuah penelitian menunjukan bahwa jika terlalu banyak mengkonsumsi daging merah akan memicu terbentuknya kista ovarium jinak, tak hanya daging merah, keju juga menjadi salah satu pemicu jika terlalu sering mengkonsumsinya. Jika kamu salah satu penderita kista ovarium, sebaiknya batasi konsumsi makanan tersebut ada mencegah atau mengurangi resiko semakin parahnya kista.

2. Makanan Berlemak

Selanjutnya yang sulit untuk dijauhi, di Indonesia sendiri banyak makanan berlemak yang menggoda, namun penelitian menyebutkan jika terlalu seringnya mengkonsumsi lemak dapat berpengaruh pada terbentuknya kista ovarium. Perempuan yang mengidap penyakit ini biasanya yang sering mengkonsumsi makanan berminyak, sehingga perempuan yang sedang di usia produktif disarankan untuk mengurangi konsumsi lemak yang berlebihan.

3. Nasi Putih

Nasi putih adalah makanan pokok setiap manusia, namun bagi perempuan yang mengidap PCOS memiliki kadar insulin yang lebih tinggi dari level normal. Sehingga membatasi makanan yang dapat memicu naiknya kadar insulin adalah hal yang perlu dilakukan bagi para pengidap penyakit ini, nasi putih adalah makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi. Dan hal ini dapat memicu naiknya kadar insulin pada tubuh.

4. Kentang

Kentang bukan merupakan jenis karbohidrat olahan yang jika dikonsumsi terlalu banyak dapat memicu resistensi insulin. Maka dari itu penderita kista ovarium perlu membalasnya.

5. Makanan Cepat Saji

Sepertinya sudah banyak diketahui kalau makanan cepat saji tidak baik untuk kesehatan tubuh, seperti gorengan, ayam goreng tepung, kentang goreng, sosis, bakso, atau snack yang mengandung banyak msg. Makanan ini dapat memicu inflamasi atau peradangan jaringan pada tubuh.

6. Makanan Dan Minuman Manis

Siapa yang tidak senang dengan makanan dan minuman manis, namun bagi pengidap kista ovarium sebaiknya hindari terlebih dahulu makanan dan minuman manis ini. Pada penderita PCOS, hormone insulin di tubuh diduga tidak dapat bekerja dengan baik dalam mengubah gula menjadi energi, yang membuat kadar gula di dalam tubuh cenderung tinggi. Bagi penderita kista ovarium sebaiknya mengurangi makanan dan minuman manis seperti soda, jus buah, kue, dan lainnya, hal ini salah satu langkah untuk mengembalikankeseimbangan kadar hormone di tubuh pengidapnya.

Most Popular