31.6 C
Tangerang
Saturday, March 2, 2024
HomeHealthInilah Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Hindari Penyakit!

Inilah Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Hindari Penyakit!

Inajournal.com – Pastinya anda sudah tidak heran lagi dengan daya tahan pada tubuh. Daya tahan pada tubuh atau yang lebih dikenal dengan tingkat imunitas tubuh ini rupanya menjadi peran penting bagi setiap manusia di seluruh kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pasti memiliki tingkat imunitas yang berbeda-beda. Setiap perbedaan mengenai imunitas tersebut disebabkan oleh banyak faktor. Tentu saja daya tahan tubuh memiliki peranan penting agar tubuh bisa terhindari dari beragam penyakit. Sudah menjadi hal yang lumrah kalau pakar sudah menganjurkan dengan benar untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Bukan hanya terhindari dari beragam penyakit saja, tubuh yang memiliki imunitas tinggi akan lebih mudah memiliki tubuh yang bugar. Akan sangat berbahaya apabila tingkat sistem kekebalan tubuh ini menurun. Biasanya, sistem kekebalan yang menurun drastis disebabkan oleh paparan bakteri, parasite, hingga jamur yang akan mendiami tubuh anda dan menyebabkan suatu penyakit. Semua orang memang bisa saja mengidap daya tahan tubuh yang rendah dan penyakit akan dengan mudah menyerang tubuh. Waktu yang paling rentan menyebabkan suatu permasalahan terhadap tingkat imunitas tubuh, adalah musim hujan.

Mengapa demikian? Karena, pada musim hujan tersebut lah bakteri, virus, jamur, hingga parasit akan dengan mudah berkembang biak dan menjadi permasalahan serius bagi setiap orang. Namun, mengkonsumsi beragam jenis makanan yang tidak sehat pun serta kurang tidur adalah penyebab signifikan yang mampu menurunkan sistem kekebalan tubuh secara singkat. Perubahan yang terjadi akan dengan mudah menyebabkan adanya infeksi hingga harus menjalani rawat inap ke rumah sakit.

Bagi anda yang selalu memiliki kegiatan padat di kesehariannya, tentu saja meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah hal yang penting agar tetap bisa menjalani kegiatan tanpa kendala. Akan sangat disayangkan apabila anda mengidap penyakit dan menyebabkan kegiatan harus terhambat karena kendala yang sedang anda alami. Oleh karena itu, terapkan lah sebuah cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kami rekomendasikan sebaik mungkin untuk anda.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Mudah

Seburuk apapun kuman, bakteri, parasit, jamur, hingga virus yang telah menyebar di lingkungan anda, namun anda telah memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi, maka semua hal tersebut hanyalah berujung dengan sia-sia. Terutama di masa wabah yang sedang menyerang banyak negara dan menjadikan banyak kasus positif terhadap virus Covid-19.

Agar bisa menjadikan diri sehat dan terhindar dari banyaknya kasus virus mengerikan, ada baiknya jika anda menerapkan sebuah cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh tanpa rumit. Berikut adalah cara terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda:

Rutin Mengkonsumsi Sayur dan Buah

Hal pertama yang harus anda lakukan, hanyalah rutin mengkonsumsi sayuran dan buah. Usahakan bahwa anda mengkonsumsi jenis sayuran dan buah-buahan yang mengandung vitamin C dan Antioksidan yang tinggi.

Penelitian pakar telah menunjukkan, bahwasanya orang yang banyak mengkonsumsi sayuran dengan kandungan vitamin C tinggi akan dengan mudah terhindar dari beragam macam penyakit berupa virus. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C dan Antioksidan akan membantu sistem daya tahan pada tubuh dan bisa memberikan hasil yang optimal tanpa kendala apapun.

Jam Istirahat yang Cukup

Kemudian, hal selanjutnya yang harus anda lakukan, adalah mengoptimalkan waktu untuk istirahat. Ketika anda lelah seharian bekerja, jangan pernah memaksakan diri untuk melanjutnya segala kegiatan. Usahakan bahwa anda telah mengembalikan tubuh yang segar. Selain itu, jagalah pola tidur anda 7-9 jam lamanya.

Karena, pola tidur yang sehat akan berperan utama untuk kekebalan tubuh pada anda. Sangat penting menyadari pola hidup yang sehat sebelum anda jatuh sakit dan harus melakukan pemulihan dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Hindari Stress dengan Optimal

Stress bisa disebabkan oleh banyaknya hal. Biasanya, stress yang tidak terkendali pun disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon kortisol didalam tubuh. Dalam jangka waktu yang panjang, peningkatan hormon kortisol tersebut akan mengakibatkan penurunan fungsi terhadap sistem kekebalan pada tubuh dan bisa berkelanjutan menjadi depresi.

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya jika anda mengelola stress yang sedang anda miliki dengan sebaik mungkin. Semakin rutin anda mengelola stress, maka akan semakin mudah pula menjalani hidup yang sehat

Rutin Olahraga

Dan, cara meningkatkan daya ketahanan tubuh yang bisa anda terapkan, adalah rutin dalam berolahraga. Dikarenakan anda harus berdiam diri dirumah, anda pun bisa melakukan olahraga dirumah dengan waktu 15-30 menit saja perhari nya.

Rutin berolahraga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara signifikan dan mampu untuk melawan infeksi yang dapat menyebabkan permasalahan serius di tubuh. Hanya meluangkan waktu sejenak, namun tubuh anda akan menjadi sehat dan bugar. Itulah sederet cara meningkatkan daya tahan tubuh yang bisa anda terapkan.

Most Popular