31.6 C
Tangerang
Saturday, May 25, 2024
HomeFoodieInilah Cara Mengurangi Rasa Pahit Pare Agar Mudah Dikonsumsi!

Inilah Cara Mengurangi Rasa Pahit Pare Agar Mudah Dikonsumsi!

Inajournal.com – Siapa sih yang tidak tahu dengan pare yang satu ini? Karena rasanya yang pahit, berbondong-bondong kalangan ibu rumah tangga mencari cara mengurangi rasa pahit pare. Pare merupakan salah satu jenis tumbuhan merambat yang berasal dari Asia Tropis. Bisa dikatakan pula kalau tumbuhan pare ini menjadi anggota suku labu-labuan. Dikarenakan pare memiliki beragam manfaat yang berpotensi baik untuk memberikan kesehatan tubuh.

Pare atau yang lebih dikenal sebagai peria ini menjadi jenis tumbuhan merambat dengan buah yang sangat panjang dan memiliki permukaan yang bergerigi. Peria ini tumbuh dengan baik di tanah telantar. Dikarenakan pare ini bisa dan aman dikonsumsi oleh banyak orang, hingga akhirnya banyak pula orang yang membudidayakan pare untuk diperjual belikan di beragam pasar tradisional atau modern.

Biasanya, pare biasanya lebih banyak tumbuh di daerah yang tropis. Jika pare tumbuh di daerah yang tropis, maka tumbuhan pare ini akan lebih berpotensi baik akan tumbuhannya di dataran yang rendah. Biasanya, di Indonesia, pare dijadikan sejenis makanan olahan untuk dikonsumsi sebagai lauk tambahan. Namun, sayangnya tidak semua orang menyukai pare atau parai dikarenakan rasa pahit yang pekat dan sedikit getir.

Di negara Asia Timur sendiri, rupanya banyak sekali yang menjadikan pare sebagai side dish atau dijadikan pula sebagai pengobatan alami yang mampu mengatasi permasalahan pada setiap orang mengenai gangguan atau penyakit. Banyak orang mempercayai, bahwa parai yang dijadikan jenis pengobatan alami akan mampu mengatasi gangguan pencernaan, minuman untuk menambah semangat, obat yang ampuh sebagai pencahar, dan masih banyak lagi. Dikarenakan rasa pahit nan getir pada buah pare ini, akhirnya banyak orang yang melakukan beragam cara untuk mengurangi rasa pahit tersebut.

Namun, sayangnya tidak semua orang bisa mengurangi rasa pahit pada pare yang baik dan benar. Aih-alih mengurangi rasa pahit dari pare, justru pare tersebut semakin pahit jika dijadikan suatu makanan olahan dengan cara yang salah. Untuk itu, ada baiknya jika anda memahami cara apa saja yang ampuh untuk mengatasi rasa pahit pada pare. Pare akan sangat baik untuk anak-anak dan bisa membantu proses pertumbuhan pada anak-anak. Bahkan, pare bisa menyembuhkan penyakit pencernaan pada bayi loh.

Agar anak-anak mampu untuk mengkonsumsi pare, anda bisa menghilangkan rasa pahit pada pare dengan cara yang telah kami anjurkan dengan sebaik mungkin. Anda tidak perlu melakukan beragam hal yang rumit, yang terpenting anda harus melakukannya dengan baik dan benar. Simak terus artikel yang satu ini untuk menambah wawasan anda mengenai beragam cara menghilangkan rasa pahit dari pare agar bisa diterima oleh lidah anda!

Cara Mengurangi Rasa Pahit Pare Agar Aman Dikonsumsi Oleh Organ Perasa Anda

Biasanya, pare memang akan cocok dikonsumsi dengan beragam jenis makanan olahan atau dijadikan pula sebagai minuman ramuan yang bisa menyehatkan kondisi orang terhadap suatu gangguan atau penyakit medis.

Dikarenakan pare memiliki rasa yang pahit, sehingga banyak orang yang merasa tidak cocok mengkonsumsi pare dan lebih memilih jenis makanan lainnya agar aman untuk diterima oleh organ perasa atau lidah.

Rasa yang pahit dan getir akan menyebabkan anda mudah mual dan tidak bisa kembali mengkonsumsi pare. Berikut adalah cara mengurangi rasa pahit dari pare yang baik dan benar:

Menghilangkan Total Bagian Dalam Pare

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menghilangkan rasa yang pahit dari pare, adalah menghilangkan total bagian dalam pada pare. Pada dasarnya, pare akan pahit pada bagian biji atau bagian putih-putih di dalam pare tersebut.

Hal yang harus anda lakukan hanyalah memotong pare menjadi dua bagian secara vertical dan membuangnya bagian dalam dengan cara vertical pula. Anda bisa menggunakan sendok atau menggunakan pisau untuk menghilangkan bagian dalam pare tersebut.

Usahakan selalu bahwa anda telah menghilangkan seluruh bagian dalam dengan bersih dan cucilah menggunakan air hangat agar getah dari pare akan hilang dengan sempurna.

Mengiris Pare Sesuai Selera

Setelah menghilangkan dengan bersih pada bagian dalam pare yang berwarna putih disertai biji nya, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengiris pare sesuai dengan selera.

Anda bisa mengiris pare dengan memanjang atau berbentuk bulat. Yang terpenting, anda tidak perlu lagi menggunakan bagian yang berwarna putih pada pare. Usahakan bahwa pare yang siap di olah hanya bagian warna hijau nya saja. Apabila anda penggemar makanan yang garing, anda bisa membuat olahan sendiri dirumah dengan pare goreng tepung.

Menggunakan Garam

Dan, cara untuk mengurangi rasa pahit pare yang terakhir, adalah menggunakan garam. Garam memang ampuh untuk mengatasi rasa pahit yang begitu pekat atau menghilangkan getah dari jenis makanan.

Hal yang harus anda lakukan hanyalah menaburkan garam secukupnya ke pare yang telah diiris-iris sesuai selera. Kemudian, remas seluruh pare agar getah dan rasa pahit nya akan keluar.

Setelah itu, pare siap di cuci bersih menggunakan air. Lakukan hal ini selama 2-3 kali agar rasa pahitnya telah terbuang dengan sempurna. Itulah cara terbaik untuk mengurangi rasa pahit pare yang wajib diketahui.

Most Popular