31.6 C
Tangerang
Friday, August 12, 2022
Home Lifestyle Ini Alasan Kuat Mengapa Kamu Harus Istirahat Dari Media Sosial

Ini Alasan Kuat Mengapa Kamu Harus Istirahat Dari Media Sosial

Ada beberapa alasan yang mengharuskan kamu istirahat dari media sosial, media social menjadi salah satu tempat dimana seseorang bisa membagikan cerita kehidupan sehari hari, berjualan, melihat video, mencari tutorial dan masih banyak hal positif lainnya yang bisa kamu dapatkan dari media social. Namun jika tidak digunakan dengan bijak, media sosial justru akan menjadi toxic atau racun untuk penggunanya, faktanya masih banyak orang yang menggunakan media sosial untuk hal hal buruk, seperti menipu, cyberbullying, dan provokasi, dan masih banyak lagi hal buruk yang dilakukan.

Media social saat ini menjadi bagian dari kehidupan kita sehari hari, namun ada juga orang yang tidak mementingkan media sosial. Banyak orang diluar sana yang rutin mengunggah foto ketika makan atau berbagi aktivitasnya di media social, generasi saat ini ditentukan oleh likes di Facebook atau Instagram, retweet dari Twitter. Terlalu aktif di media sosial sering kali menyita waktu untuk melakukan aktivitas yang lebih penting, padahal kamu bisa melakukan banyak hal positif dibanding hanya terus terusan main media social sepanjang waktu.

Atau kamu juga bisa memanfaatkan media social dengan baik, seperti menggunakannya sebagai media untuk kamu berjualan, atau mencari penghasilan sehingga media social tidak memberikan dampak buruk untuk kamu.

Alasan Kamu Harus Istirahat Dari Media Sosial

istirahat dari media sosial

1. Media Sosial Bikin Kamu Fokus Pada Hal Lain Selain Diri Kamu

Salah satu masalah utama di media social yaitu sering sekali membuat penggunanya membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Seperti misalnya teman yang mengunggah foto kelulusannya dengan nilai baik, media sosial secara implisit membuat penggunanya membandingkan diri dengan orang lain. Tak heran kalau penelitian memberikan fakta kalau banyak individu yang menghabiskan waktu di media social, mengalami peningkatan rasa cemas dan harga diri yang rendah. Jangan membuang buang waktu untuk memperhatikan orang di media sosial dan fokuslah pada tujuanmu.

2. Media Sosial Menyajikan Realita Yang Tidak Sesuai

Ini menjadi alasan kenapa kamu harus istirahat dari media sosial, sudah bukan rahasia umum kalau media social menjadi tempat bagi banyak orang untuk tidak menjadi diri sendiri. Banyak orang yang terperangkap kepalsuan, dimana kamu berusaha untuk membuat hidup kamu terlihat lebih glamor dan baik baik saja, padahal kenyataanya tidak seperti yang kamu unggah di media social. Jangan lupa kalau media social tidak benar benar mewakilkan kehidupan kamu, sebaiknya kita lebih sadar dengan kenyataan daripada mencoba memproyeksi citra tertentu lewat media social.

3. Membuat Kebahagiaanmu Terlalu Bergantung Dengan Orang Lain

Dengan menggunakan media sosial yang terlalu sering membuat kamu terjebak dalam pola pikir mencari pengakuan dari orang lain. Padahal kebahagiaan kamu bergantung pada apa kamu menikmati situasi tertentu atau tidak bukan dari apa yang orang lain pikirkan. Seperti contohnya kamu menggunakan baju baru dan senang karena baju tersebut terlihat bagus, bukan karena kamu mendapat lebih dari ribuan likes di foto kamu yang menggunakan baju tersebut.

4. Media Sosial Dapat Mengalihkan Kamu Dari Momen Penting

Hal ini menjadi alasan kenapa kamu harus istirahat dari media sosial, sering sekali karena media social kita kehilangan momen penting. Seperti salah satunya saat kumpul bersama teman, pasti ada satu atau lebih orang yang menghabiskan waktu untuk mengecek media sosial dibanding harus berbicara dengan teman temanya. Jika kamu merasa sering melakukan hal ini sebaiknya coba untuk kurangi membuka media sosial dan interaksi dengan benar dengan teman kamu.

5. Media Sosial Membuat kamu Susah Move On

Terkadang media social menjadi penghambat kita untuk melepaskan masa lalu, sulit untuk melupakan mantan jika terus melihat fotonya. Mungkin juga bisa membuat kita susah fokus untuk belajar atau bekerja, saat teman teman justru memposting foto ketika sedang bermain atau bersenang senang.

Most Popular