31.6 C
Tangerang
Thursday, August 18, 2022
Home Foodie Ini Dia Cara Membuat Sushi Roll Enak Di Rumah Saat WFH!

Ini Dia Cara Membuat Sushi Roll Enak Di Rumah Saat WFH!

Siapa sih yang tidak suka dengan makanan Junk Food? Apalagi makanan khas jepang salah satu tipe makanan yang paling sering membuat kamu tergoda. Selama masa pandemi ini kamu pastinya sangat merindukan makanan yang satu ini, karena banyak sekali restoran jepang yang tutup dikarenakan tidak diperbolehkan untuk keluar rumah. Ternyata kamu bisa mencoba cara membuat sushi roll yang enak ala rumahan dan pastinya praktis tanpa harus menyita waktu yang banyak.

Tanpa harus pergi ke restorannya kamu akan tetap bisa menikmati sushi yang enak dan praktis buatan sendiri. Sushi sendiri memiliki artian dengan cuka yang dicampur nasi. Banyak sekali pilihan untuk memakan sushi, dengan resep rumahan yang tidak kalah enak dengan buatan di restoran Jepang. Sushi sendiri memiliki penampilan yang sangat menarik dan populer. Makanan khas yang memiliki harga terjangkau dan sangat nikmat untuk menghidangkannya. Anda bisa menyiapkan beberapa bahan dan cara membuat yang sangat praktis dan mudah untuk dipraktekan. Langsung saja cari tahu cara membuatnya dari persediaan bahan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu.

Cara Membuat Sushi Yang Paling Praktis

Cara Membuat Sushi

Di tengah masa pandemi seperti ini, kamu harus menjaga makanan dan kesehatan kamu, tidak menutupi kemungkinan junk food yang di restoran malah akan menurunkan imun. Kamu bisa membuatnya dengan cara higienis dan bahan yang fresh. Kamu hanya menyiapkan beberapa bahan utamanya dan bahan isiannya yang bisa memberikan rasa nikmat. Dengan cara membuatnya yang mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama, pastinya bisa anda coba untuk cara anda menikmati makanan khas jepang ini tanpa harus pergi ke restorannya. Langsung saja cari tahu cara pembuatannya dan bahan apa saja yang harus kamu siapkan untuk membuat sushi di di rumah. Seperti berikut ini caranya!

Bahan utama:

  • 350 gr beras
  • 50 gr beras ketan
  • 1 sdm cuka
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt garam
  • air secukupnya

Bahan isian:

  • 1 buah timun
  • 1 buah wortel
  • 2 buah jamur
  • 1 buah telur ayam
  • 5 lembar daging asap
  • 2 sdm kecap asin
  • 5 lembar nori atau rumput laut kering

Cara Membuat Sushi Ala rumahan:

  1. Siapkan alat untuk memotong seperti talenan dan pisau tajam dan potong timun dan wortel dengan bentuk panjang tanpa ada bentuk yang berbeda. Potong juga bahan jamur dengan ukuran yang kecil. Setelah dipotong, kemudian kamu bisa siapkan panci untuk merebusnya hingga matang dan masukkan potongan timun, wortel, dan jamur ke dalam panci.
  2. Sushi kurang nikmat jika tidak ditambahkan dengan telur dadar, oleh karena itu kamu bisa siapkan wajan dan minyak yang pas untuk mendadar telur yang sudah dikocok.
  3. Masukkan 5 lembar daging asap ke dalam wajan dadar telur yang tadi. Masak dengan waktu yang sebentar, jangan terlalu lama. Tiriskan dan angkat setelah matang.
  4. Potong dadar telur dan daging asap dengan bentuk potongan memanjang seperti timun dan wortel diawal.
  5. Cuci beras dan beras ketan dengan bersih. Masukkan ke dalam rice cooker diikuti dengan air secukupnya. Masak kurang lebih sekitar 20 menit. kamu hanya dengan diamkan nasi setelah matang sempurna
  6. Tuang cuka, garam dan gula ke dalam mangkuk dan aduk nasi sampai aduk dengan rata. Masukkan bahan yang diawal sudah kamu olah sebagai campuran tersebut ke dalam nasi. Aduk sampai nasinya terasa lengket dan menempel.
  7. Siapkan gulungan sushi untuk menggulungnya. Daun sebagai luarnya yang khas tersebut merupakan selembar rumput laut kering, lalu kamu bisa letakkan nasi di atasnya dan ratakan. Bahan yang bisa dijadikan topping tadi langsung berikan diatasnya dengan rapi dan tidak menyulitkan untuk proses penggulungan.
  8. Gulung sushi tersebut hingga menempel sempurna dan tidak hancur dalam lapisan daun rumput lautnya meski sudah sedikit kamu tekan-tekan tadi supaya menempel. Jika menurut kamu sudah rapi, potong sushi menjadi beberapa bagian, lalu siap untuk disajikan dengan kecap asin atau soy sauce. Supaya semakin nikmat dan bisa dijadikan santapan bergizi di rumah. Bagaimana? Mudah bukan cara membuatnya?

Most Popular