31.6 C
Tangerang
Monday, December 5, 2022
Home Trending Informasi Rapid Test Antigen, Jadwal Penerbitan SK CPNS

Informasi Rapid Test Antigen, Jadwal Penerbitan SK CPNS

Beragam pemberitaan dan perbincangan masyarakat memang tidak pernah habis. Semenjak kehadiran virus Corona di Indonesia, berita populer paling banyak dibahas. Pemberitaan yang sedang populer di Indonesia ini telah kami rangkum selama sepekan. Mulai dari pembahasan dan informasi lebih lanjut mengenai rapid test antigen yang ingin diselenggarakan pada seluruh penumpang kereta api, dan akan menjadi syarat baru untuk melakukan kunjungan ke luar kota.

Kemudian, terkait perbandingan harga antara rapid test antigen dengan rapid test antibodi, dan swab PCR yang cukup signifikan. Hingga pemberitaan mengenai penerbitan SK atau Surat Keputusan dalam menyelenggarakan CPNS di tahun 2019. Berikut adalah berita lengkap mengenai pemberitaan trend di Indonesia yang sedang ramai dibahas:

Berita Populer Terkait Rapid Test Antigen

Telah diketahui, bahwa pemerintahan Indonesia sedang memberlakukan sebuah syarat baru. Syarat tersebut, adalah kewajiban rapid test antigen sebagai aturan yang wajib dilakukan oleh seluruh orang untuk mereka yang akan melakukan perjalanan ke luar kota menggunakan transportasi umum berupa kereta api dan pesawat. Aturan tersebut telah ditetapkan dan akan diberlakukan pada 18 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021 mendatang.

Sebelumnya, perjalanan bisa dilakukan dengan membawa hasil negatif dalam menjalani rapid test antibodi. Dari sisi harga, tentu saja rapid test antigen lebih mahal dibandingkan rapid test antibodi. Walaupun rapid test antigen lebih mahal, namun ada keunggulan pada rapid test antigen tersebut dibandingkan rapid test antibodi. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

  • Rapid test antigen dinilai lebih akurat dibandingkan rapid test antibodi.
  • Harga yang bervariasi atas penetapan dari WHO.
  • Rapid test antigen telah melakukan studi sebelum diselenggarakan.
  • Peringatan dari FDA telah diberlakukan.

Harga Rapid Test Antigen Bervariasi

berita populer

Telah kami bahas diatas, bahwasanya rapid test antigen memiliki harga yang bervariasi dan telah disetujui oleh WHO atas penyelenggaraan tersebut. Rapid test antigen juga telah menjadi syarat utama untuk melakukan perjalanan ke dalam negeri yang akan memasuki kepulauan Bali melalui jalur darat maupun jalur laut. Hal tersebut telah terbukti sebagaimana tertera dalam Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 2021 Tahun 2020 mengenai “Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat Indonesia Selama Atas Peringatan Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru di Provinsi Bali”.

Berdasarkan sumber Kompas.com, menyebutkan bahwa harga dalam melakukan rapid test antigen cukup bervariasi. Mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 499.000. Selaku Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, yakni Luhut Binsar Pandjaitan, yang cukup aktif dalam menyelenggarakan aturan dan penetapan terhadap upaya memutus rantai penularan virus Corona di Indonesia, telah menetapkan bahwa rapid test antigen akan menjadi persyaratan utama karena telah dinilai lebih efektif mengenai hasil positif atau negatif terkait Corona. Sehingga, Indonesia tidak bisa mengalami peningkatan terhadap kasus aktif Corona yang kian merajalela dan mengkhawatirkan.

Rapid Test Antigen Di Jakarta, Bali, Bandung, dan Yogyakarta

Rupanya ada sejumlah perbedaan mengenai ketentuan rapid test antigen bagi pendatang yang akan memasuki wilayah Jakarta, Bali, Bandung, dan Yogyakarta. Untuk wilayah Jakarta, seluruh Pemprov DKI Jakarta telah memberikan penetapan bagi warga yang hendak keluar ataupun hendak masuk Ibukota Indonesia harus memiliki surat negatif dari hasil pemeriksaan rapid test antigen. Kemudian untuk wilayah Bandung, selaku Kasubag Kemitraan Media Humas Pemkot Kota Bandung, yakni Suhendro Dradjad, telah menjelaskan hingga Kamis, 17 Desember 2020 belum adanya sebuah ketentuan untuk melakukan Swab PCR untuk memasuki wilayah kota Bandung.

Lain halnya dengan penetapan yang diberlakukan di kota Bali, masyarakat yang baru datang ke wilayah tersebut harus memiliki hasil pemeriksaan dari rapid test antigen ataupun test PCR. Sedangkan untuk wilayah Yogyakarta, selaku Kepala Bagian Humas Pemda DIY, yakni Ditya Nanarjo Aji, telah mengatakan bahwa belum adanya sebuah ketentuan untuk melakukan test swab bagi orang yang memasuki wilayah Yogyakarta.

Penerbitan SK CPNS

Pelaksanaan rekrutmen terhadap calon pegawai negeri sipil atau CPNS Formasi tahun 2019 telah sampai di tahap penetapan untuk mendapatkan nomor induk pegawai atau NIP. Selaku Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN Paryono, telah mengungkapkan setelah penetapan NIP telah diberlakukan, maka instansi masing-masing akan mengeluarkan SK CPNS tersebut.

Penerbitan SK CPNS akan diberikan waktu selama kurang lebih 30 hari setelah penetapan NIP telah diperoleh. “SK CPNS nya akan dikeluarkan maksimal 1 bulan ya setelah ditetapkan NIP,” ujarnya. Lantas saja ungkapan tersebut pun telah menjadi berita populer yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia yang mengikuti tes CPNS.

Most Popular