31.6 C
Tangerang
Saturday, October 1, 2022
Home Health Ini Rekomendasi Olahraga yang Tepat Untuk Penderita PCOS

Ini Rekomendasi Olahraga yang Tepat Untuk Penderita PCOS

inajournal.com Ada beberapa jenis olahraga untuk penderita PCOS, Sindrom Ovarium Polikistik merupakan kondisi yang dapat membuat wanita memproduksi lebih banyak hormone pria di dalam tubuhnya. Hal ini yang menyebabkan mereka sulit hamil dan mengalami siklus haid yang tidak teratur, untuk mengontrol gejala ini bisa dengan melakukan olahraga secara rutin. Dengan berolahraga tidak hanya dapat menurunkan berat badan saja, namun juga melancarkan kembali ovulasi serta siklus haid para wanita yang mengidap PCOS. Jika kamu salah satu yang mengidap PCOS, berikut ini olahraga yang bisa kamu lakukan.

Jenis Olahraga Untuk Penderita PCOS Beserta Manfaatnya

1. Olahraga Kardio
Olahraga kardio merupakan jenis olahraga untuk penderita PCOS yang paling direkomendasikan, olahraga ini sendiri memiliki tujuan untuk memompa jantung, biasanya 50 hingga 70 persen dari detak jantung maksimum jika kamu melakukannya dalam intensitas sedang. Latihan kardio yang bisa dicoba oleh penderita PCOS yaitu berjalan kaki, menari, mengikuti kelas aerobik atau menari, untuk melakukan latihan kardio sangat mudah dan tidak memerlukan biaya jika kamu melakukannya dirumah, kini sudah ada banyak video olahraga yang bisa kamu temui di Internet.

2. High Intensity Interval Training Atau HIIT
Jenis olahraga untuk penderita PCOS selanjutnya yaitu High Intensity Interval Training atau yang lebih dikenal dengan HIIT. Jenis olahraga ini bisa dicoba untuk tujuan dapat menyeimbangkan olahraga berintensitas tinggi dengan waktu istirahat di tengah-tengahnya. Ada banyak jenis gerakan olahraga HIIT yang bisa kamu praktikan langsung dirumah, mulai dari mountain climber, brupees, hingga tuck jump, menurut sebuah riset wanita yang mengalami obesitas lebih mampu menemukan kesenangan dalam melakukan olahraga HIIT. Dibandingkan dengan mereka yang hanya melakukan olahraga berintensitas sedang ataupun tinggi, hal ini yang membuat mereka lebih bisa konsiten dalam olahraga jangka panjang.

3. Latihan Interval
Latihan interval merupakan jenis olahraga yang bisa dilakukan dengan tingkat intensitas yang berbeda-beda, namun intensitasnya tidak setinggi HIIT. Jenis olahraga yang cocok untuk penderita PCOS ini biasanya melibatkan berbagai macam gerakan olahraga di dalam satu sesi untuk menjaga detak jantung agar tetap cepat, olahraga yang satu ini cukup sering dilakukan oleh penderita PCOS.

4. Mind Body Exercise
Jenis olahraga untuk penderita PCOS selanjutnya yaitu Mind Body Exercise yang tidak hanya bisa membakar kalori saja namun juga dapat membantu meredakan stress di dalam pikiran. Mind body exercise ini dianggap cocok sebagai olahraga untuk penderita PCOS karena memang dapat meredakan stress yang sering seklai memperparah gejala PCOS. Menurut sebuah jurnal juga sudah membenarkan kalau jenis olahraga yang satu ini dapat membantu penderita PCOS saat merespons stress, ada banyak jenis yang bisa kamu lakukan mulai dari tai chi, yoga hingga Pilates.

5. Latihan Kekuatan
Yang selanjutnya yaitu latihan kekuatan yang dapat membantu membakar kalori, meningkatkan masa ottot hingga menjaga berat badan yang ideal. Seperti yang diketahui, penderita PCOS harus menjaga berat badannya agar tetap ideal, latihan ini mengharuskan kamu untuk menggunakan barang berat. Kamu bisa menggunakan objek berat seperti resistance band dan berat badan kamu sendiri untuk menumbuhkan otot tubuh.

Manfaat Olahraga Untuk Penderita PCOS

Meningkatkan Sensitivitas Insulin
Berolahraga kardio dan latihan kekuatan secara rutin bisa membantu tubuh penderita PCOS untuk merespon insulin lebih baik lagi. Hal ini juga mampu menurunkan resiko diabetes dan komplikasi lainnya.

Menurunkan Kolesterol
Wanita yang menderita PCOS lebih beresiko untuk memiliki kolesterol dan trigliserida yang tinggi, hal ini juga dapat mengundang komplikasi seperti sindrom metabolic. Berolahraga secara rutin sambil menjalani pola makan yang sehat menjadi cara efektif untuk penderita PCOS untuk menurunkan kolesterolnya

Meningkatkan Hormon Kebahagian
Manfaat selanjutnya dengan berolahraga yaitu dapat meredakan gejala depresi, wanita yang mengalami PCOS memang lebih beresiko untuk mengalami depresi. Maka dari itu kamu bisa mencoba lebih rutin untuk berolahraga untuk melepaskan hormone edorfin atau hormone kebahagiaan.

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung
Hati-hati dengan penderita PCOS juga dinilai lebih beresiko untuk mengidap penyakit kardiovaskular, seperti kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi hingga aterosklerosis. Untuk dapat mencegahnya bisa dengan berolahraga untuk memperkuat otot jantung.

Most Popular